Kelola Kebun Mandiri Berbekal Ilmu dari YouTube
TikTok/denismatthew_
Selebriti

Di era serba digital, Denis Matthew sukses mengajak para penonton untuk berkebun secara online. Lantas, seperti apa cerita keseruannya? Intip kisah Denis berikut ini!

WowKeren - Sejak konten berkebunnya makin populer, Denis jadi makin semangat belajar tentang tumbuhan. Berbekal ilmu yang didapatkan dari YouTube, ia pun mengambil alih kebun di belakang rumah untuk menanam berbagai jenis tumbuhan. Hingga kini, sudah ada puluhan jenis tumbuhan mulai dari buah hingga sayuran yang dirawatnya. Setiap hari, Denis menghabiskan waktu sampai 3 jam untuk memastikan tumbuhannya sehat agar hasil panen jadi makin berlimpah.

"Ada beberapa tumbuhan yang ditanam di belakang rumah. Lumayan banyak, mungkin 20-an lebih. Sejauh ini, aku sendirian (yang mengurus). Sebenarnya aku juga enggak ada basic untuk berkebun. Jadi, selama ini cari pengetahuan tentang pupuk dan penyiraman itu dari YouTube. Enggak ada yang spesifik, tergantung apa kendalaku. Nanti aku nontonnya enggak hanya satu video, tapi ada beberapa untuk aku jadikan perbandingan," ujar Denis.

Merawat banyak tumbuhan seorang diri tentu merupakan tantangan tersendiri bagi Denis. Ditambah, jika ia harus mendadak pergi ke luar kota. Saat itu terjadi, tanamannya pun banyak yang mati karena tak ada yang menyiram. Belum lagi jika bibit-bibit yang ditanam ternyata gagal tumbuh karena beberapa faktor.

"Susah ditanam tergantung dari bibit. Kadang, kalau kita beli bibit itu sudah kadaluarsa atau kemasannya kemasukan angin. Itu berpengaruh sama tumbuh atau enggak. Selada itu cukup sulit," beber Denis. "Yang (tumbuhan) cepat mati itu sayuran seperti sawi-sawian, pakcoy, dan tomat. Pokoknya kalau sayuran sering banget (mati). Karena sering hujan terus tiba-tiba panas. Atau misalnya aku tiba-tiba keluar kota, enggak disiram dan yang mengurus selama beberapa hari, mati."

(wk/yoan)

You can share this post!