Gunakan Bantuan Aplikasi Pendukung
pexels/PhotoMIX Company
Health

Berat badan ideal tentu saja menjadi impian bagi setiap orang. Lantas, bagaimana cara akurat menghitung berat badan ideal? Kali ini, Nanda Ferdinal Yanti akan mengulas tuntas langkah-langkahnya. Simak lebih lengkap berikut ini.

WowKeren - Jika dirasa terlalu sulit untuk menghitung secara manual, beberapa aplikasi juga bisa digunakan sebagai alternatif yang memudahkan. Nanda merekomendasikan aplikasi "Gizi Nusantara" yang sudah tersedia di playstore. Tak hanya menghitung berat badan ideal, aneka konsultasi gizi juga bisa dilakukan di aplikasi tersebut.

Meski sudah memiliki berat badan ideal, namun tidak menjamin seseorang terbebas dari tumpukan lemak. Pasalnya, ada beberapa kasus dimana kadar lemak masih sangat tinggi meski berat badannya terbilang ideal. Keadaan ini bisa ditandai dari kondisi fisik berupa timbunan lemak di beberapa area tubuh seperti perut dan paha. Untuk menghilangkannya, seseorang wajib menerapkan pola hidup sehat.

"Kadar lemak dan massa otot itu juga sangat mempengaruhi berat badan ideal. Cara mengenali kalau wanita, perutnya bergelambir. Pokoknya pembentukan lemak dibawah kulit," ujar Nanda. "Terus ada juga orang yang kalau lemaknya tinggi jadi sesak napas, asam lambungnya naik. Itu tandanya lemaknya dalam tubuhnya itu sudah agak meninggi."

(wk/yoan)


You can share this post!