Cara Hitung Berat Badan Ideal untuk Wanita
TikTok/nandaferdinal0
Health

Berat badan ideal tentu saja menjadi impian bagi setiap orang. Lantas, bagaimana cara akurat menghitung berat badan ideal? Kali ini, Nanda Ferdinal Yanti akan mengulas tuntas langkah-langkahnya. Simak lebih lengkap berikut ini.

WowKeren - Pada rumus Broca, perhitungan berat badan ideal wanita berbeda dengan pria. Hal ini disebabkan karena adanya perbedaan komposisi lemak pada wanita dan pria. Lemak pada wanita sebanyak 25-30% sementara pada pria hanya sekitar 18- 25%.

"Komposisi tubuh pria dan wanita itu berbeda. Karena perbedaan komposisi tersebut yang membuat perhitungan berat badan ideal pada pria dan wanita berbeda 5%," lanjut Nanda.

Jadi, rumus berat badan ideal wanita: tinggi badan - 100 – 15% (hasil tinggi badan – 100). Namun, jika seorang wanita memiliki tinggi badan kurang dari 150 sentimeter, maka perhitungan 15% diabaikan.

"Contohnya wanita dengan tinggi badan 158 sentimeter, maka berat badan idealnya adalah 158 – 100 – (8,7) = 49,3 kilogram," papar Nanda. "Sedangkan untuk wanita dengan tinggi badan 148 sentimeter, maka berat badan idealnya adalah 148 – 100 = 48 kilogram."

(wk/yoan)


You can share this post!