Choi Hyun Suk TREASURE dan 9 Idol Ini Pernah Dituding Lakukan Perampasan Budaya
Selebriti

Terkadang ada garis tipis antara apresiasi budaya dan perampasan budaya. Choi Hyun Suk TREASURE dan deretan idol ini pernah dituding melakukan perampasan budaya.

WowKeren - Choi Hyun Suk TREASURE ramai dituding telah melakukan perampasan budaya milik ras kulit hitam karena penampilannya di acara Mnet Asian Music Awards (MAMA) 2023. Ia diduga menggunakan gaya rambut box braids di red carpet. Hyun Suk terlihat tampan memakai beanie saat itu.

Kemudian, saat naik ke atas panggung, gaya rambut Hyun Suk terlihat sepenuhnya. Tak hanya box braids, Hyun Suk juga dinilai menampilkan gaya rambut twin cornrows untuk bagian belakang kepalanya. Gaya rambut ini menuai kontroversi bahkan Hyun Suk diminta untuk belajar lebih banyak agar bisa lebih menghormati budaya orang lain.

Terkadang ada garis tipis antara apresiasi budaya dan perampasan budaya. Beberapa idol pernah terbelenggu dalam kontroversi ini. Berikut daftarnya:

(wk/rosi)

1. Choi Hyun Suk TREASURE


Choi Hyun Suk TREASURE
Twitter

Penampilan Choi Hyun Suk TREASURE menjadi salah satu yang mencolok di MAMA 2023. Outfitnya tampak swag dan terjadi namun gaya rambutnya jadi kontroversi. Hyun Suk diduga menggunakan gaya rambut box braids yang biasa digunakan oleh orang-orang ras kulit hitam. Idol besutan YG ini juga dinilai menampilkan gaya rambut twin cornrows untuk bagian belakang kepalanya.

2. Jennie BLACKPINK


Jennie BLACKPINK

Saat membintangi "The Idol", Jennie BLACKPINK juga menuai perhatian arena gaya rambut. Pelantun "Solo" itu terlihat menata rambutnya dengan gaya locs (juga dikenal sebagai gimbal). Style ini dikenal sering digunakan oleh orang kulit hitam dan berakar pada sejarah dan budaya mereka.  Karena hal ini, Jennie dikritik telah melakukan perampasan budaya.

3. Ruka dan Chiquita BABYMONSTER 


Ruka dan Chiquita BABYMONSTER 
YouTube

BABYMONSTER telah resmi debut dengan MV "Better Up" yang dirilis pada Senin (27/11). Penampilan mereka menuai reaksi yang hangat, tapi gaya Ruka dan Chiquita menuai kontroversi. Dalam MV, Ruka diduga memakai penutup kepala durag yang merupakan penutup kepala yang dikenakan secara tradisional oleh ras kulit hitam.

Sementara Chiquita memicu kontroversi karena mengenakan gaya rambut box braids warna kuning cerah.  di bagian chorus menjelang klimaks lagu. Atas hal ini, keduanya dituding telah merampas budaya milik orang lain.

4. J-Hope BTS


J-Hope BTS

“Chicken Noodle Soup”, sebuah lagu baru dari J-Hope BTS dan Becky G, mendapatkan banyak cinta dari para penggemar, namun video musiknya telah menimbulkan beberapa kekhawatiran tentang perampasan budaya. Ia menata rambutnya menyerupai dreadlocks. Beberapa penggemar membela J-Hope dengan menunjukkan bahwa rambutnya diberi gel, tidak ditata menjadi rambut gimbal yang sebenarnya.

5. Giselle aespa


 Giselle aespa

aespa melakukan tantangan dance "Jiggle Jiggle" saat di "Showcase SYNK in LA". Giselle menambahkan sentuhannya sendiri yang berbeda dengan koreografi aslinya. Tak sedikit yang mengira ia menampilkan tarian dari budaya India.

Giselle dituding sedang mengejek Desi (juga dikenal sebagai Deshi), masyarakat, budaya, dan produk anak benua India serta diaspora mereka. Pasalnya setelah melakukan gerakan tersebut, pemilik nama Aeri Uchinaga ini mulai tertawa.

6. YooA dan Mimi OH MY GIRL


YooA dan Mimi OH MY GIRL

Dalam penampilan panggung spesial di KCON:TACT 2020 SUMMER pada 2020, YooA dan Mimi OH MY GIRL dituding melakukan pearmpasan budaya. YooA terlihat mengenakan permata di tengah dahinya, yang diduga adalah variasi dari Bindi yang merupakan bagian dari budaya Hindu.

Sementara Mimi dituduh melakukan perampasan budaya karena mengenakan perhiasan di kepalanya yang disebut Matha Patti. Ini adalah rantai berhias yang dikenakan di sepanjang garis rambut yang biasanya dikenakan oleh pengantin wanita India.

7. Jake ENHYPEN


Jake ENHYPEN

Penampilan Jake ENHYPEN di "Inkigayo" sempat menuai kontroversi. Pasalnya ia memakai kalung bertuliskan nama Allah, Tuhan orang Islam. Karena Jake bukan Muslim, penggemar percaya bahwa stylist tidak pantas memasukkan perhiasan ini sebagai bagian dari penampilannya. Bagi umat Islam, “Allah” adalah kata suci, bukan aksesori. Stylist sang idol ramai menuai kritik akan hal ini.

8. Lisa BLACKPINK


Lisa BLACKPINK

Dalam video musik "Kill This Love", Lisa BLACKPINK juga menuai kritikan karena gaya rambutnya. Ia memakai kepangan box braid berwarna silver. Dui MX "Money", idol asal Thailand ini juga menuai kontroversi yang sama. Ia mengenakan model rambut kepang box braids merah dengan model kuncir ekor kuda. Lisa dikabarkan sempat mengungkapkan penyesalan serta permintaan maafnya.  Tak ada niat buruk, ia berpikir gaya rambut tersebut sangat keren. 

9. G-Dragon BIGBANG


G-Dragon BIGBANG

G-Dragon dikenal sebagai salah satu trendsetter. Gayanya yang nyentrik kerap mencuri perhatian. Namun di sisi lain, ia pernah menuai kontroversi karena dinilai melakukan perampasan budaya. Pada tahun 2013, leader BIG BANG ini mengunggah foto wajahnya yang dilumuri cat hitam dan dituding melakukan rasisme. G-Dragon juga pernah memakai gaya rambut dreadlocks.

10. Hyunjin dan Vivi LOONA


Hyunjin dan Vivi LOONA

Teaser single “PTT (Paint the Town)” LOONA sempat menjadi subyek perdebatan apresiasi vs apropriasi. Beberapa penggemar merasa bahwa dua hiasan kepala dari teaser “&3” sesuai dengan budaya India. Apalagi yang dipakai oleh Hyunjin serta Vivi.

Hiasan kepala ini mirip dengan dua perhiasan tradisional maang tikka dan matha patti. Terlebih letaknya terlihat sangat mirip. Kedua hiasan kepala tersebut memiliki ikatan dengan tradisi pengantin India dan agama Hindu.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru