Lagu Ariana Grande '7 Rings' Dituding Jiplak 'You Need It I Got It', Simak Kemiripannya Berikut!
Musik

Seorang musisi hip hop bernama Josh Stone mengklaim bahwa Ariana mengambil bagian chorus dari lagunya, 'You Need It, I Got It', untuk disematkan di lagu '7 Rings'.

WowKeren - "7 Rings" tentunya layak disebut sebagai salah satu mega hits Ariana Grande. Sejak dirilis pada Januari 2019 lalu, "7 Rings" mendapatkan sambutan yang meriah dari penggemar selayaknya lagu-lagu Ariana yang lain. Bahkan belum genap sepekan dirilis, single ketiga dari album "Thank U, Next" tersebut langsung debut di posisi pertama chart iTunes.

Namun di balik gemilangnya pencapaian yang diraih "7 Rings", kabar tak sedap justru menghampiri Ariana. Pasalnya, "7 Rings" lagi-lagi dituding merupakan hasil plagiat dari karya sejumlah musisi lain.


Kali ini, seorang musisi hip hop bernama Josh Stone mengklaim bahwa Ariana mengambil bagian chorus dari lagunya, "You Need It, I Got It", untuk disematkan di lagu "7 Rings". Dilansir Variety pada Jumat (17/1), Josh Stone telah menulis dan merekam lagu "You Need It, I Got It" lebih dulu, yakni pada tahun 2017.

Josh Stone juga menuduh bahwa produser yang bekerja dengan Ariana Grande, Tommy Brown, telah ikut bagian dalam penyematan chorus lagunya di "7 Rings". Ia mengklaim kalau Tommy Brown merupakan seorang eksekutif musik yang pernah ia datangi sebelumnya untuk menunjukkan lagu "You Need It, I Got It" miliknya.

Josh Stone juga menjelaskan bahwa Tommy Brown mengambil kunci lagunya untuk "7 Rings". Termasuk repetisi bait "I Want It, I Get It/ I Want It, I Get It," dari "7 Rings" dengan "You Need It, I Got It/ You Want It, I Got It," dari lagunya.

Gugatan ini diajukan ke pengadilan federal New York oleh pengacara Tamir Young. Dalam gugatannya, pengacara tersebut menyatakan bahwa dua ahli musik telah menganalisis chorus pada lagu "7 Rings" dan "You Need It, I Got It", serta menemukan kemiripan antara keduanya.

Di sisi lain, ini bukanlah pertama kalinya "7 Rings" kena tuntut. Pada Januari 2019 lalu, sejumlah musisi seperti Princess Nokia, Soulja Boy, hingga 2 Chainz juga pernah menuntut lagu tersebut.

Kala itu, Soulja Boy bahkan tak segan melayangkan kritik secara langsung pada Ariana melalui akun Twitter miliknya. Membalas cuitan Ariana sebelumnya, Soulja Boy menuntut agar pelantun "No Tears Left to Cry" itu menyertakan namanya dalam kredit lagu. Sementara itu, 2 Chainz, menuding bahwa video musik "7 Rings" memiliki kemiripan yang mencolok dengan MV "Door Swangin" miliknya.

Tudingan yang dilayangkan Soulja Boy dan 2 Chainz ini muncul setelah Princess Nokia lebih dulu menuduh Ariana mencuri lagunya, "Mine". Nokia mengklaim bahwa kedua lagu tersebut terdengar mirip dan memiliki lirik yang hampir sama.

(wk/luth)

You can share this post!

Related Posts