Birthday Spotlight: Happy Beomgyu Day
Twitter/BIGHIT_MUSIC
Selebriti

Beomgyu TXT telah memasuki usia baru pada 13 Maret lalu. Yuk simak ulasan lengkap perjalanan karier salah satu cowok yang menjadi visual andalan K-Pop generasi ke-4 ini.

WowKeren - Beomgyu TXT merayakan ulang tahun ke 22 (perhitungan umur internasional) pada Senin (13/3). Birthday Spotlight kali ini hadir menemani pembaca setia WowKeren untuk mengulas tuntas perjalanan karier idol dengan pesona uniknya ini.

Sejak diperkenalkan, Beomgyu sering kalo menyita atensi publik karena visualnya yang luar biasa. Tampan sejak debut, perubahan penampilannya setiap era TXT sering kali menjadi sorotan karena selalu berhasil menaklukkan setiap gaya.


Meski begitu, Beomgyu bukan sekadar cowok tampan. Pemilik marga Choi dari klan Gyeongju ini juga berbakat dalam hal menguasai panggung hingga menulis lagu. Dari sisi kepribadian Beomgyu juga dicintai karena imejnya yang riang sekaligus usil.

Tanpa menunggu lama, yuk simak perjalanan karier Beomgyu sejak sebelum debut hingga menjadi member salah satu boy grup K-Pop generasi ke-4 tersukses.

(wk/inta)

1. Pra Debut


Pra Debut

Choi Beomgyu dilahirkan di Daegu pada 13 Maret 2001. Sebagai anak bungsu, Beomgyu tumbuh di tengah keluarganya yang terdiri dari ayah, ibu dan satu kakak laki-laki. Tempat tinggal keluarga Beomgyu di Daegu dekat dengan Suga BTS.

Saat berusia 14 tahun, Beomgyu menderita flu babi dan harus dikarantina. Kala itu, Beomgyu remaja membuat aturan agar keluarganya menjaga diri agar tidak tertular seperti meminta mereka mencuci tangan sebelum dan sesudah masuk kamarnya hingga memakai masker.

Sejak muda Beomgyu sudah akrab dengan musik, terdapat video dirinya bermain piano dengan kakak laki-lakinya. Semasa SMP, ia menjadi gitaris band di sekolah dan masuk ke dalam jajaran siswa populer.

Sebelum menjadi trainee selama 2 tahun, Beomgyu direkrut oleh staf BigHit saat masih tinggal di Daegu. Karena persiapan debut dan berbagai alasan, ia mempersiapkan sekolah terlambat daripada anak-anak seusianya. Selama menjadi siswa Hanlim, tidak ada yang tahu Beomgyu akan debut bersama TXT sebelum benar-benar resmi diumumkan agensi.

2. Debut


Debut

Beomgyu menjadi member TXT kelima sekaligus terakhir yang diperkenalkan BigHit Music. Mereka merilis EP pertama bertajuk "The Dream Chapter: Star" pada 4 Maret 2019 sedangkan showcase diadakan sehari setelahnya.

MV debut TXT "Crown" mendulang 14,5 juta kali putar kurang dari 24 jam setelah dirilis. Menjadikannya MV debut boy grup dengan paling banyak penonton selama 24 jam. Bahkan lagu ini juga berhasil menembus chart Billboard.

TXT meraih kemenangan pertama dengan "Crown" di SBS MTV "The Show" hanya seminggu setelah debut. Tak sampai di sana saja, mereka juga membawa pulang piala dari acara musik lain seperti Mnet "M! Countdown" dan MBC "Show Champion". Hanya beberapa bulan sejak debut, TXT mengadakan tur dunia pertama pada Mei 2019.

Kesuksesan debut TXT membuat mereka mendapatkan penghargaan rookie dari berbagai ajang. Boy grup ini sukses dalam berbagai acara penghargaan antara lain, Asia Artist Awards, Melon Music Awards, Mnet Asian Music Award, Golden Disc Awards, Gaon Chart Music Awards dan Seoul Music Awards.

3. Puncak Karier


Puncak Karier

Seiring berjalannya waktu, karier Beomgyu sebagai member TXT terus menanjak. Boy grup ini setidaknya telah merilis 3 album studio, 6 EP, 22 single dan 32 MV sepanjang kariernya. Hingga tur dunia "Act: Love Sick" digelar setelah pandemi COVID-19.

Pada 2020, EP kedua TXT "The Dream Chapter: Eternity" meraih sertifikasi pertama sejak debut. Korea Music Content Association (KMCA) memberikan sertifikasi platinum untuk penjualan album ini. TXT terus mencetak rekor penjualan yang selalu meningkat setiap comebacknya.

Sepanjang 2022, TXT menunjukkan potensinya sebagai boy grup K-Pop generasi ke-4 terbesar. Beomgyu sempat tampil di festival musik Lollapalooza di Los Angeles, Summer Sonic Festival dan mengisi acara pergatian tahun "Dick Clark's New Year's Rockin' Eve' dari Disneyland.

EP ke-5 sekaligus yang terbaru, "The Name Chapter: TEMPTATION" telah mencetak berbagai rekor untuk TXT. Album ini terjual total lebih dari 2,6 juta copy di Korea, 209 ribu di Jepang dan 259 ribu di Amerika Serikat. MV "Sugar Rush Ride" yang merupakan title track juga paling cepat meraih 100 juta kali penayangan dalam kurun waktu 37 hari 23 jam sejak dirilis. Sebelumnya, mereka membutuhkan 211 hari dengan "Blue Hour" pada tahun 2021.

TXT digemari karena konsepnya yang segar dan teori yang menarik menyertai setiap MV mereka. Beomgyu sendiri telah berpartisipasi dalam MV TXT seperti "Crown", "Cat & Dog", "9 and Three Quarters (Run Away)", "Can't You See Me?", "Blue Hour", "0x1=Lovesong (I Know I Love You)", "Loser=Lover", "Good Boy Gone Bad", dan "Sugar Rush Ride".

4. Aktivitas Solo


Aktivitas Solo

Selain dengan TXT, Beomgyu belum banyak terlibat aktivitas solo yang berhubungan dengan musik. Selama ini, ia sempat muncul dalam variety show dan menjadi DJ sebuah acara siaran radio.

Meski belum debut solo, Beomgyu sudah memperlihatkan kemampuan bermusiknya dengan ikut menulis dan menyusun lagu-lagu untuk grupnya. Salah satu lagu yang ditulis, digubah dan diaransemen oleh Beomgyu adalah "Thursday's Child Has Far To Go". Ia juga ikut mengerjakan "Maze in the Mirror", "No Rules", "What if I had been that PUMA", "MOA DIary (Dubaddu Wari Wari)", hingga "Happy Fools".

Pada 2021 lalu, Beomgyu bergabung dengan Young K Day6 sebagai DJ tamu KBS Cool FM "Kiss The Radio". Kala itu, Beomgyu menggantikan Jamie untuk sementara waktu.

Selain itu, Beomgyu juga muncul dalam variety show "Bistro Shigor" sebagai pelayan. Ketika menjadi pelayan restoran itu, Beomgyu dikenali oleh pelanggan karena penampilannya menonjol dengan rambut panjang.

5. Kontroversi


Kontroversi

Sejak debut, Beomgyu belum pernah tersandung kontroversi besar. Namun beberapa waktu lalu, sang idol mendapatkan reaksi pro dan kontra karena mengomentari porsi makan member TXT hingga dituduh fat-phobic oleh netizen.

Saat TXT tampil di KBS "Idol Human Theater" dan melakukan skit perayaan tahun baru di rumah nenek, Beomgyu memberikan jawaban yang dinilai menyinggung ketika ditanya soal porsi makan para member lain. Pasalnya, ia menyebutkan separuh member TXT punya porsi makan bak babi.

"Tidak, tidak. Separuh dari kami adalah pemakan kecil dan (separuh lainnya)... pemakan besar? Bagaimana kamu menyebutnya? Babi! Setengah lainnya adalah babi," kata Beomgyu.

Ketika tangkapan layar dari klip Beomgyu berkomentar dibagikan ke media sosial, netizen yang kebanyakan fans internasional memberikan komentar kesal. Mereka menganggap komentar Beomgyu mengandung unsur "fatphobic" dan menyinggung member lain.

Di sisi lain, netizen Korea tidak mempermasalahkan frasa yang dipakai Beomgyu. Banyak orang Korea menganggap ucapan Beomgyu tidak punya konotasi negatif, karena orang makan banyak disebut "babi" yang merupakan julukan biasa di sana. Mereka juga menduga bahwa idol itu lupa jika ada istilah "pemakan besar" lalu menggunakan "babi" sebagai penggantinya.

6. Proyek Masa Depan


Proyek Masa Depan

Beomgyu bersama TXT sedang mempersiapkan tur dunia "ACT: SWEET MIRAGE" yang akan terdiri dari 13 pertunjukan. Mereka bakal memulai tur dunia kali ini di Seoul, Korea Selatan pada 25 Maret mendatang.

Setelah itu, TXT akan tampil di sejumlah negara di Asia seperti Singapura, Taiwan dan Jepang sepanjang April 2023. Di Jepang sendiri, mereka rencananya mengunjungi empat kota yakni Osaka, Saitama, Kanagawa dan Aichi.

Pada kloter pertama "ACT: SWEET MIRAGE", TXT bakal menggelar pertunjukan di enam kota di Amerika Serikat. Nantinya, mereka akan menambahkan kota-kota lain ke dalam daftar tur.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru