Perhatikan Jeda Istirahat Saat Berolahraga
pexels/energepic.com
Health

Tak kunjung kurus meski sudah rutin berolahraga? Jangan khawatir! Kali ini, Frantino Matthew Hutagaol akan mengupas tuntas trik khusus agar olahraga lebih banyak bakar kalori. Apa saja?

WowKeren - Saat melakukan HIIT, penting untuk memberikan jeda istirahat antar gerakan. Hal ini dilakukan agar ritme detak jantung menjadi lebih terkontrol. Meski demikian, Frantino menyarankan untuk tidak terlalu lama mengambil jeda istirahat. Pasalnya, istirahat yang terlalu lama membuat pembakaran kalori menjadi tidak efektif.

"Jadi di HIIT pakai sistem waktu. Misalnya kita setting geraknya 45 detik, istirahatnya 15 detik," tutur Frantino. "Jadi, jeda buat istirahat itu benar-benar terbatas. Kan biasanya orang-orang istirahatnya kelamaan, bisa sampai lima menit untuk ke gerakan selanjutnya. Itu enggak efektif."

Berbeda dengan HIIT, seseorang bisa mengambil istirahat yang lebih lama saat melakukan angkat beban. Hal ini dilakukan karena fokus utama dalam olahraga angkat beban bukan sekedar membakar lemak, tetapi juga meningkatkan massa otot.

"Nah, latihan beban itu juga membakar kalori. Tapi, enggak fokus membakar lemak. Tapi fokus ke membentuk otot," ungkap Frantino "Kalau ngomongin olahraga yang membangun otot, misalnya angkat dumbbell, istirahat satu menit enggak masalah."

(wk/yoan)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel