Cari Referensi Gerakan <i>Bodyweight Training</i>
TikTok/kurniaadnyana
Health

Masih lakukan sit up demi dapatkan perut rata? Jangan salah langkah! Kali ini, I Wayan Kurnia Adnyana bagikan alternatif gerakan rampingkan perut tanpa harus sit up. Seperti apa?

WowKeren - Saat menyusun gerakan-gerakan untuk bodyweight training, biasanya Kurnia akan mencari referensi di YouTube dan Instagram terlebih dahulu. Setelah itu, ia akan menyusunnya sesuai dengan target dan tujuan yang akan dicapai. Misalnya untuk mendapatkan perut yang ramping, ia akan memasukkan latihan otot perut, punggung, dan kaki sekaligus.

"Kalau saya, cari referensi (gerakan) di Instagram atau YouTube dari sport influencer luar negeri. Dari sana saya tonton dulu videonya, baru saya susun gerakannya apa. Rata-rata untuk melatih satu jenis otot saya pakai 5-6 gerakan," terang Kurnia. "Ada banyak gerakan yang bisa support memiliki perut yang lebih ramping seperti squat, lunge dan burpee yang juga melatih otot kaki."

Meski demikian, Kurnia menyebut bahwa seseorang yang memiliki kondisi khusus seperti obesitas parah tidak boleh sembarangan menyusun program latihan sendiri. Ia menyarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu agar lebih aman saat melakukan olahraga.

"Ada beberapa kondisi di mana butuh konsultasi dokter supaya di cek kondisi fisiknya apakah memungkinkan untuk melakukan aktifitas olahraga tertentu," tutur Kurnia. "Kalau sudah ada advise tertentu dari dokter. Baru kemudian melakukan aktivitas olahraga yang disarankan oleh dokter."

(wk/yoan)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terbaru