Siang-siang Ngantuk Sampai Hilang Fokus? 8 Makanan Ini Bisa Bantu Kalian Tingkatkan Konsentrasi
Kuliner

Gangguan dari lingkungan sekitar bisa mengubah fokus dan konsentrasi kalian yang akhirnya membuat tugas atau pekerjaan tidak selesai. Namun hilangnya konsentrasi juga bisa karena asupan makanan yang kurang tepat.

WowKeren - Terlalu lama fokus atau mengerjakan sesuatu pasti bakal membuat beberapa orang merasa jenuh dan kehilangan konsentrasi. Terkadang gangguan dari lingkungan sekitar bisa mengubah fokus dan konsentrasi kalian yang akhirnya membuat tugas atau pekerjaan tidak selesai.

Namun hilangnya konsentrasi juga bisa karena asupan makanan yang kurang tepat. Makanan yang dikonsumsi juga bisa berdampak pada aliran darah dan oksigen menuju otak. Hal tersebutlah yang ternyata bisa mempengaruhi lama waktu kalian bisa tetap fokus dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.


Oleh karena itu, jika merasa konsentrasi kalian berkurang konsumsilah beberapa makanan peningkat konsentrasi. Apa saja makanan tersebut? Berikut tim WowKeren rangkum 8 rekomendasi makanan yang bisa tingkatkan konsentrasi kalian. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Dark Cokelat


Dark Cokelat

Meski dinilai sebagai makanan yang mengandung gula tinggi, namun salah satu jenis cokelat yakni dark chocolate bisa bermanfaat untuk kesehatan. Studi yang dilakukan oleh Michelle Montopoli dkk tahun 2015 menemukan bahwa mengonsumsi dark chocolate atau cokelat hitam yang mengandung 60 persen kakao bisa membuat otak lebih waspada dan penuh perhatian.

Sebuah studi tahun 2013 juga menemukan bahwa orang yang minum dua cangkir cokelat setiap hari selama sebulan mengalami perbaikan aliran darah ke otak, sehingga mereka memiliki kinerja yang lebih baik dalam tes memori. Konsumsi cokelat hitam juga bisa meningkatkan kadar serotonin dan endorfin, yang berperan dalam meningkatkan tingkat konsentrasi otak.

2. Pisang


Pisang

Kandungan potasium yang merupakan mineral penting di dalam pisang bisa membantu mengoptimalkan kinerja otak, saraf, dan jantung kalian. Selain itu, pisang juga mengandung , mangan, vitamin C dan serat yang tinggi di dalam buah pisang membantu memperkuat daya ingat.

kandungan vitamin B6 di dalamnya juga membantu memproduksi serotin, norepinephrine dan dopamine yang membantu meningkatkan konsentrasi. Bahkan studi tahun 2008 menemukan bahwa siswa yang makan buah pisang sebelum ujian memiliki kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan yang tidak.

3. Blueberry


Blueberry

Sekali waktu, coba ganti cemilan siang kalian dengan blueberry deh bila kamu sering kehilangan konsentrasi di siang hari. Hal ini karena buah blueberry bisa membantu kalian fokus dan konsentrasi menjadi lebih terjaga.

Dalam sebuah studi yang diterbitkan oleh Journal of Agricultural and Food Chemistry pada tahun 2010, ditemukan bahwa orang yang minum jus blueberry setiap hari selama dua bulan memiliki kinerja otak yang lebih baik dalam tes belajar dan peningkatan memori yang signifikan. Kandungan antioksidan dalam blueberry juga bisa membantu meningkatkan memori dengan cara mengaktifkan enzim pelindung otak loh.

4. Alpukat


Alpukat

Meskipun alpukat memiliki lemak, namun bukanlah hal yang buruk. Lemak yang ada di alpukat merupakan lemak tak jenuh tunggal yang membantu menyehatkan aliran darah. Alpukat mengandung 75 persen lemak tak jenuh tunggal, jenis lemak yang sehat yang juga terkandung dalam minyak zaitun.

Lemak tak jenuh tunggal ini membantu memproduksi asetilkolin yang memperkuat memori. Kandungan tirosin yang tinggi dalam alpukat juga meningkatkan fokus. Kandungan yang terdapat dalam buah ini juga memperbaiki aliran darah ke otak dan bersifat sebagai antiinflamasi.

5. Ikan Salmon


Ikan Salmon

Salmon adalah sumber terbaik dari asam lemak Omega-3 (DHA dan EPA) yang berperan penting terhadap pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak. Penelitian baru-baru ini juga menunjukkan bahwa orang yang mendapatkan asupan asam lemak omega-3 lebih banyak diketahui berpikiran lebih tajam dan memperoleh hasil memuaskan pada uji kemampuan.

Menurut para ahli, kendati tuna juga mengandung asam lemak omega-3, namun kandungannya tidak sebanyak ikan salmon. Selain itu, kandungan protein dalam ikan salmon juga bisa menjaga otak tetap fokus dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

6. Kopi Atau Teh


Kopi Atau Teh

Kopi atau teh diketahui memiliki kandungan kafein. Kandungan inilah yang membuat konsentrasi kalian meningkat. Studi tahun 2005 yang dilakukan oleh Florian Koppelstt├Ąter menemukan bahwa konsumsi kafein bisa meningkatkan aktivitas otak yang terlibat dalam proses perencanaan, perhatian, pemantauan dan konsentrasi.

Sayangnya, efek kafein pada setiap orang berbeda-beda, termasuk dalam meningkatkan konsentrasi otak, karena biasanya efek kafein hanya berlangsung dalam jangka pendek. Minumlah beberapa cangkir kopi atau teh, bisa menenangkan pikiran sekaligus membuat kamu tetap terjaga.

7. Telur


Telur

Telur selama ini diketahui sebagai salah satu sumber protein hewani yang ideal. Sama halnya dengan salmon, telur juga menjadi sumber omega-3 yang baik. Asupan omega 3 ini memiliki efek yang baik pada memori dan mood.

Studi terdahulu menemukan bahwa asupan omega-3 yang terkandung dalam telur bisa meningkatkan kinerja otak, termasuk dalam daya ingat, fokus, dan suasana hati. Telur juga mengandung kolin, senyawa yang dapat membantu menjaga selaput otak sehat.

8. Sayuran Hijau


Sayuran Hijau

Sayuran hijau selain kaya vitamin dan mineral juga dikenal mengandung banyak serat. Selain itu, sayuran hijau juga diperkaya akan antioksidan dan karotenoid yang berfungsi untuk meningkatkan kekuatan otak sekaligus melindunginya. Salah satu kandungannya yakni vitamin B yang terbukti membantu daya ingat, fokus, kesehatan otak.

Asam folat yang terkandung dalam sayuran berwarna hijau juga diketahui meningkatkan kejernihan pikiran. Bahkan sayuran hijau seperti bayam mengandung potassium yang mempercepat hubungan antar neuron yang membuat otak jadi lebih responsif.

Inti juga yuk beberapa makanan yang bisa tingkatkan sistem imun kalian agar tidak gampang sakit di sini. Simak juga beberapa kegiatan yang bisa jaga kesehatan otak di sini.

You can share this post!

Related Posts