Lakukan Olahraga dengan Intensitas Tinggi
TikTok/ino_gaol
Health

Tak kunjung kurus meski sudah rutin berolahraga? Jangan khawatir! Kali ini, Frantino Matthew Hutagaol akan mengupas tuntas trik khusus agar olahraga lebih banyak bakar kalori. Apa saja?

WowKeren - Jika ingin pembakaran kalori lebih maksimal, Frantino menyarankan untuk melakukan olahraga dengan intensitas tinggi atau HIIT (High Intensity Interval Training). Saat melakukan HIIT, seseorang masih akan merasakan efek pembakaran kalori bahkan 2-3 jam setelah berolahraga.

"Jadi yang paling banyak bakar kalori itu ada yang namanya HIIT (High Intensity Interval Training). Itu sebenarnya kayak gabungan antara kardio dan angkat beban. Olahraganya enggak lama, sekitar sekitar 8-10 menit," ujar Frantino. "Dia (HIIT) masih ada afterburn effect (peningkatan pembakaran setelah berolahraga). Jadi, sampai 2-3 jam setelah olahraga itu pembakaran kalorinya masih berjalan."

Meski dengan durasi yang sebentar, intensnya gerakan pada HIIT kadang dirasa terlalu berat bagi kebanyakan orang. Jika hal ini terjadi, seseorang bisa saja menyiasatinya dengan menambah durasi olahraga namun dengan intensitas yang lebih ringan. Menurut Frantino, asalkan tubuh mulai terasa lelah, maka kalori yang terbakar sudah maksimal.

"Misalnya kalau kita mau bakar 300 kalori, kita harus lari 30 menit. Kalau dengan HIIT, kita cuma butuh 10 menit. Itu pilihan sih sebenarnya," lanjut Frantino. "Kalau saya sudah merasa capek banget, berarti kalorinya sudah banyak terbakar. Kalau masih segar-segar saja, kayaknya masih kurang. Karena kan energinya habis, kalori itu energi. Nah, di situ saya mengambilnya."

(wk/yoan)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel