HITSfluencer : Ilham Suci Rahmadhani, Beauty Enthusiast yang Sukses Bagikan Tutorial Makeup Kece
Dokumentasi Suci
Selebriti
HITSfluencer

Berawal dari konten lipsync, Ilham Suci Rahmadhani akhirnya sukses jadi beauty influencer. Ingin tahu cerita tak terduga lainnya? Ini dia kisah Dhani selengkapnya.

WowKeren - Konten seputar beauty dan makeup adalah topik yang paling sering dicari kaum wanita. Tak heran, jika banyak sekali influencer yang membuat konten seputar beauty dan makeup di berbagai platform. Salah satunya adalah Ilham Suci Rahmadhani. Wanita yang akrab disapa Dhani ini populer di TikTok berkat tutorial makeup.

Lewat akun TikTok, hellodhani, Dhani sukses berbagi inspirasi makeup untuk sehari-hari kepada para pengikutnya. Hingga kini, mahasiswi Universitas Islam Sultan Agung Semarang Jurusan Ilmu Komunikasi ini sudah berhasil mengumpulkan 1,8 juta pengikut TikTok dengan lebih dari 37 juta likes.



Salah satu konten Dhani yang paling populer di TikTok adalah saat ia mengunggah video transisi makeup dengan lipsync lagu “Aca Aca Nehi Nehi”. Transisi before after makeup-nya yang mulus pun mengundang decak kagum penonton. Tidak heran, unggahan ini sudah mendapatkan lebih dari 15 juta kali penayangan.

Kiprah Dhani sebagai beauty influencer ternyata tidak terbatas hanya di TikTok saja. Ia pun melebarkan sayap dengan mengunggah konten tutorial di akun Instagram-nya, @ilhamsucirahmadhani. Hingga kini, Dhani telah mengumpulkan lebih dari 69 ribu followers Instagram.

Kepada WowKeren untuk rubrik HITSfluencer, Dhani mengaku bahwa perjalanannya sebagai beauty influencer adalah kisah yang panjang dan tak terduga. Bagaimana cerita selengkapnya? Simak penuturan Dhani berikut ini.

(wk/yoan)

1. Dari Konten Lipsync Sampai Ketagihan Makeup


Dari Konten <i>Lipsync</i> Sampai Ketagihan <i>Makeup</i>
TikTok/hellodhani

Sebelumnya, Dhani punya hobi menyanyi. Ia sering dipanggil untuk tampil di berbagai acara. Keadaan ini membuat Dhani mau tidak mau harus mempelajari makeup. Berawal dari situ, ia akhirnya mulai belajar makeup sendiri.

"Dulu, aku hobi menyanyi. Kadang dipanggil buat hajatan. Pas hajatan itu harus pakai makeup. Jadi, mau enggak mau aku harus belajar makeup," beber Dhani. "Nah, dari situ aku belajar makeup terus ketika ada waktu luang. Aku belajar sendiri dan ketagihan."

Berbekal ilmu yang didapatkan dari beauty vlogger kondang seperti Tasya Farasya, Indira Kalistha, dan Cindercella, Dhani pun makin serius mendalami makeup. Saat itu, ia belum terpikir akan menjadi konten kreator makeup. Sampai suatu ketika, ia tertarik untuk mengunggah video tutorial makeup di TikTok.

"Awalnya aku posting video-video yang buat lucu-lucuan. Aku lipsync beberapa video, belum ada niat jadi konten kreator makeup karena masih belajar," lanjut Dhani. "Terus ada satu video, aku bikin tutorial makeup, itu lumayan banyak yang nonton, sampai satu jutaan. Dari situ awalnya."

2. Jadi Spesialis Recreate Makeup


Jadi Spesialis <i>Recreate Makeup</i>
TikTok/hellodhani

Sejak video tutorialnya viral, Dhani pun memutuskan untuk lebih aktif membuat konten. Segala jenis konten makeup pun pernah dijajalnya. Mulai dari transisi, review, art makeup, hingga recreate makeup. Diakui Dhani, konten yang paling mengasah skill adalah saat ia membuat video recreate makeup. Pasalnya, dalam video recreate Dhani harus membuat makeup yang semirip mungkin dengan referensi gambar. Konten ini pun menjadi ciri khas Dhani.

"Aku senang recreate makeup Korea. Pas recreate makeup Korea, views-nya lumayan bagus banget. Like-nya sampai 700 ribuan. Jadi, banyak yang mengenali aku dari video recreate," ujar Dhani. "Biasanya, eye look Korea itu kelihatannya simple, tapi detailnya susah. Jadi, untuk menyamakan warna eyeshadow, blush on, dan lipcream itu susah."

Meskipun sering membuat konten tutorial makeup, Dhani ternyata jarang menggunakan makeup untuk kegiatan sehari-harinya. Ia hanya menggunakan makeup jika ada pemotretan atau resepsi pernikahan saja.

"Aku sebenarnya jarang makeup kalau keluar. Kalau lagi malas biasanya enggak makeup. Baru kalau mau foto-foto, biasanya aku makeup sedikit," ungkap Dhani. "Kalau makeup-makeup yang Korean look biasanya aku pakai kalau ada hajatan, jadi bridesmaid."

3. Sering Dapat Request Aneh Dari Followers


Sering Dapat <i>Request</i> Aneh Dari <i>Followers</i>
TikTok/hellodhani

Saat membuat video tutorial, Dhani sering kali mendapat request dari pengikutnya. Meski demikian, tak jarang followers-nya memberikan request yang aneh seperti saat Dhani diminta untuk membuat makeup ala anak Sekolah Dasar (SD).

Request aneh dari followers lainnya adalah ketika Dhani diminta menggunakan art makeup saat berbelanja di supermarket. Seperti diketahui, art makeup identik dengan penggunaan warna-warna eyeshadow yang kontras. Jika menggunakannya di tempat umum, tentu saja ia akan menjadi pusat perhatian. Karena itulah, Dhani terpaksa harus menunda mewujudkan request aneh pengikutnya tersebut.

Dhani juga berbagi pengalaman lucu saat ia take konten art makeup. Saat itu, tiba-tiba ada kurir yang datang. Karena di rumah sedang tidak ada orang selain dirinya, Dhani pun mau tidak mau harus membuka pintu sendiri dengan wajah yang full makeup.

"Ada yang menarik juga (saat membuat konten). Pas aku buat art makeup, terus ada kurir yang datang. Aku kayak enggak berani melihat. Cuma mengintip terus bilang makasih gitu," beber Dhani.

4. Raih Penghargaan Beauty Creator TikTok Terbaik


Raih Penghargaan <i>Beauty Creator</i> TikTok Terbaik
TikTok/hellodhani

Sejak berkecimpung di dunia kecantikan, makeup menjadi hal yang paling menghibur Dhani ketika sedang sedih. Ia juga mengaku bahwa makeup telah mengubah dunianya. Berkat makeup, ia akhirnya menemukan tujuan hidup.

"Pas aku lagi sedih, biasanya aku larinya ke makeup. Makeup jadi pengalihan aku. Selain itu, makeup juga mengubah hidupku karena aku jadi lebih ada tujuan," beber Dhani. "Tujuanku saat ini ingin jadi konten kreator yang baik dan bisa mengedukasi orang. Terus, aku juga ingin jadi MUA (makeup artist)."

Kesuksesan Dhani di dunia makeup dibuktikan dengan pencapaian yang diraihnya baru-baru ini. Pada tahun 2021 lalu, ia mendapatkan penghargaan sebagai Beauty Creator TikTok terbaik.

"Pencapaian tertinggi itu, aku jadi beauty content creator terbaik, bulan Agustus atau Juli, sekitaran bulan-bulan itu," lanjut Dhani. "Untuk event-nya itu meramaikan hastag. Kalau viewers-nya bagus, bisa jadi peringkat pertama. Dan alhamdulillah, kemarin pas ada event, views aku lumayan bagus banget."

5. Art Makeup Jadi Alternatif Konten Jika Kehabisan Ide


<i>Art Makeup</i> Jadi Alternatif Konten Jika Kehabisan Ide
TikTok/hellodhani

Setiap hari, Dhani selalu produktif mengunggah konten. Meski demikian, tak jarang ia juga merasa kehabisan ide. Saat hal itu terjadi, ia pun memilih rehat sejenak dengan mencari-cari referensi. Jika sudah stagnan tidak menemukan ide konten, membuat video art makeup adalah jalan tengah yang dipilihnya.

Saat membuat art makeup, Dhani menghabiskan waktu yang cukup lama karena banyak detail yang harus diperhatikan. Karena itulah, Dhani kerap kali melakukan kesalahan yang membuat hasil art makeup-nya gagal.

"Tutorial yang banyak makan waktu itu biasanya art makeup. Karena lumayan susah," jelas Dhani. "Art makeup juga yang paling sering gagal. Biasanya, gagalnya itu karena salah warna eyeshadow. Kalau sudah gagal, aku enggak melanjutkan lagi, karena sudah enggak mood."

Walaupun pernah mengalami kegagalan, Dhani tidak langsung menyerah. Ia kembali berusaha ketika mood-nya sudah membaik.

6. Strategi FYP Meski Banyak Kreator Serupa


Strategi FYP Meski Banyak Kreator Serupa
TikTok/hellodhani

Meski banyak kreator yang punya konten tutorial makeup, Dhani menyebut bahwa kontennya masih bisa FYP karena memiliki ciri khas. Ciri khas inilah yang membuat followers tetap tertarik menonton videonya meski banyak kreator lain dengan konten serupa.

Selain itu, strategi lain yang dilakukan Dhani adalah selalu mengusahakan agar kontennya bervariasi dan tidak membosankan. Cara ini dilakukan dengan mengemas satu video makeup menjadi tiga konten sekaligus seperti tutorial makeup, transisi, dan lipsync.

"Yang penting kontennya dulu. Pokoknya bikin video sebanyak mungkin. Karena kita enggak tahu mana yang bakalan banyak views-nya," tutur Dhani. "Semangat, enggak usah takut salah. Pokoknya jangan pernah menyerah."

7. Siapkan Amunisi untuk Aktif di YouTube dan Instagram


Siapkan Amunisi untuk Aktif di YouTube dan Instagram
Instagram/ilhamsucirahmadhani

Setelah populer di TikTok, Dhani kini mulai mengunggah video tutorial makeup di Instagram dan YouTube. Berbeda dengan TikTok, video tutorial di Instagram-nya tidak menggunakan voice over.

"Kalau Instagram aku masih belajar banget untuk merapikan feeds. Ada rencana juga aktif di YouTube," ungkap Dhani. "Untuk di YouTube aku masih belajar editing, terus kamera, dan audio. Soalnya, aku belum punya audio yang buat YouTube."

Lewat konten-konten yang diunggahnya, Dhani ingin terus menjadi beauty influencer yang lebih baik. Ia juga ingin menginspirasi lebih banyak orang lagi lewat video tutorial makeup yang dibuatnya.



You can share this post!