6 Pantai di Aceh yang Masih Sepi dan Sayang untuk Dilewatkan
Travel

6 pantai ini di Aceh ini bakal cocok banget buat kalian yang ingin melepas penat saat berlibur.

WowKeren - Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki pesona alam luar biasa. Wisatawan asing mungkin hanya mengenal Bali sebagai ikon wisata Tanah Air. Pasalnya, keindahan alam dan budaya Pulau Dewata memang sangat menarik perhatian. Apalagi beberapa pantai di Bali yang masih sepi dan jarang dikunjungi.

Namun, Aceh pun tak kalah indah dari Bali, lho. Provinsi satu ini juga memiliki pesona keindahan alam yang luar biasa. Mulai dari pantai, air terjun, pemain dian air panas, pulau terpencil dan masih banyak lagi.

Berikut 6 pantai di Aceh yang masih sepi dan terjaga oleh alam. Pantai tersebut bakal cocok banget buat masuk daftar wisata kalian berikutnya. Simak ulasannya di bawah ini, ya.

(wk/nris)

1. Bekunjung ke Pulau Palambak di Aceh


Bekunjung ke Pulau Palambak di Aceh

Bagi kalian yang ingin menikmati keindahan pantai dengan suasana sepi, sepertinya Pulau Palambak bisa jadi pilihan yang tepat. Pulau ini terletak di Kabupaten Aceh Singkil dan menjadi bagian dari gugusan Kepulauan Banyak.

Pulau Palambak memiliki keindahan yang sangat sayang untuk dilewatkan. Pasir putihnya, air laut yang jernih, pepohonan rindang, semilir angin menyejukkan bakal memanjakan kalian. Apalagi wisata ini masih tergolong sepi lantara lokasinya yang agak jauh.

Eits, tak perlu khawatir, Pulau Palambak sudah menyediakan cottage untuk disewa, kok. Sekitar 10 pondok dengan nuansa tradisional siap digunakan dengan harga sekitar 250 ribu per malam. Jadi kalian dapat menikmati keindahannya lebih lama lagi. Atau kalian bisa membawa tenda sendiri jika ingin menghemat biaya.

Tak hanya panorama yang indah, wisatawan dapat melakukan berbagai aktivitas air di Pulau Palambak. Kalian bisa berenang, bermain kayak, snorkeling dan masih banyak lagi. Selain itu, kalian dapat menjelajah ke beberapa pulau kecil di area Pulau Palambak.

2. Indahnya Pesona Pantai Teluk Jantang


Indahnya Pesona Pantai Teluk Jantang

Lokasi wisata di Aceh selanjutnya adalah Pantai Teluk Jantang. Pantai yang indah ini juga masih jarang banget dikunjungi oleh wisatawan. Padahal pemandangan pantai yang dikelilingi bukit dan pegunungan hijau membuat paduan yang harmonis.

Pantai Teluk Jantang terletak di Desa Jantang, Kecamatan Lhoong, Aceh Besar. Untuk menuju lokasi ini, kalian harus menempuh perjalanan kira-kira satu jam dari Banda Aceh. Untuk menemukan lokasi ini tidak sulit lantaran terdapat papan petunjuk terpasang di depan pintu masuk ke arah pantai.

Sebelum menikmati Pantai Teluk Jantang, kalian harus berjalan kaki terlebih dahulu sekityar 100 meter. Selain itu, ada jalur alternatif berupa sebuah tebing atau bukit yang menghabiskan waktu hanya 5 menit saja. Rute ini jadi yang paling favorit untuk ditempuh wisatawan. Namun, kalian harus berhati-hati saat melewatinya.

Pantai pasir putih yang membentang dihiasi batu-batu besar di pinggiran tebing akan membuat kalian terpukau sesaat setelah sampai di Pantai Teluk Jantang. Ombak di pantai ini terbilang cukup besar, jadi kalian tidak dapat berenang sembarangan. Kegiatan air seperti berenang dan snorkeling hanya diizinkan saat ombak tidak terlalu besar.

3. Mencari Ketenangan di Pantai Kuala Merisi


Mencari Ketenangan di Pantai Kuala Merisi

Pantai Kuala Merisi dikenal sebagai lokasi wisata yang cukup tenang dan tidak ramai. Pantai ini akan cocok buat kalian yang ingin berlibur dengan mencari ketenangan dan menikmati keindahan alam Aceh.

Terletak di Ketapang, Kecamatan Krueng Sabee, pantai Kuala Merisi telah pulih dari terjangan tsunami tahun 2004 silam. Pantai ini telah kembali tertata dengan fasilitas yang cukup lengkap mulai dari penginapan hingga kamar mandi bagi wisatawan yang tidak ingin bermalam. Urusan makan tak perlu khawatir, banyak toko atau tempat makan yang dibuka di sini, kok.

Mengunjungi Pantai Merisi, kalian akan disuguhi dengan pasir pantai yang putih, air yang jernih dan ombak yang tenang. Jadi jangan berharap bisa berselancar, ya. Namun, kalian masih bisa menikmati aktivitas lainnya seperti berenang, snorkeling, berjemur di tepi pantai dan lainnya.

4. Nikmati Matahari Terbit di Pantai Iboih


Nikmati Matahari Terbit di Pantai Iboih

Pantai Iboih terletak di sebelah barat Pulau Weh, ujung barat Pulau Sumartera. Pantai Iboih sebenarnya hanya pelabuhan yang digunakan untuk menuju Pulau Rubiah. Namun karena lokasinya yang indah, pantai ini jadi destinasi wisata yang sayang untuk dilewatkan.

Sama seperti Pantai Kuala Merisi, Pantai Iboih memiliki air yang sangat tenang. Airnya juga jernih dengan gradasi warna hijau dan biru serta hamparan pasir yang putih. Selain itu, wilayah pantai ini dikelilingi oleh hutan lindung yang membuat lokasinya seperti "surga" tersembunyi yang damai dan tenang.

Di sekitar Pantai Iboih telah tersedia berbagai penginapan yang bagus, kok. Kalian bisa bermalam dan mengeksplor lokasi ini lebih dalam. Selain itu, berkat airnya yang tenang, wisatawan tak perlu khawatir jika berenang di Pantai Iboih. Kalian juga dapat menyewa peralatan snorkeling atau pun menyelam di wisata ini.

Tak hanya aktivitas air, sebaiknya kalian tak melewatkan keindahan matahari terbit saat berada di Pantai Iboih. Mulai pukul 05.00 pagi matahari akan muncul dan keindahannya menghipnotis setiap insan yang memandangnya.

5. Pantai Anoi Itam yang Dapat Julukan Si Hitam Manis


Pantai Anoi Itam yang Dapat Julukan Si Hitam Manis

Wisata selanjutnya adalah Pantai Anoi Itam. Pantai ini berada di Gampong Anoi Itam, Kecamatan Sukajaya, Kota Sabang, Pulau Weh, Aceh. Sesuai dengan namanya, pantai ini memiliki pasir yang berwarna hitam eksotis. Maka dari itu pantai ini juga mendapat julukan si Hitam Manis.

Meskipun memiliki pasir hitam, keindahan Pantai Anoi Itam tidak dapat terbantahkan. Menurut sumber, pasir hitam ini kemungkinan berasal dari gunung api yang masih aktif di Pulau Weh. Kandungan nikel yang tinggi dan komposisi penyusunnya menyebabkan pasir ini memiliki berat yang kurang lebih tiga kali lipat dari pasir hitam pada umumnya.

Pantai Anoi Itam memiliki air laut yang jernih berwarna biru. Selain itu terdapat batuan kapur berwarna putih yang kontras dengan pasir pantainya. Hal ini membuat paduan yang indah untuk dinikmati di Pantai Anoi Itam.

6. Pantai Lampuuk, Ikon Wisata Aceh


Pantai Lampuuk, Ikon Wisata Aceh

Pantai Lampuuk merupakan salah satu lokasi wisata yang rusak karena terjangan tsunami pada 2004 lalu. Hotel-hotel dan pemukiman penduduk di tepi pantai hancur karena dihempas gelombang besar.

Trauma dan banyaknya pohon pinus yang tumbang membuat lokasi ini sempat ditutup untuk aktivitas pariwisata. Namun kini, Pantai Lampuuk telah pulih dan kembali ramai oleh pengunjung.

Pantai Lampuuk memang tidak sepi pengunjung, namun kalian tidak boleh melewatkan lokasi ini jika sedang berada di Aceh. Kalian dapat menikmati berbagai kegiatan seperti berenang, banana boat, bersantai di tepian pantai dan makan olahan seafood khas Aceh. Selain itu, di pantai ini kalian dapat berkunjung ke tempat penangkaran penyu, lho.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru