Mulai Lakukan Olahraga-Olahraga Ringan
Instagram/myfitdailydose
Health

Sulit kembali ke berat badan ideal adalah masalah yang umum dialami para ibu-ibu muda. Kali ini, Naomi France akan membongkar rahasia sukses turun BB setelah melahirkan. Ini dia selengkapnya!

WowKeren - Langkah selanjutnya yang dilakukan selain menjaga pola makan adalah mulai berolahraga. Meski demikian, seseorang hendaknya harus memerhatikan kondisi fisiknya saat akan berolahraga. Pada sebagian besar wanita pasca melahirkan, kondisi diastasis recti adalah hal yang tak terhindarkan. Karena itulah, perlu untuk terlebih dahulu mengatasi diastasis recti sebelum memulai olahraga-olahraga lainnya.

"Diastasis recti itu sebenarnya kondisi dimana otot perut ibu secara alamiah akan melebar sesuai dengan besar bayi di dalam kandungan. Kalau ada jeda lebih dari dua ruas jari, maka kondisi itu disebut diastasis recti. Dan memang enggak bisa dihindari," beber Naomi. "Jadi sebaiknya, sebelum mulai olahraga, ibu-ibu sebaiknya memperbaiki dulu kondisi otot perutnya dengan senam nifas atau kegel."

Meski demikian, ada juga beberapa orang yang tidak mengalami diastasis recti setelah melahirkan. Jika seperti itu, mereka bisa langsung mulai dengan olahraga ringan. "Kalau tidak mengalami diastasis recti, bisa langsung olahraga. Yang pasti, harus dimulai dari olahraga yang ringan," ujar Naomi. "Jadi, permasalahannya adalah ketika kita sudah melahirkan, bukan berarti kita enggak bisa olahraga tapi pilih olahraga yang ringan dan membantu memperbaiki otot rectus abdominis. Selain senam nifas, bisa juga dengan jalan kaki atau kardio ringan. Ambil dulu gerakan olahraga yang low impact."

(wk/yoan)

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait