Perhatikan Ukuran Lingkar Perut
Instagram/coach.arini
Health

Meski merupakan cadangan energi, menumpuk terlalu banyak lemak ternyata tidak baik untuk kesehatan. Lantas, bagaimana cara kenali tanda-tanda lemak tubuh tinggi? Ini dia ulasan Arini Dwi Setyowati selengkapnya.

WowKeren - Penanda lemak tubuh tinggi lain yang wajib diketahui para pejuang diet adalah berat badan terus mengalami kenaikan tanpa disadari. Hal ini akan memicu adanya penambahan volume pada bagian tubuh tertentu. Biasanya, cadangan lemak akan disimpan di bagian perut, pinggang, hingga panggul. Karena itulah, ukuran lingkar perut merupakan penanda paling efektif untuk mengetahui kadar lemak tubuh.

Bagi wanita dengan lemak tubuh normal, Arini menyebut bahwa lingkar perut berkisar di antara 70-75 sentimeter. Sedangkan, lingkar perut 80 sentimeter ke atas pada wanita sudah bisa dikategorikan memiliki lemak tubuh yang tinggi.

"Yang lebih jelas lagi adalah lingkar perut. Wanita yang lingkar perutnya 70-75 sentimeter itu lemaknya ideal. Kalau di atas itu, misalnya 80 sentimeter ke atas, itu pasti lemaknya tinggi sekali. Mudah sekali sebenarnya mendeteksinya, cukup mengukur pakai meteran," papar Arini. "Kita juga bisa cubit bagian perut kita, kalau bisa dicubit, kemudian ada daging di sini (bagian tangan yang mencubit), itu berarti tinggi sekali lemaknya."

(wk/yoan)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel