Siapkan Dengan Matang! 9 Benda Ini Wajib Banget Dibawa Saat Berlibur Di Negara Musim Dingin
Travel

Persiapan liburan di musim dingin haruslah dipersiapkan dengan matang. Persiapan fisik dan juga kebutuhan selama di sana harus secara matang dipikirkan agar liburan jadi menyenangkan.

WowKeren - Indonesia merupakan salah satu negara di dunia yang memiliki iklim tropis. Hal ini membuat Indonesia hanya memiliki 2 musim saja yakni, musim kemarau dan musim hujan. Tak heran jika beberapa orang penasaran dengan sensasi berada di negara 4 musim seperti musim dingin.

Berlibur di negara yang memiliki 4 musim adalah salah satu alternatifnya. Beberapa orang terkadang bahkan sengaja memilih jadwal liburan bertepatan dengan musim dingin agar bisa menjajal sensasi yang tak pernah dirasakan di Indonesia.


Namun persiapan liburan di musim dingin haruslah dipersiapkan dengan matang. Persiapan fisik dan juga kebutuhan selama di sana harus secara matang dipikirkan. Jangan sampai kalian tidak membawa pakaian yang memadai untuk menghadapi musim dingin, bisa-bisa tubuh jadi kaget dan kalian jatuh sakit. Intip juga rekomendasi tempat wisata Indonesia yang mirip banget sama luar negeri di sini.

Penasaran apa saja yang harus dipersiapkan saat ingin berlibur di negara musim dingin? Berikut 9 benda yang harus kamu bawa saat berlibur di negara bersalju. Yuk di simak!

(wk/putr)

1. Pastikan Tubuh Hangat Dengan Jaket Penahan Angin


Pastikan Tubuh Hangat Dengan Jaket Penahan Angin

Benda nomor satu yang harus kalian bawa saat bepergian di negara bersalju adalah jaket. Jangan sampai kalian lupa dengan benda ini karena bisa bahaya. Jaket tebal saja enggak cukup untuk buat kalian tetap hangat loh. Di negara musim dingin, angin yang bertiup saja sudah dingin. Angin ini kadang bisa menembus jaket yang tebal sekalipun.

Oleh karena itu kalian harus bawa yang namanya windbreaker atau jaket penahan angin. Jaket ini terbuat dari bahan tipis tapi bisa menahan angin dan hujan. Bahan yang tipis adalah nilai plus buat windbreaker dibandingkan jaket tebal karena windbreaker tidak akan memakan tempat yang banyak di koper.

2. Lengkapi Pakaian Musim Dinginmu Dengan Long John


Lengkapi Pakaian Musim Dinginmu Dengan Long John

Kalian mungkin masih asing dengan istilah Long John, namun pakaian ini sudah menjadi pakaian wajib buat musim dingin. Long John ini adalah pakaian ketat yang mirip dengan pakaian senam dan bakal menutup seluruh bagian tubuhmu dengan sempurna.

Pakaian ini akan membuat suhu tubuhmu tetap hangat dan umumnya digunakan setelah pakaian dalam. Jadi posisinya berada sebagai lapisan pertama setelah pakaian dalam yang kamu kenakan. Meski terlihat tipis dan tidak begitu tebal, jangan salah pakaian ini bakal membuat tubuh kalian tetap hangat dan nyaman sepanjang hari loh. Yuk intip rekomendasi minuman hangat yang bisa bikin badan kalian hangat sepanjang hari di sini.

3. Jangan Lupa Bawa Sepatu Boots Tahan Air Agar Kaki Tidak Kedinginan


Jangan Lupa Bawa Sepatu Boots Tahan Air Agar Kaki Tidak Kedinginan

Kalau mau main-main di salju jangan sekali-kali pakai sepatu boots yang terbuat dari bahan tak anti air. Kaki kalian bisa-bisa membeku karena kemasukan air dari lelehan salju. Memakai sepatu boots yang berbahan anti air seperti kulit adalah pilihan yang tepat.

Jangan lupa perhatikan ukuran sepatu juga. Dengan ukuran sepatu yang pas, kaki kalian akan tetap nyaman ketika memakainya meskipun untuk waktu yang cukup panjang. Jangan lupa juga untuk memakai kaus kaki agar kaki kalian menjadi lebih hangat terutama ketika main-main di salju.

4. Kaus Thermal Bakal Buat Badan Terasa Hangat Sepanjang Hari


Kaus Thermal Bakal Buat Badan Terasa Hangat Sepanjang Hari

Kalau sedang berlibur di negara musim dingin, kaus biasa saja tak akan membuat tubuh kalian hangat. Ada baiknya menggunakan kaus berbahan khusus yang disebut kaus thermal. Kaus thermal ini dibuat dari bahan khusus yang akan menjaga kehangatan tubuh.

Pastikan kalian memilih kaus thermal dari bahan ringan dan bisa menyerap keringat. Dengan memakai kaus thermal, kalian enggak perlu menggunakan banyak lapisan baju yang tebal. Cukup menambah sweater wol dan jaket windbreaker saja kalian sudah hangat. Intip juga perlengkapan wajib saat liburan di sini.

5. Heater Portable Yang Bakal Bikin Badan Hangat Di Mana Saja


Heater Portable Yang Bakal Bikin Badan Hangat Di Mana Saja

Pastikan tubuh tetap hangat di manapun kalian berada. Jangan sampai tubuh kalian kaget hingga terkena hipotermia. Salah satu alternatif jika kalian kedinginan adalah heater portable. Ketika kalian baru saja menghabiskan waktu di luar dan menjadi kedinginan, cari saja sumber listrik untuk menyalakan heater portable.

Jika kalian enggak mau bawa heater portable ke mana-mana, kalian bisa mencoba yang namanya hotpack. Beberapa supermarket negara bersalju banyak menjual hotpack. Hotpack ini berbentuk semacam pasir yang dibungkus kertas khusus. Namun sebenarnya isinya adalah karbon yang memang bisa mengeluarkan panas.

6. Pastikan Membawa Aksesoris Untuk Musim Dingin Agar Seluruh Tubuh Hangat


Pastikan Membawa Aksesoris Untuk Musim Dingin Agar Seluruh Tubuh Hangat

Aksesoris di sini bukan seperti kalung dan anting-anting ya. Aksesoris musim dingin yang dimaksud aadalah perlengkapan tambahan yang bisa kalian gunakan untuk menghangatkan anggota tubuh lain seperti telapak tangan, leher, atau telinga.

Pastikan untuk memakai sarung tangan, syal, beanie dan earmuff untuk menghangatkan tubuh. Hal ini karena jaket panjang kadang tak bisa melindungi bagian tubuh tersebut. Selain itu aksesoris ini juga bisa membuat bagian tubuh kalian yang terbuka terlindungi dari angin dingin. Intip juga rekomendasi wisata Jepang di sini.

7. Jangan Lupa Selalu Bawa Pelembab Wajah Dan Bibir Ke Manapun


Jangan Lupa Selalu Bawa Pelembab Wajah Dan Bibir Ke Manapun

Bila kalian berlibur di tempat yang dingin, angin yang kencang seringkali membuat kulit menjadi lebih kering. Jadi jangan sampai lupa untuk bawa pelembab ya. Salah satu yang wajib di bawa adalah pelembab wajah dan bibir, karena anggota tubuh ini yang sering terpapar angin dingin.

Sesekali oleskanlah lip balm jika bibir sudah terasa kering agar tidak pecah-pecah. Selain itu gunakanlah pelembab wajah yang memiliki kelembaban sedikit lebih banyak dibanding yang kalian gunakan di Indonesia. Hal ini karena kulit kalian bakal jadi lebih cepat kering di cuaca dingin.

8. Pastikan Minum Banyak Air Agar Tubuh Tak Kekurangan Cairan


Pastikan Minum Banyak Air Agar Tubuh Tak Kekurangan Cairan

Biasanya karena dingin banyak orang akan lupa minum karena tidak merasa haus. Padahal aktivitas liburan yang aktif tetap membuat cairan tubuh berkurang. Jangan sampai kalian tidak sadar kalau dehidrasi karena terlalu asik liburan dan lupa minum ya.

Sebaiknya saat liburan tetap bawa air minum ke mana-mana. Minumlah beberapa jam sekali meskipun enggak merasa haus. Ini akan membuat kadar cairan tubuh kalian tetap terjaga meskipun beraktivitas sepanjang hari saat liburan.

9. Tetap Siaga Dengan Kesehatan Dengan Bawa Obat-obatan Sendiri


Tetap Siaga Dengan Kesehatan Dengan Bawa Obat-obatan Sendiri

Salah satu yang enggak kalah penting adalah obat-obatan. Obat-obatan yang mungkin kalian butuhkan antara lain obat sakit kepala, obat flu, obat nyeri atau pegal-pegal dan multivitamin. Jangan lupa juga untuk membawa antiseptik dan pembalut luka ke mana-mana. Selain itu juga, bawa tisu basah dan pembalut untuk berjaga-jaga.

Kalau kalian punya riwayat penyakit tertentu, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Hal ini lebih baik kalau dibandingkan terjadi masalah yang tidak diinginkan selama berada di negeri orang. Jangan sampai liburan kalian jadi mimpi buruk karena lupa membawa obat-obatan pribadi ya. Simak caranya mencegah sakit usai liburan di sini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait