Pernah Hampir Kehilangan <i>Channel</i> Karena Di-<i>hack</i>
YouTube/NER11
Selebriti

Dari drummer band, Novan Eka akhirnya sukses jadi YouTuber spesialis tutorial gitar. Lantas, seperti apa jatuh bangun perjalanan Novan bertahan sebagai konten kreator? Simak kisahnya berikut ini!

WowKeren - Meski terlihat mulus, perjalanan Novan sebagai kreator YouTube rupanya tak selalu mulus. Pada awal tahun 2022 lalu, saluran YouTube miliknya diketahui di-hack oleh seorang yang tidak bertanggung jawab. Melalui proses yang panjang dan melelahkan, Novan akhirnya bisa bernafas lega setelah channel YouTube-nya bisa kembali.

"Ada link main game di Discord, aku klik dan enggak menyadari bahwa itu scam. Pertama yang di-hack Instagram dan Facebook. Aku pikir YouTube aman, tapi akhirnya kena hack. Akhirnya, aku langsung hubungi temanku yang di KOMINFO. Hampir satu minggu untuk mendapatkan kembali YouTube ini, susah, jangan sampai terulang lagi," kenang Novan. "Dari subscribers sih enggak berkurang, Tapi untuk viewers jadi lebih turun pas sesudah di-hack. Meskipun kalau menurutku itu juga dari algoritma."

Novan mengakui bahwa beberapa kali ia juga pernah merasa down. Namun, semua itu ia tepis setelah membaca banyak komentar positif dari subscribers-nya. "Masih banyak anak-anak yang ingin belajar gitar. Jadi, aku ingin tetap bisa berbagi ilmu sama teman-teman. Terus, komentar-komentarnya juga positif jadi itu yang buat aku bangga dan terus bersemangat membuat konten tentang gitar. Aku juga ingin menginspirasi dan memotivasi orang-orang supaya lebih semangat belajar main gitar," terang Novan.

(wk/yoan)

You can share this post!

Rekomendasi Artikel