Dari <i>Drummer</i> Hingga Sukses Jadi Tutor Gitar
Instagram/novaner11
Selebriti

Dari drummer band, Novan Eka akhirnya sukses jadi YouTuber spesialis tutorial gitar. Lantas, seperti apa jatuh bangun perjalanan Novan bertahan sebagai konten kreator? Simak kisahnya berikut ini!

WowKeren - Ketertarikan Novan di dunia musik sudah ada sejak masih kecil karena darah keturunan dari orang tua. Awalnya, ia tertarik untuk mempelajari drum hingga bergabung dalam sebuah band di bangku SMA. Meskipun sudah aktif sebagai drummer, namun Novan masih tertarik untuk mencoba mempelajari gitar.

"Dari kecil sudah ada ketertarikan soal musik karena ada darah keturunan dari orang tua. Nah, di situ mulai tertarik pada musik. Sebelumnya, tertarik ke drum. Pas SMA, diajak nge-band. Dari situ teman aku menyarankan buat belajar gitar," kenang Novan. "Kesulitan pertama main gitar itu dulu enggak seperti sekarang. Dulu beli buku yang di dalamnya ada lirik, kunci dan penjelasan. Harganya lima ribu. Kalau sekarang sih sudah gampang, ada YouTube dan TikTok."

Tak puas, Novan ternyata juga bisa memainkan alat musik lain seperti gendang hingga piano. Meski demikian, drum dan gitar disebut punya tempat khusus di hatinya. Di kehidupan asli, banyak orang mengenal Novan sebagai drummer dari band metal asal Sukabumi, FORTIOR. Namun di sisi lain, subscribers YouTube mengenalnya sebagai gitaris yang mengajarkan cara bermain gitar lewat tutorial online.

"Banyak alat musik yang bisa dimainkan seperti gendang, piano, keyboard, suling bambu, terus pianika. Paling dominan drum sama gitar. Sekarang aku aktif di band aku sebagai drummer, alirannya metal, namanya FORTIOR. Aktif di daerah Sukabumi, masih merintis lah," sambung Novan. "Baru-baru ini aku upload foto lagi main drum di Instagram. Terus ada yang tanya, 'drummer apa gitaris?'. Terus pernah waktu turun panggung, 'Bang Ner ya? Sudah enggak main gitar lagi?'. Sebenarnya berbeda banget aku di YouTube dengan kehidupanku didunia nyata."

(wk/yoan)

You can share this post!

Rekomendasi Artikel