HITSfluencer : Novan Eka, Berawal Dari Drummer Band  Sampai Eksis Jadi Tutor Gitar Online
Dokumentasi Novan
Selebriti
HITSfluencer

Dari drummer band, Novan Eka akhirnya sukses jadi YouTuber spesialis tutorial gitar. Lantas, seperti apa jatuh bangun perjalanan Novan bertahan sebagai konten kreator? Simak kisahnya berikut ini!

WowKeren - Dewasa ini, musik masih memiliki tempat tersendiri di hati para penikmatnya. Tak hanya menikmati, beberapa orang bahkan memilih untuk mulai mempelajari agar bisa menguasai alat musik tertentu. Di era digital seperti sekarang, mengandalkan tutorial yang diunggah secara online adalah salah satu alternatif terbaik. Salah satu kreator yang berkecimpung di dunia tutorial musik adalah Novan Eka. Melalui saluran YouTube, NER11, pria asal Sukabumi ini berhasil menjadi solusi praktis para pemula yang ingin belajar bermain gitar.

Memulai karier konten kreatornya sejak beberapa tahun silam, saluran YouTube pria yang akrab disapa Bang Ner oleh para subscriber-nya ini telah berhasil mengumpulkan lebih dari 1 juta subscribers. Dengan total lebih dari 115 juta kali penayangan video, Novan sukses memberikan akses kemudahan melalui penjelasan tutorial bermain gitar yang cukup detail dan jelas untuk para pemula.


Salah satu konten tutorial Novan yang populer adalah saat ia mengunggah tutorial gitar dari lagu lawas band Peterpan yang berjudul "Semua Tentang Kita". Video yang sudah diunggah pada 9 Februari 2019 ini sudah berhasil menjaring penonton sampai lebih dari 5,5 juta kali penayangan.

Kepada WowKeren untuk rubrik HITSfluencer, Novan secara khusus membagikan perjalannya sampai akhirnya sukses jadi YouTuber dengan konten tutorial gitar. Penasaran seperti apa jatuh bangunnya? Simak penuturan Novan selengkapnya berikut ini.

(wk/yoan)

1. Dari Drummer Hingga Sukses Jadi Tutor Gitar


Dari <i>Drummer</i> Hingga Sukses Jadi Tutor Gitar
Instagram/novaner11

Ketertarikan Novan di dunia musik sudah ada sejak masih kecil karena darah keturunan dari orang tua. Awalnya, ia tertarik untuk mempelajari drum hingga bergabung dalam sebuah band di bangku SMA. Meskipun sudah aktif sebagai drummer, namun Novan masih tertarik untuk mencoba mempelajari gitar.

"Dari kecil sudah ada ketertarikan soal musik karena ada darah keturunan dari orang tua. Nah, di situ mulai tertarik pada musik. Sebelumnya, tertarik ke drum. Pas SMA, diajak nge-band. Dari situ teman aku menyarankan buat belajar gitar," kenang Novan. "Kesulitan pertama main gitar itu dulu enggak seperti sekarang. Dulu beli buku yang di dalamnya ada lirik, kunci dan penjelasan. Harganya lima ribu. Kalau sekarang sih sudah gampang, ada YouTube dan TikTok."

Tak puas, Novan ternyata juga bisa memainkan alat musik lain seperti gendang hingga piano. Meski demikian, drum dan gitar disebut punya tempat khusus di hatinya. Di kehidupan asli, banyak orang mengenal Novan sebagai drummer dari band metal asal Sukabumi, FORTIOR. Namun di sisi lain, subscribers YouTube mengenalnya sebagai gitaris yang mengajarkan cara bermain gitar lewat tutorial online.

"Banyak alat musik yang bisa dimainkan seperti gendang, piano, keyboard, suling bambu, terus pianika. Paling dominan drum sama gitar. Sekarang aku aktif di band aku sebagai drummer, alirannya metal, namanya FORTIOR. Aktif di daerah Sukabumi, masih merintis lah," sambung Novan. "Baru-baru ini aku upload foto lagi main drum di Instagram. Terus ada yang tanya, 'drummer apa gitaris?'. Terus pernah waktu turun panggung, 'Bang Ner ya? Sudah enggak main gitar lagi?'. Sebenarnya berbeda banget aku di YouTube dengan kehidupanku didunia nyata."

2. Pertama Kali Meledak Berkat 'Lagi Syantik'


Pertama Kali Meledak Berkat 'Lagi Syantik'
YouTube/NER11

Novan akhirnya memulai karier konten kreator dari Instagram. Awalnya, ia mengunggah beberapa cover lagu. Meskipun tak banyak mendapatkan penonton, ia mengaku tetap bersemangat mengunggah konten setelah mendapatkan banyak support. Hingga akhirnya, ia tergerak untuk mengunggah cover dan penjelasan kunci-kunci gitar di YouTube. Tak disangka, konten tutorial gitarnya di YouTube ini mulai meledak dan mendapat banyak perhatian.

"Pertama cover lagu dan upload di Instagram, viewers-nya enggak sampai 1.000. Tapi, temanku terus support dengan request lagu. Dari situ, aku mencoba menjelaskan kunci (gitar) pertama di lagunya 'Untuk Perempuan yang Sedang dalam Pelukan'. Waktu itu, aku belum upload di YouTube karena bukan uploader musik, tapi berita namanya Fortior News. Tapi sekarang sudah enggak jalan lagi karena ada masalah di monetisasi. Jadi, aku pindah dan mulai konten tentang musik. Pas lebih meledaknya itu di lagunya Siti Badriah, Lagi Syantik," ujar pria bernama asli Novan Eka Rahmatullah ini.

Di sisi lain, Novan mengungkapkan bahwa awalnya ia sempat berpikir untuk menyajikan konten tentang drum. "Dulu pernah ingin bikin konten drum. Tapi ternyata buat viewers itu sulit banget. Jadi, aku lebih milih gitar karena lebih gampang dijangkau dan orang-orang pasti enggak sulit untuk mendapatkan gitar," ungkap Novan. "Sebenarnya gitar itu aku bisa walaupun enggak terlalu jago. Tapi, aku ingin menjelaskan supaya orang yang enggak punya gitar juga bisa paham. Makanya saat menjelaskan itu ada metodenya. Aku berusaha menjelaskan semaksimal mungkin."

3. Rahasia Dibalik Nama Channel 'NER 11'


Rahasia Dibalik Nama <i>Channel</i> 'NER 11'
YouTube/NER11

Menurut Novan, setiap konten kreator wajib memiliki ciri khas tertentu yang membuatnya lebih mudah diingat para penonton. Hal inilah yang juga diterapkan olehnya. Pada unggahan konten, Novan selalu menyajikan dengan gaya hitam putih atau monokrom. Selain itu, ia juga sebisa mungkin memberikan penjelasan dengan detail.

"Kalau aku, ciri khasnya penjelasan video yang lebih detail. Terus, videonya hitam putih, monokrom. Jadi, orang-orang langsung tahu kalau itu punya Bang Ner," beber Novan. "Dulu sebenarnya karena kameranya jelek, jadi mau menutupi itu dengan menggunakan hitam putih, monokrom. Waktu itu juga lagi hits-hitsnya setelah ada lagu Tulus, Monokrom. Tapi, itu akhirnya jadi salah satu ciri khasku dan sekarang jadi lebih ke mempertahankan identitas saja."

Selain itu, Novan juga mengungkapkan rahasia dibalik nama dan angka yang digunakan untuk saluran YouTube-nya. "Sebenarnya NER itu singkatan dari namaku, Novan Eka Rahmatullah. Tapi enggak tahu kenapa kok jadi kepikiran angka 11. Tapi lama-lama, aku jadi berpikir kalau 11 itu jadi angka keberuntungan yang kebetulan juga bulan lahirku, November," ungkap Novan. "Selain itu, angka 11 itu filosofinya adalah lebih dari sempurna, 10. Jadi, ngapain sih jadi orang biasa, mending jadi orang luar biasa saja."

4. Perjuangan Dapatkan Plakat Gold Play Button


Perjuangan Dapatkan Plakat <i>Gold Play Button</i>
YouTube/NER11

Meski kini tergabung dalam band beraliran metal, namun Novan tak pernah membatasi genre lagu yang ia buatkan tutorialnya. Karena itulah, ia dengan senang hati membuat tutorial berdasarkan permintaan para subscriber. Tak jarang, ia juga mengikuti tren lagu yang ada dalam platform seperti Spotify hingga TikTok. Cara inilah yang membuat saluran YouTube-nya masih bertahan hingga sekarang.

Di sisi lain, perjuangan Novan saat membuat konten juga melewati beberapa kejadian menarik. Salah satunya adalah ketika lighting mendadak jatuh mengenainya saat tengah merekam konten. Alhasil, wajah kagetnya yang lucu pun terekam kamera. Meski demikian, usaha keras Novan untuk membuat konten tutorial ini pun akhirnya membuahkan hasil. Satu tahun setelah channel dibuat, ia berhasil meraih Silver Play Button dan beberapa waktu lalu sukses mendapatkan Gold Play Button.

"Pas aku mendapatkan Silver Play Button, itu rasanya lebih dari apapun. Karena sebelumnya aku sudah pernah punya pencapaian, tapi enggak sebesar ini. Itu butuh waktu sebentar, sekitar 1 tahun. Baru dari Silver ke Gold Play Button butuh waktu sekitar 2 tahun. Tapi alhamdulillah sekarang sudah dapat. Semoga saja kedepannya sampai ke 10 juta subscribers," tutur Novan.

