Dianggap Remeh, 7 Kebiasaan Sederhana Ini Ternyata Bisa Ganggu Kesehatan Lutut Loh!
Health

Mengingat fungsinya yang cukup berat dalam menopang berat tubuh, sendi lutut rentan mengalami kerusakan. Beberapa kebiasaan sederhana ini ternyata tanpa disadari dapat merusak kesehatan lutut.

WowKeren - Lutut sakit atau nyeri lutut dapat disebabkan oleh cedera pada lutut. Lutut sakit sering disertai dengan keluhan lutut terasa kaku, sulit diluruskan, atau mengalami pembengkakan. Nyeri lutut biasanya terasa lebih hebat pada saat lutut digerakkan.

Kondisi ini bisa membuat penderita nyeri lutut kesulitan untuk berdiri, karena lutut menjadi tidak stabil dan tidak kuat menyangga badan. Salah satu penyebab lutut sakit adalah cedera pada lutut. Cedera ini biasanya terjadi karena suatu aktivitas yang membuat lutut bekerja terlalu berat.

Mengingat fungsinya yang cukup berat dalam menopang berat tubuh, sendi lutut rentan mengalami kerusakan. Beberapa kebiasaan sederhana ini ternyata tanpa disadari dapat merusak kesehatan lutut dan rentan membuat cedera. Penasaran apa saja? Berikut tim WowKeren rangkum 7 penyebabnya. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Duduk Terlalu Lama Selama Berjam-jam Bisa Menyebabkan Lutut Nyeri


Duduk Terlalu Lama Selama Berjam-jam Bisa Menyebabkan Lutut Nyeri

Salah satu gaya hidup tidak sehat yang menyebabkan kesehatan lutut terganggu adalah duduk terlalu lama. Terlalu lama duduk selama dua jam tanpa bergerak sudah bisa terjadi kekakuan dan kelemahan, terutama pada daerah lutut dan tulang belakang. Kondisi ini banyak ditemui pada pekerja kantoran.

Berdiri atau duduk dengan posisi asal-asalan juga bisa membuat lutut nyeri. Pekerja kantoran kerap kali dipaksa duduk dengan posisi yang sama selama berjam-jam. Cara untuk menghindarinya adalah duduk atau berdiri dengan postur tubuh yang benar. Hal ini bertujuan untuk mempertahankan kekuatan punggung dan menjaga agar tulang belakang tetap lurus.

2. Hati-hati Tidak Pemanasan Sebelum Olah Raga Juga Bisa Rusak Lutut


Hati-hati Tidak Pemanasan Sebelum Olah Raga Juga Bisa Rusak Lutut

Tak hanya lutut, namun sendi dan otot lain juga bisa cedera jika kalian berolahraga tanpa pemanasan. Peregangan dan pemanasan sebelum berolahraga terutama dengan intensitas tinggi dapat membuat kalian terhindar dari masalah lutut.

Jika kalian menyelesaikan pemanasan, otak bakal mengenali pergerakan dan secara mulus membuat temperatur tubuh meningkat secara bertahap untuk membantu jantung memompa darah lebih efisien dalam menggerakkan otot. Pemanasan yang cukup ini bakal membuat otot memiliki cukup waktu dalam memompa darah. Hal ini juga cukup diperlukan karena dibutuhkan untuk menurunkan ketegangan otot.

3. Kelebihan Berat Badan Akan Membuat Lutut Bekerja Lebih Keras


Kelebihan Berat Badan Akan Membuat Lutut Bekerja Lebih Keras

Lutut menopang beban tubuh secara luar biasa. Charles Bush-Joseph, dokter bedah ortopedi dari Rush University Medical Center menyebut bahwa bertambahnya beban tubuh dapat memberi tekanan lebih banyak pada persendian.

Ketika kalian berjalan seharian dengan tas punggung yang memiliki bobot 5 kg, kalian bakal merasa pegal pada punggung, pinggul, dan lutut, pada penghujung hari. Hal ini menunjukkan dampak dari bertambahnya beban pada persendian kalian.

