Warganet RI Jualan NFT Foto KTP Hingga Lemari Diejek 'Latah' Karena Ghozali
Unsplash/Bjorn Pierre
SerbaSerbi
Fenomena NFT

Kesuksesan Ghozali membuat banyak orang hendak mengikuti jejaknya. Komunitas NFT di Twitter mengeluhkan adanya beberapa pihak yang menjual NFT foto KTP hingga ayam gepruk di OpenSea.

WowKeren - Mahasiswa bernama Sultan Gustaf Al Ghozali alias Ghozali Everyday mencuri perhatian dengan kesuksesannya berjualan NFT foto selfie di marketplace OpenSea. Ghozali diketahui berhasil mendapatkan untung lebih dari Rp 1 miliar dari foto-foto selfienya.

Kesuksesan Ghozali lantas membuat banyak orang hendak mengikuti jejaknya. Komunitas NFT di Twitter mengeluhkan adanya beberapa pihak yang menjual NFT foto KTP hingga ayam gepruk di OpenSea.

Akun Twitter @AirdropfindX mengungkapkan adanya NFT foto makanan hingga lemari di OpenSea. Ia lantas meminta Chef Arnold Poernomo yang juga dikenal sebagai kolektor NFT untuk mengedukasi masyarakat.

"Hello @ArnoldPoernomo tolong bantu edukasi ke orang yang awam crypto untuk memanfaatkan opensea dengan baik," cuit akun tersebut. "Berawal viralnya gazali , banyak orang awam jadi ingin cepat kaya mereka jadi aneh, menjual makanan, lemari, baju, bahkan ada yang menjual foto bayi di opensea. Thank you."

Photo-INFO

Twitter/@AirdropfindX


Selain itu, akun Twitter @Cryptofess_ juga menunjukkan adanya pihak yang berjualan NFT foto KTP. Bahkan foto KTP yang dijual menunjukkan identitas lengkap berisi NIK, tanggal lahir, hingga alamat tempat tinggal.

Photo-INFO

Twitter/@Cryptofess_

Banyak warganet yang memberikan reaksi negatif atas fenomena ini. Banyak yang menilai orang-orang tersebut "latah" setelah melihat kesuksesan Ghozali berjualan NFT.

"Harusnya saat berita Ghozali di up dibarengi juga dengan informasi apa itu NFT dan bagaimana cara kerjanya, udah tau orang ind0 gob**k2 dan latah kek gini, dipikir post foto apa aja langsung cuan, kmren liat ada foto anak bayinya juga di up ke OpenSea hadeuhh," tulis akun @ch***es. "Gara2 Ghozali viral orang2 langsung FOMO alias takut ketinggalan, tapi yg dipikirin cuma kaya rayanya tanpa mikir prosesnya kyk gimana," tambah akun @di***np

"Inilah yg terjadi kalo orang2 latah kek gini cuma liat berita sekilas, ga baca-baca dlu soal NFT, kepingin kya ghozali dalam waktu instan, dan ngikutin trend. Pls lahh ini sdh masuk ke area private seseorang, kok bisaa gitu. Ga ada otaknya sumpah yg masukin KTP ke opensea," timpal akun @sn***ze.

(wk/Bert)


You can share this post!


Related Posts