5. Pernah Hampir Kehilangan Channel Karena Di-hack


Pernah Hampir Kehilangan <i>Channel</i> Karena Di-<i>hack</i>
YouTube/NER11

Meski terlihat mulus, perjalanan Novan sebagai kreator YouTube rupanya tak selalu mulus. Pada awal tahun 2022 lalu, saluran YouTube miliknya diketahui di-hack oleh seorang yang tidak bertanggung jawab. Melalui proses yang panjang dan melelahkan, Novan akhirnya bisa bernafas lega setelah channel YouTube-nya bisa kembali.

"Ada link main game di Discord, aku klik dan enggak menyadari bahwa itu scam. Pertama yang di-hack Instagram dan Facebook. Aku pikir YouTube aman, tapi akhirnya kena hack. Akhirnya, aku langsung hubungi temanku yang di KOMINFO. Hampir satu minggu untuk mendapatkan kembali YouTube ini, susah, jangan sampai terulang lagi," kenang Novan. "Dari subscribers sih enggak berkurang, Tapi untuk viewers jadi lebih turun pas sesudah di-hack. Meskipun kalau menurutku itu juga dari algoritma."

Novan mengakui bahwa beberapa kali ia juga pernah merasa down. Namun, semua itu ia tepis setelah membaca banyak komentar positif dari subscribers-nya. "Masih banyak anak-anak yang ingin belajar gitar. Jadi, aku ingin tetap bisa berbagi ilmu sama teman-teman. Terus, komentar-komentarnya juga positif jadi itu yang buat aku bangga dan terus bersemangat membuat konten tentang gitar. Aku juga ingin menginspirasi dan memotivasi orang-orang supaya lebih semangat belajar main gitar," terang Novan.

6. Tips Mahir Gitar Buat Pemula Ala Novan


Tips Mahir Gitar Buat Pemula Ala Novan
YouTube/NER11

Bagi kalian yang ingin mulai belajar bermain gitar, kali ini Bang Ner punya tips khusus. Sebelumnya, Noval menyebut bahwa umumnya, seseorang yang sudah memiliki basic musik jauh lebih mudah dan cepat memahami gitar. Meski demikian, para pemula yang tak ada basic musik sama sekali juga bisa menguasai gitar. Karena itulah, kemauan adalah hal terpenting yang wajib dimiliki seorang pemula.

Sebagai langkah pertama, Noval menganjurkan para pemula untuk terlebih dahulu memiliki gitar. Tak usah langsung membeli yang mahal, gitar dengan harga murah pun juga bisa menjadi pilihan. Saat memilih gitar, ia menganjurkan untuk lebih memilih gitar akustik dibandingkan klasik. Selanjutnya, mulai pelajari kunci-kunci gitar mulai dari yang paling mudah hingga susah tanpa skip.

"Sebenarnya kalau mau belajar, gampang, harus punya kemauan dulu. Selanjutnya, punya gitar. Cari gitar yang harganya murah, yang penting tahu dasarnya dulu. Menurutku, lebih gampang buat pemula untuk memilih gitar akustik daripada klasik karena pegangannya lebih kecil," saran Novan. "Setelah itu, pelajari kunci-kunci gitar mulai dari yang mudah hingga susah. Jangan kalau ada kunci susah, diganti. Kalau enggak ada basic musik, yang penting berusaha. Pesan dari Bang Ner, semangat terus belajar gitarnya jangan malas. Tetap main atau usahakan pegang gitar satu hari tiga kali."

7. Rencana Kolaborasi Bareng YouTuber Seperjuangan


Rencana Kolaborasi Bareng YouTuber Seperjuangan
Instagram/novaner11

Sejauh ini, Novan mengaku bahwa selama ini pembuatan konten masih dilakukan di kamar pribadinya. Karena itulah, kedepannya ia berharap bisa segera membangun studio khusus untuk mendukung pembuatan kontennya. Dengan ini, ia bisa meningkatkan kualitas konten dan lebih memanjakan para penonton.

Tak hanya YouTube, Novan juga berencana untuk mulai melebarkan sayapnya di platform TikTok. Pasalnya, ia mulai menyadari bahwa beberapa konten kreator TikTok akhirnya bisa lebih dikenal publik. Tak hanya tutorial gitar, ia juga berencana untuk bisa menyajikan model konten lain seperti A Day In My Life serta cover lagu. Dalam waktu dekat, Novan juga ingin bisa berkolaborasi dengan rekan-rekannya, YouTuber seperjuangan yang sama-sama menyajikan konten tutorial.

"Selama ini membuat konten kan masih di rumah saja, jadi kedepannya ingin punya studio sendiri. Terus, aku juga ingin bisa upload konten yang enggak menyangkut tutorial seperti A Day In My Life atau cover lagu, cuma belum terealisasikan. Dalam waktu dekat juga ingin berkolaborasi dengan teman-teman YouTuber yang juga berkecimpung di dunia tutorial untuk sekedar kumpul atau sharing bareng," tutup Novan.


You can share this post!