Kronologi Meninggalnya Rima Melati Terkuak, dari Infeksi Hingga Sebabkan Gagal Jantung
WowKeren/Fernando
Selebriti
Rima Melati Meninggal

Anak mendiang Rima Melati, Aditya Tumbuan membeberkan kronologi wafatnya sang ibu. Ia menerangkan bahwa ibunya mengalami gagal jantung yang mulanya berasal dari infeksi dari luka pada punggung.

WowKeren - Aidtya Tumbuan, putra Rima Melati dengan tegar menceritakan kronologi meninggalnya sang ibu di RSPAD Gatot Soebroto, Kamis (23/6). Ia menjelaskan bahwa aktris senior itu meninggal karena komplikasi penyakit.

Awalnya, Rima Melati jatuh sakit dan dirawat terlebih dahulu di RSPI Bintaro sebelum kemudian dipindahkan sebulan kemudian ke RSPAD Gatot Soebroto. Saat pertama kali masuk rumah sakit, almarhumah didiagnosa terkena infeksi dari luka di bagian punggung.

"Pertama kali masuk Ibu Rima terkena infeksi dari luka bagian belakang, punggung belakang, infeksi tersebut membuat ibu demam tinggi," ungkap Aditya Tumbuan saat ditemui WowKeren di Rumah Duka Sentosa RSPAD, Jakarta.

Bukan membaik setelah mendapat penanganan dokter, Rima Melati justru kembali diserang infeksi lain yang menyebabkan paru-parunya terendam air hingga menjalar ke ginjal. Rima lantas dibawa ke ICU untuk mendapat perawatan lebih intensif.

"Lalu kita bawa ke RS langsung ke ICU di sana dirawat kira-kira dua minggu, ternyata ada infeksi lain yang istilahnya merambat dari infeksi pertama yaitu paru. Parunya mulai kerendam air, harus disedot, dari situ berturut-turut menjalar ke ginjal," terang Aditya.



Dari situlah, Rima Melati harus mengonsumsi obat-obatan untuk kesembuhan sakit pada bagian ginjalnya. Namun sayang, hal ini justru membuat Rima pada akhirnya harus rutin melakukan cuci darah.

"Menurut saya, kita rasa ginjal itu suatu hal yang memang kalau pasien itu sudah lama di rumah sakit, minum obat, lama-lama mungkin efeknya ke ginjal. Dan dari situ ibu harus dilakukan cuci darah atau HD (Hemodialisa)," bebernya.

Akibatnya, Rima Melati harus melakukan cuci darah hingga 7 kali yang membuat kondisinya menurun. Aditya pun mengaku sudah ikhlas apabila ibunya saat itu harus berpulang.

Namun tiba-tiba saat akan pindah ruangan, kondisi Rima Melati drop dan perawat yang datang menyatakan bahwa artis 82 tahun itu mengalami gagal jantung. Sang ibunda sempat diberikan pertolongan pertama. Namun di titik itu, Aditya Tumbuan sudah iklhas melepas sang ibunda.

"Jadi ketika saya mau pindah, sepertinya ibu drop. Dokter langsung lari, perawat lari, bilang ke saya, 'ibu gagal jantung'," tandas Aditya Tumbuan. "Akhirnya dilakukan pertolongan pertama. Di situ saya merasa bahwa memang sebaiknya ibu sudah saatnya untuk pergi."

(wk/lara)


You can share this post!


Related Posts