Deddy Corbuzier Hingga Refal Hady, 10 Artis Ini Punya Nama Populer yang Beda Jauh dari KTP
Instagram
Selebriti

Nama panggilan seseorang bisa berbeda dari nama lahir yang dimiliki. Begitu juga dengan nama panggung selebriti Tanah Air yang jauh berbeda dari nama asli mereka.

WowKeren - Nama merupakan sebutan yang diberikan kepada seseorang untuk membedakannya dengan orang lain. Oleh sebab itu, setiap orang pasti memiliki nama lahir. Nama lahir ini biasanya diberikan oleh orang tua, meski tak menutup kemungkinan beberapa orang terdekat juga bisa memberikan gagasan mereka untuk itu.

Pilihan kata yang digunakan pun tentu tak sembarangan, melainkan sudah melalui pertimbangan matang. Setiap rangkaian kata dalam nama seseorang pada umumnya akan mengandung arti khusus dan tak jarang juga sebagai bentuk doa orang tua terhadap anak kesayangannya. Oleh sebab itu, tak mengherankan jika nama seseorang pada dasarnya akan berbeda satu sama lain.


Panjang-pendeknya nama juga tak sama antara orang satu dengan yang lain. Sedangkan untuk panggilan sehari-hari, biasanya akan diambil dari salah satu kata dari nama lahir. Bahkan nama panggilan ada kalanya berbeda dengan nama asli. Begitu pula dengan para artis Tanah Air. Mereka pada umumnya memiliki nama panggung yang dikenal secara luas, yang berbeda dari nama aslinya.

Nama panggung mereka biasanya lebih singkat sehingga lebih mudah dihafal oleh khalayak umum. Tak hanya itu, bahkan beberapa ada yang nama panggungnya sangat jauh berbeda dari nama asli.

Untuk itu melalui artikel ini, tim WowKeren ingin mengajak pembaca sekalian untuk melihat artis mana saja yang ternyata memiliki nama berbeda dari nama asli yang tertera di KTP mereka. Siapa saja mereka? Yuk, simak ulasan lengkapnya.

(wk/zodi)

1. Deddy Corbuzier


Deddy Corbuzier
Instagram/mastercorbuzier

Saat mengobrol santai dengan Raffi Ahmad beberapa waktu lalu, Deddy Corbuzier berbicara mengenai nama aslinya. Nama aslinya adalah Deddy Cahyadi. "Enggak...Dedi Cahyadi. Ahmad-nya dapet saat gue jadi muslim," kata Deddy saat menjawab pertanyaan Raffi apakah nama aslinya benar Ahmad Deddy Cahyadi.

Namun, nama asalnya jauh lebih panjang dari itu. Deddy mengungkapkan pada mulanya ia memiliki nama lengkap Deodatus Andreas Deddy Cahyadi Sunjoyo. "Deodatus itu nama permandian terus ada nama penguatan Andreas-nya. Sunjoyo nama bapak gua," kata Deddy. Meski menurutnya nama aslinya terdengar seperti nama toko elektronik, ia tetap menghargai nama itu karena merupakan pemberian dari ayahnya.

2. Refal Hady


Refal Hady
Instagram/refalhady

Siapa sangka jika nama Refal Hady bukan nama asli? Aktor yang dikenal sukses berperan di serial "Wedding Agreement" ini belum lama ini mengungkap fakta di balik namanya. Refal Hady sejatinya merupakan singkatan dari nama lahirnya. "Nama gue sebenarnya Refal Fahlevi Alhady. Refal Hady," katanya.

Adapun keputusan itu dilakukan saat dia mengikuti casting pada tahun 2011. Kala itu, ada banyak sekali nama Reza sehingga dengan saran dari manajer ia pun mengganti namanya. Kini, ia pun telah dikenal dengan nama Refal Hady. "Jadi manajer gua come up with idea, kayak 'Nama loe Refal aja deh'," tuturnya.

3. Anya Geraldine


Anya Geraldine
Instagram/anyageraldine

Anya Geraldine beberapa waktu lalu sempat mengungkap asal-usul nama panggungnya. Ia sendiri terlahir dengan nama Nur Amalina Hayati. Itu merupakan nama dari sang ibunda yang memang menginginkan nama yang islami untuknya. "Mama aku sebenernya islami banget, religius. Nah terus papaku pengen Anya Geraldine," ujarnya.

Namun, saat ibundanya melahirkan, ayahnya tidak hadir sehingga ibunya pun memberi nama yang sebelumnya. Saat kecil, ia sering dipanggil dengan sebutan Anya. "Sekolah dipanggil Anya, sama nenek aku dipanggil Anya. Cuma kalau diabsen tetep Nur," lanjutnya. Dari sinilah nama panggung itu berasal.

4. Keanu Agl


Keanu Agl
Instagram/keanuagl

Selebgram Keanu Agl terkenal dengan gaya bicaranya yang ceplas-ceplos. Mengawali karier sebagai selebgram, Keanu berhasil debut di dunia akting dengan membintangi film "Keramat 2: Caruban Larang". Namun rupanya, nama Keanu yang sekarang populer bukanlah nama aslinya. Hal itu ia katakan saat mengobrol dengan YouTuber Arief Muhammad.

Usut punya usut, nama aslinya sangat jauh berbeda. "Keanu Angelo. Agl itu singkatan Angelo. Nama dari nyokap gue Muhammad Miftahul Huda. Keanu dari nyokap gue juga. Oh Miftahul Huda itu nama dari bokap gue. Nama benaran gitu," katanya. Keanu sendiri diambil dari nama aktor Hollywood favorit ibunda Keanu. "Ya karena nyokap gue ngefans sama Keanu Reeves. Serius," ujarnya.

5. Yuni Shara


Yuni Shara
Instagram/yunishara36

Pada umumnya, seseorang memilih untuk memiliki nama yang lebih simpel sebagai nama panggung. Oleh sebab itu, tak mengherankan jika ada artis yang memiliki nama populer singkat namun nama asli yang dimiliki sebenarnya jauh lebih panjang. Seperti artis Yuni Shara yang memiliki nama asli Wahyu Setyaning Budi.

Hal itu terlihat dari profil di akun Instagram miliknya. Selain itu, dalam suatu kesempatan pernah Raffi Ahmad, pria yang sempat menjalin hubungan dengannya, meminta Kristina untuk menyampaikan salamnya kepada Yuni. Dia menyebut nama aslinya. "Nanti kalau arisan The Ladies nanti titip salam buat Mbak Wahyu Setyaning Budi ya," katanya kepada Kristina.

6. Aura Kasih


Aura Kasih
Instagram/auraurakasih

Terkadang, nama panggung seseorang yang populer di dunia hiburan sama sekali jauh berbeda dengan nama aslinya. Seperti nama asli Aura Kasih yang mungkin akan membuat orang terkejut saat mendengarnya. Aktris kelahiran 28 Februari 1988 ini memiliki nama asli Shahiyanny Febria Wiraatmadja. Cukup panjang, bukan?

Hal itu diketahui dari momen sidang perceraiannya dengan Eryck Amaral beberapa waktu lalu. Selain soal nama, beberapa waktu lalu Aura Kasih sempat mengunggah foto KTP-nya, yang membuat netizen salah fokus karena warna bibirnya yang merah merona. Aura kini menjadi single mom anak satu.

7. Dinda Hauw


Dinda Hauw
Instagram/dindahw

Bagi yang baru pertama kali mendengar namanya, mungkin akan berpikir bahwa Dinda Hauw adalah wanita keturunan Tionghoa. Namun faktanya, Dinda adalah orang asli Indonesia. Cukup mengejutkan, ternyata istri Rey Mbayang ini memiliki nama asli Nyimas Khodidjah Nasthiti Adinda. Ia merupakan seorang aktris keturunan Melayu dan Palembang.

Dinda lahir di Palembang, Sumatera Selatan, pada 14 November 1996. Ia menikah dengan Rey pada tahun 2020 lalu. Rumah tangga mereka terlihat harmonis hingga kini. Namun, belum lama ini Rey terkena isu tak sedap yang menyebut dirinya mirip dengan pemeran dalam video panas. Dinda pun berusaha menguatkan suaminya.

8. Baim Wong


Baim Wong
Instagram/baimwong

Baim Wong merupakan salah satu artis yang paling populer di Tanah Air. Ia kerap membuat konten di YouTube bersama dengan istrinya, Paula Verhoeven. Saat mengobrol santai bersama Raja Dangdut Rhoma Irama beberapa waktu lalu, ia pun mengungkap nama aslinya. Mendengar namanya, Rhoma bahkan sampai kaget.

Rupanya, Baim terlahir dengan nama Muhammad Ibrahim. "Nama lengkapnya itu Muhammad Ibrahim," kata Baim Wong. Ia kemudian menjelaskan bahwa nama Wong sendiri berasal dari nama ayahnya sebelum menjadi mualaf. Sedangkan sejak kecil, ia dipanggil Baim dari namanya Ibrahim sehingga dari situ nama panggungnya menjadi Baim Wong.

9. Donita


Donita
Instagram/donitabhubiy

Nama Donita yang telah populer dikenal di dunia hiburan Tanah Air saat ini rupanya bukan nama asli yang dimiliki oleh sang artis. Donita terlahir dengan nama yang sama sekali berbeda, yakni Noni Annisa Ramadhani. Donita yang telah memutuskan untuk berhijab beberapa tahun lalu sudah berkecimpung di dunia hiburan sejak umur belasan tahun.

Saat awal muncul di dunia akting, Donita telah membintangi banyak judul sinetron seperti "Mak Comblang", "Benci Jadi Cinta", hingga "Bukan Cowok Pilihan". Namanya kian melejit ketika ia membintangi sinetron "Cinta Fitri" bersama dengan Shireen Sungkar, Teuku Wisnu, dan Dinda Kanya Dewi.

10. Tompi


Tompi
Instagram/dr_tompi

Selain dikenal sebagai penyanyi jazz, Tompi juga menggeluti profesi sebagai seorang dokter. Pria kelahiran Aceh 22 September 1978 ini memiliki nama asli Teuku Adifitrian. Selain itu, dia juga turut membentuk personel grup vokal pria Trio Lestari, di mana ia juga menjadi personelnya bersama Sandhy Sondoro dan mendiang Glenn Fredly.

Tompi merupakan lulusan dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Pada tahun 2010 ia berhasil mengantongi gelar spesialis bedah plastik. Selain dikenal sebagai musisi dan dokter, Tompi juga memiliki bakat akting. Ia telah membintangi sejumlah judul film termasuk "Pretty Boys" dan "Selesai".

Nah, itu tadi sederet artis Tanah Air dengan nama yang kita kenal sampai saat ini, rupanya bukan merupakan nama asli. Ada berbagai cerita di balik pemakaian nama itu. Dari sekian nama di atas, mana yang baru kamu ketahui?

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait