Mulai Melatih Otot Bagian Bawah Perut
TikTok/kurniaadnyana
Health

Masih lakukan sit up demi dapatkan perut rata? Jangan salah langkah! Kali ini, I Wayan Kurnia Adnyana bagikan alternatif gerakan rampingkan perut tanpa harus sit up. Seperti apa?

WowKeren - Menurut Kurnia, banyak orang melewatkan untuk melatih otot bagian perut bawah. Akibatnya, lemak akan bertumpuk di bagian bawah perut. Keadaan ini membuat perut bawah menjadi lebih besar dibandingkan dengan bagian atas. Untuk menghindari hal itu, Kurnia menyarankan untuk menambahkan latihan dengan gerakan leg raise.

"Ada gerakan leg raise. Posisinya tidur tapi kakinya diangkat dan turun pelan-pelan. Leg raise itu otot yang dilatih adalah otot perut tengah sama bawah," beber Kurnia. "Jadi, tujuannya untuk mengencangkan kembali otot perut bagian bawah supaya bentuk perutnya enggak besar di bawah dan bisa lebih bagus bentuk perutnya."

Selain leg raise, gerakan lain yang bisa dilakukan untuk melatih otot perut bagian bawah adalah flutter kicks. Pada gerakan ini, posisi tubuh masih sama seperti saat melakukan leg raise. Bedanya, saat melakukan leg raise, kedua kaki akan diangkat secara perlahan ke atas dan bawah. Sedangkan saat flutter kicks, kaki kiri dan kanan diangkat secara bergantian. Selain itu, variasi gerakan latihan lain yang bisa dilakukan adalah run on spot (jalan di tempat) dan russian twist (gerakan memutar yang difokuskan di sekitar perut).

Agar gerakan-gerakan yang dilakukan bisa tepat sasaran pada otot yang akan dituju, Kurnia menyarankan agar melakukannya secara perlahan dan tidak terburu-buru. Gerakan yang perlahan akan mengurangi risiko cedera serta membuat otot-otot di tubuh benar-benar terasa tertarik.

(wk/yoan)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terbaru