Aneka Bumbu dan Saus Kemasan
pexels/Alena Shekhovtcova
Health

Banyak orang anggap tak makan nasi adalah jalan terbaik turunkan berat badan. Padahal, anggapan itu kurang tepat! Kali ini, Oksaviana Anisa Saraswati akan membongkar makanan-makanan tinggi kalori yang ternyata bukan nasi. Apa saja?

WowKeren - Memasak makanan sendiri bisa jadi salah satu alternatif untuk mengontrol jumlah kalori yang masuk setiap hari. Agar masakan bisa tetap enak, penggunaan bumbu menjadi sangat penting. Meski demikian, tetap batasi penggunaan saus-saus instan. Hal ini dilakukan karena saus yang digunakan berlebihan akan menambah kalori yang cukup signifikan pada makanan.

"Dalam pengolahan makanan, saus dan kecap itu ada kalori, makanya harus dibatasi. Biasanya, aku pakainya satu sendok teh saja. Tapi kalau rampah seperti cabai, bawang merah, bawang putih, kunyit dan jahe itu pakai banyak pun enggak apa-apa, kalorinya rendah," jelas Oksa. "Penyedap rasa dan garam pun enggak papa, cuma batasi. Jadi, ketika diet jangan sampai kita mikirnya makannya cuma rebus-rebusan saja."

Agar diet bisa sukses, Oksa mengingatkan agar seorang pemula hendaknya punya alasan dan niat yang kuat. Dengan niat yang kuat, pemula tak akan merasa bahwa diet adalah sebuah beban. Sebab, pada dasarnya diet hanyalah sebuah pengaturan pola makan.

"Kita harus punya niat. Ketika kita mempunyai alasan yang kuat, ada godaan apapun kita enggak bakal nengok karena sudah punya tujuan," lanjut Oksa. "Kedua, kita harus punya ilmu diet yang benar. Di situ kita belajar bahwa diet bukan suatu beban, tapi diet adalah sebuah pengaturan pola makan."

(wk/yoan)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel