Ini 9 Menu Sarapan yang Justru Membuat Tubuh Gemuk
istock
Kuliner

Segera hindari, beberapa makanan yang tidak baik untuk sarapan ini mengandung bahan-bahan yang akan membuat berat badanmu semakin bertambah.

WowKeren - Waktu sarapan bisa dibilang menjadi waktu sakral untuk aktivitas kita seharian. Melewatkan sarapan banyak disebut-sebut akan berpengaruh besar terhadap kebugaran tubuh.

Bukan hanya itu saja, melewatkan sarapan, menurut beberapa penelitian, juga akan mengganggu berat badanmu. Berdasarkan penelitian yang dimuat dalam American Journal of Epidemiology pada tahun 2003, melewatkan sarapan akan cenderung membuat pelakunya lebih cepat gemuk 4,5 kali lipat.


Akan tetapi, semuanya tidak berhenti sampai di sana. Menu makanan sarapan pun, jika tidak diatur dengan baik justru akan membuat tubuhmu lebih gemuk.

Tanpa sadar, menu makan sarapan yang sembarangan banyak dipilih sebagian orang tanpa pikir panjang. Mereka menyangka hanya dengan melakukan sarapan, mereka sudah terhindar dari kenaikan berat badan. Namun, ada menu-menu sarapan yang justru harus dihindari dimakan untuk sarapan. Apa saja?

(wk/silm)

1. Terlalu Banyak Konsumsi Sodium untuk Sarapan Bisa Buat Tubuh Gemuk


Terlalu Banyak Konsumsi Sodium untuk Sarapan Bisa Buat Tubuh Gemuk

Dari beberapa pilihan menu sarapan, kita mungkin akan terpikirkan mengonsumsi beberapa menu yang sederhana. Makanan seperti hash brown hingga telur bisa menjadi pilihannya. Namun, kamu harus mulai memperhatikan menu sarapan tersebut jika tidak ingin semakin bertambah gemuk.

Berdasarkan keterangan Lisa Hayim, pendiri The Well Necessities, makanan-makanan tersebut mengandung banyak garam. Garam sendiri merupakan sumber sodium yang akan menahan kandungan air di dalam tubuh.

Sebagai akibatnya, kamu mungkin akan mengalami rasa kembung. Selain itu, air yang tertahan dalam tubuh tentu saja akan meningkatkan berat badanmu.

2. Sarapan dengan Makanan Sisa Semalam


Sarapan dengan Makanan Sisa Semalam

Siapa yang malas masak di pagi hari untuk sarapan? Kamu akhirnya memutuskan untuk mengonsumsi makanan sisa semalam? Hmm... hati-hati ya, kebiasaan sarapan dengan makanan sisa semalam, bukan hanya membuat tubuh menjadi semakin gemuk juga berbahaya untuk kesehatan.

Lemak, gula, dan garam dari makanan-makanan sisa semalam bisa membuatmu kembung, merasa lebih lelah, dan juga kadar gula yang tidak stabil. Jika hal itu terus terjadi padamu, bukan tidak mungkin berat badanmu justru semakin tidak terkontrol.

3. Sarapan dengan Oats Instan yang Ditambah Berbagai Topping Justru Tak Baik


Sarapan dengan Oats Instan yang Ditambah Berbagai Topping Justru Tak Baik

Beberapa orang mungkin memilih oats instan untuk dijadikan menu sarapan. Namun, oats saja mungkin akan terasa tidak terlalu enak. Beberapa orang akan menambahkan beberapa topping seperti gula cokelat atau yang lebih sehat seperti apel dan kayu manis. Sayangnya, semua itu hanya akan merusak kebaikan oats dan ya, menambah berat badanmu.

Oats instan dengan berbagai rasa sendiri sudah mengandung 20 gram gula tambahan. Hal itu akan membuatmu ingin mengonsumsi makanan-makanan manis sepanjang hari. Akibatnya, asupan gula menjadi tidak terkontrol dan tubuhmu malah justru semakin gemuk.

Daripada makan oats instan berbagai rasa, kamu sebaiknya membuat oatsmu sendiri. Tambahkan buah-buahan alami dan kontrol beberapa topping sirup pilihanmu.

4. Hanya Makan Buah untuk Sarapan Justru Membuatmu Semakin Gemuk


Hanya Makan Buah untuk Sarapan Justru Membuatmu Semakin Gemuk

Buah mengandung banyak vitamin, mineral, serat dan bahkan karbohidrat. Namun, kandungan tersebut tidak lantas menjadikan buah sebagai makanan satu-satunya yang dikonsumsi untuk sarapan.

Sarapan yang baik harusnya mengandung kombinasi dari karbohidrat, protein, serat, lemak, vitamin, dan mineral. Jika kamu hanya makan buah untuk sarapan, kadar gula darahmu bisa menurun dan itu tentu saja tidak baik.

Selain itu, memilih hanya makan buah untuk sarapan juga bisa membuatmu menambah berat badan. Hal itu terjadi karena tubuhmu tidak mendapatkan asupan nutrisi yang cukup pada saat memulai hari. Akibatnya, kamu justru akan makan secara berlebih.

5. Sarapan dengan Kacang-Kacangan Bisa Menambah Berat Badan


Sarapan dengan Kacang-Kacangan Bisa Menambah Berat Badan

Sarapan dengan jenis kacang-kacangan seperti kacang kenari misalnya, merupakan pilihan yang buruk. Ya, meskipun kacang-kacangan mengandung vitamin, mineral, dan bahkan lemak yang baik, tapi makanan tersebut tidak mengandung karbohidrat.

Otak dan ototmu membutuhkan makanan-makanan yang mengandung karbohidrat untuk memulai hari sekaligus sebagai bahan bakar. Tanpa karbohidrat, kamu akan merasa lelah sepanjang hari. Kamu mungkin juga akan menginginkan makanan-makanan yang banyak mengandung gula dan tentu saja akan membuat berat badanmu semakin naik.

6. Sparkling Water Bisa Merusak Gigi dan Buat Tubuh Menjadi Gemuk


Sparkling Water Bisa Merusak Gigi dan Buat Tubuh Menjadi Gemuk

Sparkling water menjadi pilihan bagi beberapa orang yang tidak menyukai air putih biasa. Menjadikannya sebagai menu sarapan juga dipilih sebagain orang untuk ditambahkan dengan ekstrak buah-buahan. Namun, meski diklaim lebih sehat daripada soda, sparkling water tetap mempunyai beberapa hal yang merugikan. Selain bisa merusak gigi, sparkling water juga bisa membuat berat badanmu naik.

Sparkling water merupakan minuman berkarbonasi yang bisa membuatmu semakin gemuk, meski tidak mengandung kalori. Penelitian menunjukkan bahwa karbon dioksida dalam minuman ini bisa memicu rasa lapar yang berlebihan. Akibatnya, kamu jadi ingin makan berlebih.

Orang-orang yang memilih sarapan dengan sparkling water memiliki kadar ghrelin enam kali lebih banyak daripada yang memilih minum air putih biasa. Selain itu, minuman diet nol kalori yang justru akan membuatmu gemuk juga ditemukan mengacaukan bakteri-bakteri yang ada dalam usus.

7. Tak Ingin Tambah Gemuk? Hindari Sarapan dengan Makanan Cepat Saji


Tak Ingin Tambah Gemuk? Hindari Sarapan dengan Makanan Cepat Saji

Kalori melimpah pada makanan cepat saji juga berlaku pada menu sarapan mereka. Kamu yang memilih makan sarapan cepat saji akan medapatkan 300 kalori ekstra daripada sarapan yang kamu masak sendiri di rumah.

Selain itu, makanan cepat saji juga mengandung banyak garam yang akan membuatmu merasa kembung. Selain perasaan tidak nyaman, kamu juga akan berkeinginan untuk makan lebih banyak di siang hari.

8. Topping Buah Kering untuk Oatmeal Bukan Pilihan Sarapan yang Baik


Topping Buah Kering untuk Oatmeal Bukan Pilihan Sarapan yang Baik

Buah kering sering dijadikan tambahan topping untuk sarapan oatmeal. Namun, ternyata pilihan tersebut bukanlah pilihan yang baik.

Buah kering mengandung fruktosa yang semakin terkonsentrasi saat dikeringkan. Banyak buah kering instan juga mengandung tambahan gula sebagai pengawetnya. Gak ini akan berdampak besar pada pertambahan berat badanmu.

9. Selai Kacang untuk Sarapan Bisa Menambah Berat Badan


Selai Kacang untuk Sarapan Bisa Menambah Berat Badan

Menjadikan selai kacang sebagai pilihan sarapan sebenarnya tidak cukup buruk. Namun, pemilihannya harus diperhatikan. Selai kacang olahan yang tidak alami justru akan membuat berat badanmu semakin bertambah.

Selain kacang yang diproses dengan tambahan gula dan minyak akan merusak kandungan sehatnya. Selai kacang yang rendah lemak pun biasanya akan menggunakan tambahan gula untuk menggantikan lemak alami yang hilang saat pemrosesan. Untuk itu, pastikan kamu sarapan menggunakan selai kacang alami yang tidak akan membuat berat badanmu semakin bertambah, ya.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait