Cara Hitung Berat Badan Ideal untuk Pria
TikTok/nandaferdinal0
Health

Berat badan ideal tentu saja menjadi impian bagi setiap orang. Lantas, bagaimana cara akurat menghitung berat badan ideal? Kali ini, Nanda Ferdinal Yanti akan mengulas tuntas langkah-langkahnya. Simak lebih lengkap berikut ini.

WowKeren - Setelah mengantongi angka tinggi badan dan memastikan akurasi timbangan, lanjutkan dengan mulai menghitung berat badan ideal. Dalam perhitungannya, Nanda menyarankan untuk menggunakan rumus Broca. Pada pria, berat badan ideal bisa dihitung dengan menggunakan rumus: tinggi badan – 100 – 10% (hasil tinggi badan – 100). Namun, jika seorang pria memiliki tinggi badan kurang dari 160 sentimeter, maka perhitungan 10% dapat diabaikan.

"Contohnya, dengan tinggi badan 170 sentimeter, maka berat badan idealnya adalah 170 - 100 – (7) = 63 kilogram," terang Nanda. "Sedangkan contoh perhitungan berat badan ideal pria dengan tinggi kurang dari 160 sentimeter, misalnya tinggi badannya 158 sentimeter. Maka, berat badan idealnya adalah 158 – 100 = 58 kilogram."

Selain Broca, hadir beberapa rumus lain yang cukup viral di media sosial. Rumus ini adalah tinggi badan dikurangi angka 110. Meski demikian, Nanda menganjurkan untuk tidak menggunakan rumus tersebut karena hasil berat badan ideal masuk kategori terlalu kurus atau gizi kurang.

"Kalau aku ambil kesimpulan dari rumus tinggi badan dikurangi 110. Misalnya, tingginya 150 sentimeter dikurangi 110, berarti berat badan idealnya itu 40 kilogram. Padahal, itu sudah kategori gizi kurang," terang Nanda. "Jadi, aku enggak menganjurkan teman-teman menghitung berat badan ideal dengan rumus tersebut. Karena kita mencarinya status gizi yang normal dengan berat badan ideal."

(wk/yoan)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terbaru