4. Memiliki Pola Makan Yang Tidak Sehat Juga Bisa Berdampak Pada Persendian


Memiliki Pola Makan Yang Tidak Sehat Juga Bisa Berdampak Pada Persendian

Sebenarnya tidak ada makanan super yang secara langsung dapat mengobati rasa sakit di lutut. Walau begitu, perubahan pola dan jenis makanan dapat membantu menguatkan diri dan melawan inflamasi yang dapat meredakan gejala sakit ini.

Berdasar Arthritis Foundation (AF), kalian harus mengonsumsi asam lemak omega 3 dalam bentuk ikan atau kedelai. Sayuran dan susu dapat menyediakan kalsium yang memperkuat tulang selain itu juga ada minyak zaitun, cheri, dan teh hijau yang mampu menjadi bahan anti inflamasi.

5. Ingat, Jangan Berlari Saat Naik Turun Tangga Karena Bisa Bikin Lutut Sakit


Ingat, Jangan Berlari Saat Naik Turun Tangga Karena Bisa Bikin Lutut Sakit

Dalam dunia medis, kondisi yang menyebabkan lutut sakit hanya saat menaiki tangga atau mendaki tanjakan disebut dengan chondromalacia. Chondromalacia terjadi ketika tulang rawan yang berada di bawah tempurung lutut melunak dan lama kelamaan menipis. Padahal tulang rawan tersebut sangat penting menjadi bantalan pencegah gesekan antar tulang yang bertemu di lutut (tulang paha, tulang kering, dan tempurung lutut/patella).

Ketika tulang rawan ini rusak, tulang-tulang kaki akan saling bergesekan sehingga menyebabkan rasa nyeri ketika kaki ditekuk dan diluruskan, seperti saat naik turun tangga, menanjak, hingga saat berlutut dan jongkok serta saat beranjak dari posisi-posisi tersebut. Sendi lutut juga rentan berbunyi "krek" saat ditekuk.

6. Mengangkat Beban Dengan Posisi Yang Salah Bisa Berbahaya Untuk Lutut Dan Punggung


Mengangkat Beban Dengan Posisi Yang Salah Bisa Berbahaya Untuk Lutut Dan Punggung

Cedera saat mengangkat beban adalah salah satu penyebab paling umum dari sakit punggung dan lutut. Dengan mengikuti beberapa aturan sederhana, cedera pada tulang belakang dengan kebiasaan mengangkat beban pun dapat dikurangi.

Menurut The Australian Phsyiotherapist Association, mengangkat beban yang salah, menyebabkan tulang belakang akan membungkuk ke depan, sehingga cairan pada bantalan sendi akan terdorong ke belakang. Jika tekanan ini cukup besar, cincin fibrosa atau ligamen pendukungnya termasuk di lutut akan menjadi robek dan pecah kemudian timbul lah nyeri.

7. Terus Memaksa Menggunakan Sepatu Yang Tidak Nyaman Juga Enggak Baik Untuk Lutut


Terus Memaksa Menggunakan Sepatu Yang Tidak Nyaman Juga Enggak Baik Untuk Lutut

Mengenakan sepatu hak tinggi memaksa kaki berada dalam posisi tidak nyaman yang dapat menekan persendian, mengencangkan otot, dan membuat punggung tidak sejajar. Mengenakan sepatu hak tinggi juga membuat otot paha harus bekerja ekstra untuk menjaga lutut tetap dalam posisi lurus.

Jika hal ini menjadi kebiasaan, kondisi ini dapat meningkatkan risiko terkena osteoartritis dan nyeri kaki. Sepatu hak tinggi dianggap sebagai alas kaki yang buruk karena tidak memberikan dukungan yang memadai untuk kaki.

Selain itu, intip juga yuk beberapa masalah kesehatan yang disebabkan kebiasaan minum berdiri di sini. Simak juga bahaya membunyikan tulang di sini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru