Tips Berkebun Buat Para Pemula ala Denis
TikTok/denismatthew_
Selebriti

Di era serba digital, Denis Matthew sukses mengajak para penonton untuk berkebun secara online. Lantas, seperti apa cerita keseruannya? Intip kisah Denis berikut ini!

WowKeren - Melimpahnya hasil panen membuat Denis kerap membagikannya kepada keluarga-keluarga terdekat. Nah, bagi kalian yang juga ingin punya hasil panen yang melimpah, Denis berbagi tips khusus, lho. Menurutnya, langkah pertama yang harus diperhatikan adalah menanam sedikit demi sedikit. Selanjutnya, mulai pelajari proses penyuburan tumbuhan seperti pemberian jenis pupuk dan berapa banyak porsinya.

Selain itu, Denis juga menyarankan agar memerhatikan kondisi dan kualitas tanah sebelum menanam bibit. Pasalnya, kondisi tanah yang sudah memadat dan kering berpotensi membuat bibit tanaman gagal tumbuh. Untuk mengatasinya, gemburkan tanah terlebih dahulu dengan mencangkul dan mencampurkannya dengan pupuk kompos atau kandang. Jika tak punya cukup lahan untuk berkebun, jangan terlalu khawatir. Kalian masih bisa berkebun dengan memanfaatkan media tanam hidroponik.

"Kalau mau mulai (berkebun), satu-satu saja jangan langsung banyak. Karena itu bisa buat gak fokus. Untuk perawatannya, lebih sering diperhatikan dari pupuknya, apakah sudah cukup atau belum. Kalau sayuran lebih baik pakai pupuk organik, bukan kimia," saran Denis. "Kondisi tanah juga harus diperhatikan. Awal-awal aku juga asal tanam, ternyata enggak tumbuh. Jadi, dicangkul dulu terus dicampurkan sama kompos atau pupuk kandang biar tanahnya gembur. Kalau tidak punya lahan, bisa pakai media tanam air, hidroponik."

(wk/yoan)

You can share this post!