Penyebab Utama Berat Badan <i>Stuck</i>
pexels/SHVETS production
Health

Sudah diet tapi berat badan masih stuck? Jangan khawatir! Kali ini, Jennifer Vidya akan mengupas solusi atasi berat badan stuck. Apa saja? Ini dia ulasan selengkapnya!

WowKeren - Sebelum membahas solusi mengatasi berat badan stuck, ada baiknya kita memahami lebih dulu jika angka penurunan berat badan tidak selalu sama setiap minggunya. Hal ini biasanya terjadi pada orang-orang yang memiliki kondisi obesitas. Di awal diet, para pejuang diet akan mendapatkan penurunan berat badan yang fantastis. Makin lama, tubuh akan mulai beradaptasi dengan pola diet yang sedang dijalani. Akibatnya, proses penurunan berat badan pun semakin mengecil.

"Untuk normal dan sehatnya, setengah sampai 1 kilogram per minggu untuk penurunan berat badan. Tapi untuk yang obesitas, angka penurunan berat badannya bisa lebih besar. Tapi, nanti ketika sudah menuju ke tahap berat badan normal, pasti penurunannya makin kecil," jelas Jennifer. "(Penyebab berat badan stuck) juga bisa dilihat dari olahraga. Kalau terlalu banyak olahraga kardio, otot-otot jadi mengecil. Abis itu, stres juga bisa menyebabkan berat badan stuck."

Selain itu, Jennifer juga mengungkapkan bahwa asupan kalori makanan yang terlalu sedikit juga menjadi salah satu penyebab berat badan stuck. Hal ini terjadi karena kekurangan kalori dapat membuat proses metabolisme tubuh melambat. Akibatnya, tubuh jadi kekurangan energi untuk membakar lebih banyak lemak sehingga penurunan berat badan tidak terjadi.

"Kalau berat badan stuck, aku usahakan untuk (evaluasi) pola makan. Kira-kira ada kekurangan protein, buah atau sayur kah? Atau malah kurang asupan kalori. Karena itu juga penyebab weight plateau (berat badan stuck)," lanjut Jennifer. "Beberapa orang tahu kalau menurunkan berat badan, defisit kalori. Jadi orang berpikir supaya bisa cepat kurus, makan sedikit. Padahal, kalau kekurangan kalori, yang diturunkan bukan lemak tapi otot. Itu akan membuat metabolisme tubuh melambat."

(wk/yoan)

You can share this post!