Manfaat Bawang Merah untuk Atasi 6 Jenis Kanker Berbahaya Ini
Health

Kandungan dalam bawang merah terbukti lebih ampuh tiga kali lipat untuk membunuh sel kanker daripada jenis bawang lainnya seperti bawang putih maupun bawang bombay.

WowKeren - Banyak mengonsumsi jenis buah dan sayuran sudah lama dipercaya mampu mengurangi risiko terjangkit beberapa penyakit. Banyak penelitian juga mengungkapkan bahwa rajin mengonsumsi sayuran, khususnya bawang merah mampu menurunkan risiko terkena berbagai penyakit berbahaya dan mematikan, khususnya kanker.

Bawang merah telah lama dikonsumsi sebagai makanan sejak ribuan tahun yang lalu. Bawang merah memiliki banyak manfaat di antaranya untuk mengurangi risiko terkena obesitas, penyakit jantung dan bahkan kanker.

Bawang merah kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan. Kandungan lain dalam bawang merah juga sudah diteliti ampuh membunuh sel-sel kanker tiga kali lebih baik daripada jenis bawang lain.


Bawang merah juga banyak mengandung quercetin dan antosianin yang berfungsi untuk menghancurkan radikal bebas. Dengan mengonsumsi bawang merah secara mentah, kamu bisa terhindar dari berbagai penyakit kanker berbahaya yang bisa saja mengintaimu.

Beberapa kandungan lain dalam bawang merah seperti Allyl Disuphide dipercaya ampuh menangatasi kerusakan sel akibat radikal bebas. Di sisi lain, kandungan Anthocyanin dalam bawang merah juga sama ampuhnya dengan quercetin yang juga terkandung dalam bawang merah untuk menangkal radikal bebas.

Masih belum cukup, bawang merah pun mengandung flavanoid yang efektif dalam melawan kanker usus besar dan kanker payudara. Sementara itu, Vitamin C dan juga Mineral Selenium dalam bawang merah juga mampu turut serta dalam menurunkan risiko terkena kanker.

Lantas, kanker apa saja yang sudah terbukti mampu diatasi dengan mengonsumsi bawang merah? Ini dia ulasannya.

(wk/silm)

1. Bawang Merah untuk Mengatasi Kanker Usus Besar


Bawang Merah untuk Mengatasi Kanker Usus Besar

Kanker usus besar menjadi salah satu jenis kanker yang mematikan. Tanda-tanda awal terjangkit kanker jenis ini adalah adanya darah pada feses, menurunnya berat bada, tubuh sering merasa lelah, dan perut kembung serta terasa nyeri di bagian perut.

Tidak semua gejala tersebut dialami para penderita kanker usus. Namun, sebagian besar dari mereka merasakan gejala nyeri dan kram di bagian perut. Oleh karena itu, waspadalah jika mengalami hal yang sama.

Berbagai pengobatan kanker usus besar mulai bermunculan. Akan tetapi, ada satu cara alami yang mampu mengatasinya, yakni dengan cara mengonsumsi bawang merah.

Sebuah penelitian di Journal of Food Research International mengemukakan bahwa bawang merah mengandung zat quercetin yang amat tinggi.

Zat tersebut dipercaya mampu mengurangi inflamasi dan berfungsi menyembuhkan alergi. Tim tersebut juga telah menguji beberapa jenis bawang merah. Ketika sel-sel usus besar dan kanker payudara melakukan kontak langsung dengan zat quercetin dalam bawang tersebut, sel-sel kanker secara ampuh mampu dibunuh.

Asupan serat yang tinggi dalam bawang merah juga bisa membantu mengatasi serangan kanker usus besar. Mengonsumsi lebih dari 7 porsi bawang merah per minggu dipercaya bisa membantu menurunkan kanker usus besar.

2. Bawang Merah Sembuhkan Kanker Prostat


Bawang Merah Sembuhkan Kanker Prostat

Kanker prostat muncul akibat pertumbuhan sel-sel yang tidak terkendali dalam kelenjar prostat. Prostat sendiri merupakan sebuah kelenjar kecil di bagian pinggul pria yang termasuk dalam salah satu sistem reproduksi.

Beberapa gejala kanker prostat tidak muncul pada tahap awal. Namun, beberapa tanda seperti lebih sering buang air, ada darh dalam urin ataupun merasa nyeri atau panas pada penis saat buang air bisa menjadi gejala kanker prostat.

Jika masih dalam tahap awal, kanker prostat masih sangat mungkin disembuhkan. Salah satu cara untuk mengatasi kanker ini adalah dengan jalan melakukan operasi pengangkatan prostat dan radioterapi.

Akan tetapi, pengobatan dengan cara alami seperti mengonsumsi bawang merah juga bisa menjadi solusinya. Bawang merah mengandung banyak zat bermanfaat yang dapat membunuh sel-sel kanker, khususnya pada kanker prostat.

Bawang merah mengandung organosulphur. Senyawa tersebut merupakan senyawa sulfur yang dipercaya efektif mengatasi penyebab kanker prostat dan juga kanker lambung. Dilansir dari Intisari, senyawa tersebut bisa menciptakan lapisan pelindung saat tubuh berperang melawan kanker di kelenjar prostat dan perut.

3. Bawang Merah untuk Penderita Leukimia


Bawang Merah untuk Penderita Leukimia

Penyakit leukimia atau kanker darah bisa menjangkit siapa saja. Selain karena faktor keturunan, leukimia juga bisa muncul lantaran terkena paparan radiasi tinggi dan bahkan muncul karena kebiasaan merokok.

Selain itu, faktor radikal bebas juga ditengarai mampu membuat seseorang terjangkit penyakit kanker. Namun, radikal bebas tersebut terbukti ampuh ditangkal oleh bawang merah.

Bawang merah mengandung zat antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas, juga untuk mengatasi leukimia. Zat antioksidan dalam bawang merah, yakni quercetin dipercaya mampu menghambat pertumbuhan sel kanker yang menyerang tubuh manusia.

4. Bawang Merah Mampu Mengobati Kanker Perut


Bawang Merah Mampu Mengobati Kanker Perut

Beberapa gejala bisa timbul lantaran terjangkit kanker perut. Jika kamu mengalami tanda-tanda seperti perut yang membengkak, berat badan menurun, muntah darah, buang air besar berdarah, dan lelah yang berlebihan, kamu patut berhati-hati. Tanda-tanda tersebut bisa saja menunjukkan bahwa kamu sedang terjangkit kanker perut.

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa mengonsumsi jenis sayuran bawang-bawanganan, terutama bawang merah mampu mengurangi risiko terkena kanker perut. Beberapa laporan juga menyebutkan bahwa kandungan senyawa dalam tumbuhan jenis bawang-bawangan mampu menghambat pertumuhan tumor yang bisa berkembang menjadi sel kanker.

5. Kandungan Baik dalam Bawang Merah untuk Mengatasi Kanker Payudara


Kandungan Baik dalam Bawang Merah untuk Mengatasi Kanker Payudara

Senyawa quersetin yang terkandung dalam bawang merah mampu mengatasi pertumbuhan berbagai sel kanker, khususnya kanker payudara. Senyawa tersebut bisa ditemukan pada buah dan sayuran lain, seperti apel, brokolo dan juga bayam. Namun, kandungannya tak sebanyak yang ada di dalam bawang merah.

Sebuah penelitian yang dilakukan mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya menyebutkan bahwa senyawa quersetin mampu menginduksi apoptosis dan menghambat sel kanker payudara. Senyawa tersebut juga mampu meningkatkan efikasi cisplatin yang menjadi salah satu obat kanker, khususnya kanker payudara.

6. Bawang Merah untuk Mengatasi Kanker Ovarium


Bawang Merah untuk Mengatasi Kanker Ovarium

Sama halnya dengan kanker payudara, senyawa quersetin dalam bawang merah diyakini ampuh membunuh sel kanker ovarium. Sebuah penelitian dari Kumamoto University di Jepang mengungkapkan bawa epitel kanker ovarium (EOC) merupakan jenis yang paling umum dari kanker ovarium.

Para peneliti kemudian melakukan penyelidikan lebih lanjut terhadap senyawa onionin A atau ONA yang terkandung dalam bawang merah. Senyawa tersebut dipercaya ampuh memperlambat pertumbuhan epitel kanker ovarium.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait