Pastikan Istirahat Cukup Setelah Berolahraga
pexels/Acharaporn Kamornboonyaru
Health

Tak kunjung kurus meski sudah rutin berolahraga? Jangan khawatir! Kali ini, Frantino Matthew Hutagaol akan mengupas tuntas trik khusus agar olahraga lebih banyak bakar kalori. Apa saja?

WowKeren - Terlalu sering melakukan olahraga dengan intensitas tinggi atau kardio memang akan efektif membakar kalori. Namun, otot dalam tubuh juga berpotensi ikut terkikis. Untuk menghindari hal itu, Frantino pun menggabungkan antara olahraga kardio dengan angkat beban.

"Kalau misalnya kita cuma olahraga kardio terus, pembakaran kalori akan efektif, tapi ada kemungkinan juga otot kecil. Karena kalau kita bakar kalori, ya lemak terbakar tapi otot juga bisa terkikis," terang Frantino. "Kalau sekarang saya dicampur olahraganya. Kardionya cuma 1-2 kali dalam satu minggu. Sisanya saya latihan beban."

Keseimbangan kedua olahraga ini tentu saja membuat pembakaran kalori jadi lebih maksimal. Pasalnya, pembangunan otot juga membutuhkan kalori. Semakin banyak otot yang dibangun, semakin banyak pula kalori yang dibutuhkan. Selain itu, agar pembentukan otot lebih sempurna, usahakan tidur minimal tujuh jam setiap hari.

"Otot bukan bertambah saat kita angkat beban, tapi saat kita tidur. Jadi, saat kita angkat beban, itu merusak otot sebenarnya," lanjut Frantino. "Nah, saat kita tidurnya cukup, sistem tubuh kita akan secara otomatis mengisi dengan sel otot baru. Biar ototnya bertambah, itu pakai kalori. Jadi, kalau angkat beban dan tidurnya cukup minimal tujuh jam, pasti pembakaran kalorinya juga lebih efektif."

(wk/yoan)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terbaru