Menjaga Pola Makan Saat Diet
Instagram/oksavianaa
Health

Banyak orang anggap tak makan nasi adalah jalan terbaik turunkan berat badan. Padahal, anggapan itu kurang tepat! Kali ini, Oksaviana Anisa Saraswati akan membongkar makanan-makanan tinggi kalori yang ternyata bukan nasi. Apa saja?

WowKeren - Supaya nafsu makan lebih terkendali saat diet, Oksa menyarankan para pemula untuk mengonsumsi lebih banyak protein dan sayur. Selain itu, gunakan trik makan sedikit-sedikit tapi sering dalam satu hari untuk menjaga gula darah tetap stabil. Yang terakhir, jangan lupa untuk membiasakan diri berolahraga secara teratur.

"Pola makan itu harus memerhatikan asupan gizi. Dalam sehari harus mengonsumsi lebih banyak protein dan sayur. Kebutuhan protein sekitar 2 gram per satu kilo berat badan. Jadi kalau berat badan 56 kilogram, 56 dikali 2," papar Oksa. "Nah, karbohidrat ini yang kita harus jaga. Paling enggak, satu kepal tangan saja. Untuk timing, makannya sedikit tapi sering. Misalnya sehari 5 kali. Fungsinya untuk menjaga gula darah biar stabil."

Pada dasarnya, nasi bukanlah satu-satunya makanan yang dapat menaikkan berat padan. Semua jenis makanan apabila dikonsumsi berlebihan secara terus-menerus selama berbulan-bulan juga dapat berpotensi menaikkan berat badan.

"Kalau diet makan nasi pun sebenarnya enggak bikin gemuk. Gemuk itu kalau kita kelebihan kalori secara terus-menerus selama berbulan-bulan," ujar Oksa. "Dan yang bikin kelebihan kalori itu enggak cuma nasi. Makanan apapun kalau kita makan berlebihan itu bisa bikin naik berat badan."

(wk/yoan)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terbaru