Perhatikan Akurasi Alat Saat Menimbang
pexels/SHVETS production
Health

Berat badan ideal tentu saja menjadi impian bagi setiap orang. Lantas, bagaimana cara akurat menghitung berat badan ideal? Kali ini, Nanda Ferdinal Yanti akan mengulas tuntas langkah-langkahnya. Simak lebih lengkap berikut ini.

WowKeren - Langkah selanjutnya yang harus diperhatikan adalah tingkat akurasi alat saat melakukan penimbangan berat badan. Pasalnya, beberapa timbangan bisa jadi sudah tidak berfungsi dengan baik saat sedang melakukan penimbangan berat badan. Alhasil, berat badan yang ditunjukkan timbangan pun kurang tepat. Pengecekan akurasi timbangan ini bisa dilakukan dengan bantuan beban air mineral sebanyak tiga botol.

"Kembali lagi ke alatnya. Jadi, harus dikalibrasi. Cara mengkalibrasi alat timbangan yaitu letakkan air mineral tiga botol, beratnya sekitar enam kilogram. Enam bulan kemudian, alat timbangan dikalibrasi ulang dengan cara yang sama," jelas Nanda. "Jika berat botol masih sama dengan sebelumnya, maka timbangan masih bisa digunakan. Sebaliknya, jika berat botol berubah maka timbangan harus diganti atau diperbaiki."

Saat menimbang, umumnya berat badan seseorang sering kali berubah seiring dengan aktivitas dan makanan yang dikonsumsi pada hari itu. Namun, jangan terlalu khawatir. Sebab, kenaikan tersebut tidak akan terlalu signifikan.

"Waktu penimbangan bebas, asalkan berat badan seseorang tidak berubah drastis selama 1-3 bulan ke depan. Jika terjadi perubahan pada rentang waktu tersebut, maka harus waspada serta disarankan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan pada fasilitas kesehatan terdekat," tambah Nanda.

(wk/yoan)


You can share this post!