HITSfluencer : Mivia Angelitha, Ciptakan Inspirasi OOTD Modis Lewat Mix and Match
Instagram/mmivia
Selebriti
HITSfluencer

Mivia Angelitha tak pernah berhenti bagikan inspirasi outfit dengan berbagai gaya. Seperti apa keseruannya mencari gaya yang pas untuk outfit? Ini dia cerita Mivia selengkapnya.

WowKeren - Bukan rahasia lagi jika fashion atau gaya berpakaian kini makin banyak digandrungi para remaja hingga orang dewasa. Aneka rekomendasi outfit dari para fashion influencer pun kerap digunakan sebagai alternatif untuk mencari inspirasi gaya. Salah satu fashion influencer yang populer di TikTok adalah Mivia Angelitha. Lewat akun, @mmivia, ia kerap berbagi inspirasi berbagai macam outfit dengan beragam gaya.

Aktif di TikTok sejak tahun 2020, Mivia kini telah mengumpulkan lebih dari 3,4 juta pengikut. Ditambah, ia juga berhasil menjaring total 95,7 juta likes. Tak hanya dari Indonesia, Mahasiswi Ilmu Komunikasi, Universitas Pelita Harapan ini mampu menarik perhatian audiens dari luar negeri berkat konten-konten unggahannya.



Salah satu unggahan Mivia di TikTok yang sangat populer adalah saat ia membagikan gaya pose solo bagi mereka yang malu di depan kamera. Video yang baru diunggah pada 7 Februari 2022 ini kini sudah mendapat total lebih dari 52 juta penayangan.

Tak hanya populer di TikTok, Mivia juga aktif membagikan inspirasi OOTD (outfit of the day) kekinian di akun Instagram, @mmivia. Hingga kini, Instagram-nya sudah sukses menjaring lebih dari 180 ribu pengikut.

Kepada WowKeren untuk rubrik HITSfluencer, Mivia secara blak-blakan berbagi kisah perjalannya sampai akhirnya sukses jadi konten kreator fashion. Seperti apa cerita keseruannya? Simak penuturan Mivia berikut ini.

(wk/yoan)

1. Dari Makeup Artist Sampai Jadi Konten Kreator


Dari <i>Makeup Artist</i> Sampai Jadi Konten Kreator
TikTok/mmivia

"Sebenarnya dulu aku kerja jadi freelance makeup artist. Gara-gara pandemi banyak acara yang cancel atau postponed. Aku iseng download TikTok, ngonten, just for fun. Pertama kali konten yang aku bawain itu makeup, viral," kenang Mivia. "Akhirnya, selain makeup aku juga merambah ke fashion. Dari dulu aku memang tertarik sama baju tapi cuma hobi. Dari baju yang sudah ada, aku buat konten dan viral. Jadi, benar-benar pure coba-coba. Dari situ akhirnya lebih berkembang di fashion."

Setelah kontennya makin viral, Mivia terus mengeksplorasi diri dengan mempelajari fashion secara otodidak dari internet. Ia bahkan tak sungkan mengikuti beberapa fashion influencer dari luar negeri sebagai referensi. Sejak saat itulah, Mivia akhirnya mantap memfokuskan konten pada fashion.

"Terus belajar sendiri, browsing di internet, Pinterest, dan banyak melihat konten kreator luar (negeri). Sebenarnya background-ku malah makeup kan. Tapi, aku lebih nyaman dan lebih suka styling diriku sendiri. Aku lebih enjoy bikin video fashion dan orang-orang juga lebih enjoy nonton video fashion-ku. Jadi, aku fokus (fashion) sampai sekarang," lanjut Mivia.

2. Sering Dikira Bukan Orang Indonesia


Sering Dikira Bukan Orang Indonesia
TikTok/mmivia

Setelah memfokuskan konten pada fashion, akun TikTok Mivia pun makin banjir followers. Bahkan, para audiens TikTok pun sampai menyasar hingga ke Instagram. Akibatnya, akun Instagram Mivia jadi tak kalah berkembang dari TikTok. Namun uniknya, hampir 50% followers Mivia di TikTok dan Instagram berasal dari luar negeri yang tersebar di beberapa negara seperti Filipina, Malaysia, Myanmar hingga Amerika Serikat.

Untuk menyesuaikan konten dengan audiensnya yang berasal dari berbagai negara, Mivia kerap melengkapi video dan caption dengan menggunakan bahasa Inggris. Alhasil, banyak orang salah paham dan mengiranya berasal dari luar negeri, padahal ia tinggal di Indonesia.

"Banyak yang mengira aku enggak dari Indonesia. Mungkin karena aku jarang ngomong bahasa Indonesia. Dan kalau di TikTok FYP itu enggak melulu masuk ke orang-orang Indonesia, masuk ke luar negeri juga," ujar Mivia. "Tapi memang aku inginnya seperti itu. Maksudnya, aku berharap bisa sampai ke kancah internasional dan dikenal sama orang luar negeri."

3. Sukses Lebih Dekat dengan Idola Berkat TikTok


Sukses Lebih Dekat dengan Idola Berkat TikTok
TikTok/mmivia

Mivia mengakui bahwa dunia content creating telah membuatnya mendapatkan banyak pengalaman berharga. Salah satunya adalah ketika ia bisa berhasil selangkah lebih dekat sang idola, Nava Rose, seorang fashion influencer yang berasal dari Negeri Paman Sam. Mereka pun sempat merencanakan kolaborasi konten. Sayangnya, niat tersebut terpaksa ditunda karena kendala lokasi.

"Kalau role model, ada salah satu influencer US yang aku suka banget namanya Nava Rose. Dia salah satu kreator fashion awal-awal banget di TikTok dan aku ikuti. Dulu sangat terinspirasi dari dia, sampai sekarang bisa saling follow di TikTok. Bahkan, dia pernah reach out, ngajak ngonten bareng. Dia kira aku tinggal di US," beber Mivia. "Jadi, terasa wow banget dunia content creating bisa nemuin kita dengan fashion enthusiast lainnya. Bahkan dengan my inspiration, my idol."

Pengalaman berharga lainnya yang didapatkan Mivia adalah saat ia didapuk menjadi salah satu nominator TikTok Award 2020. Tak tanggung-tanggung, ia dinominasikan di dua kategori sekaligus yakni Beauty and Fashion dan Rising Star of The Year.

4. Pernah Ekstrem Rombak Baju


Pernah Ekstrem Rombak Baju
TikTok/mmivia

Biasanya, Mivia akan memanfaatkan baju yang sudah ada untuk membuat konten. Tak jarang, ia juga membeli beberapa barang sebagai pelengkap agar hasil mix and match-nya jadi lebih maksimal. Sejauh ini, 'build an outfit' masih jadi konten favorit. Pasalnya, ia bisa sekaligus mempelajari serta mengeksplorasi style-style baru saat membuat konten. Dari banyaknya gaya yang sudah dicoba, Mivia menyebut bahwa soft girl merupakan salah satu style khasnya.

"Konten yang aku paling suka 'build an outfit' soalnya fokus ke satu style dan benar-benar menunjukkan semua barang yang dipakai. Di situ, banyak orang request style tertentu jadi aku bisa research dan eksplor lebih lagi tentang berbagai macam style. Tapi, kalau disuruh pilih satu (style khas), mungkin lebih ke soft girl," ungkap Mivia. "Tapi kalau 'make outfit' atau 'outfit inspo', dalam satu video sudah ada 3-4 outfit, temanya beda-beda."

Tak hanya tampilkan inspirasi mix and match outfit, Mivia juga sempat tampilkan konten thrift flip. Dalam konten ini, ia dengan berani secara ekstrem merombak baju yang sudah jarang dipakai. Hasilnya, baju lama pun bisa dipakai lagi dengan model yang lebih trendi.

"Dulu sempat punya series judulnya 'rombak baju gembel'. Baju yang sudah enggak dipakai, di thrift flip. Istilahnya dari kaos jadi crop top. Tapi, sekarang aku belum lanjutkan lagi," lanjut Mivia. "Mungkin, kedepannya bakal aku lanjutkan pakai bahasa Inggris atau subtitle Indonesia, biar jangkau lebih luas lagi."

5. Tak Menyerah Lakukan yang Terbaik untuk Konten


Tak Menyerah Lakukan yang Terbaik untuk Konten
TikTok/mmivia

Dalam pembuatan konten, Mivia mengungkapkan bahwa mulai dari brainstorming ide hingga proses mengedit dan upload semuanya masih dilakukan sendiri. Kadang, ia pun merasa kesulitan untuk mengatur dan membagi waktu. Meski demikian, Mivia tetap berusaha untuk terus membiasakan dirinya.

"Tantangannya bagi waktu karena content creating lumayan take time buat videonya. Tapi, yang lama itu brainstorming ide, mikirin baju-baju apa yang dipakai buat konten," tutur Mivia. "Kalau enggak ada ide, aku coba browsing lagi. Misalnya capek banyak kegiatan, aku enggak akan memaksakan diriku, it's okay buat take break. Yang paling penting aku enjoy, jadi orang-orang yang lihat juga bisa enjoy."

Di sisi lain, Mivia juga kadang terlalu fokus pada jumlah penonton hingga like di postingannya. Namun, perlahan ia akhirnya mulai belajar bahwa yang paling penting dalam pembuatan konten bukanlah angka, melainkan kualitas konten dan enjoyment saat proses pembuatannya. Karena itulah, saat ini ia terus berupaya menampilkan yang terbaik di setiap konten.

6. Tips Mix and Match Outfit Ala Mivia Angelitha


Tips <i>Mix and Match Outfit</i> Ala Mivia Angelitha
TikTok/mmivia

Mivia juga berbagi tips mix and match outfit agar tampilannya jadi lebih stylish. Menurut Mivia, yang harus diperhatikan saat mix and match outfit adalah pemilihan warna. Selanjutnya, jangan pernah lelah untuk mencari referensi serta mencoba beragam jenis style.

"Kalau masalah padu padan outfit, yang penting warna-warna bisa kontras atau satu warna. Misalnya, warna hijau cocok sama krem dan biru cocok sama putih. Terus, sering-sering browsing di Pinterest dan follow banyak fashion account jadi bisa tahu berbagai macam style. Style itu enggak melulu sama. When you explore , kalian bisa nemuin style kalian yang baru," saran Mivia. "Kalau menurutku, semua style bagus-bagus saja dan semua orang dengan skin tone apapun bisa pakai semua warna baju yang mereka mau asal bisa nyaman dan percaya diri."

Pada dasarnya, tak ada aturan khusus pada fashion, khususnya saat mix and match outfit. Yang paling penting adalah seseorang bisa lebih nyaman dan percaya diri dengan apa yang dipakainya.

7. Bangun Rasa Percaya Diri Lewat Konten


Bangun Rasa Percaya Diri Lewat Konten
TikTok/mmivia

Berkat unggahannya, Mivia sering mendapatkan DM (direct message ) apresiasi dari para followers. Karena itulah, ia jadi makin semangat membuat konten. Kedepannya, ia bahkan berencana untuk mengembangkan konten ke YouTube. Mivia berharap lewat unggahannya, ia bisa membuat lebih banyak orang merasa percaya diri terhadap penampilan.

"Suatu saat ada DM (dari followers). Dia bilang, know nothing about fashion, but because of me dia jadi lebih ngerti dan bisa lebih percaya diri. Wah, ternyata kontenku bisa menginspirasi juga. Di situ aku merasa jadi lebih terpacu buat bikin konten," beber Mivia. "Yang penting sekarang aku bisa tetap mengekspresikan diriku secara bebas di media sosial tentang baju yang aku pakai. Dan semoga konten-kontenku tetap bisa menginspirasi orang-orang."



You can share this post!