Pahami dan Kenali Dulu Kondisi Fisik Pasca Melahirkan
Instagram/myfitdailydose
Health

Sulit kembali ke berat badan ideal adalah masalah yang umum dialami para ibu-ibu muda. Kali ini, Naomi France akan membongkar rahasia sukses turun BB setelah melahirkan. Ini dia selengkapnya!

WowKeren - Langkah pertama yang harus dilakukan sebelum mulai program penurunan berat badan adalah mengenali kondisi terlebih dahulu. Pasalnya, kondisi fisik pasca melahirkan ini akan menentukan langkah yang harus diambil selanjutnya. Kesalahan mengenal kondisi fisik masing-masing bisa berpotensi menghambat proses penyembuhan pasca melahirkan.

"Pertama, pahami dulu kondisi kita. Ada yang lahiran secara pervaginam (normal dan induksi) kedua ada yang caesar. Kalau tidak terjadi robekan yang parah, sebenarnya bisa langsung olahraga. Tapi, ada juga orang yang melahirkan secara pervaginam, 2-3 hari sudah recovery," jelas Naomi pada WowKeren. "Jadi, setiap kondisi tubuh itu berbeda-beda."

Meski jangka waktu berbeda, namun umumnya pemulihan pasca melahirkan berkisar 4-8 minggu. "Kalau mau diambil rata, standarnya 4-8 minggu. Tapi kalau ada komplikasi memang sebaiknya cek dulu ke dokter kapan waktu baiknya untuk mulai olahraga," lanjut Naomi. "Khusus buat ibu-ibu yang melahirkan melalui operasi caesar, bisa dibantu dengan menggunakan korset. Korset ini bukan untuk menurunkan berat badan atau menguruskan perut. Tapi, untuk men-support agar tidak terlalu banyak goncangan (pada bekas jahitan)."

(wk/yoan)

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait