10 Kebiasaan Mudah Ini Ampuh Untuk Menjaga Kesehatan Otak, Terapkan Mulai Sekarang!
Health

Menjaga kesehatan otak sangat penting untuk dilakukan, karena otak berfungsi sebagai pusat dari sistem saraf manusia. Mau tahu kebiasaan mudah apa saja yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan otak? Simak artikel selengkapnya berikut ini.

WowKeren - Otak merupakan organ terpenting dalam tubuh manusia karena berfungsi sebagai pusat sistem saraf. Karena itu, organ ini sangat penting dan juga vital.

Karena itu, setiap orang biasanya mendambakan otak yang cemerlang dengan ingatan tajam. Sebab otak yang sehat akan membantu seseorang saat melakukan berbagai aktivitas dalam kehidupan sehari-hari.


Namun, kemampuan otak dapat menurun jika jarang menerima dan memproses stimulus, atau dengan kata lain jika kita jarang menggunakan otak untuk berpikir. Oleh sebab itu, menjaga kesehatan otak sangat penting untuk dilakukan.

Tapi jangan khawatir. Sebab otak adalah organ yang bisa terus berkembang asal dilatih dengan cara-cara yang benar. Caranya adalah dengan melakukan berbagai aktivitas yang dapat mempertahankan atau mendukung kapasitas kognitif otak.

Mau tahu cara apa saja yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan otak? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

(wk/eval)

1. Rutin Berolahraga Dapat Membantu Menjaga Kesehatan Otak


Rutin Berolahraga Dapat Membantu Menjaga Kesehatan Otak

Salah satu masalah otak adalah demensia, suatu penyakit yang bisa menghambat seseorang melakukan aktivitasnya sehari-hari. Di antara cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi risiko penyakit ini adalah dengan rutin berolahraga. Beberapa penelitian yang dilakukan oleh para ahli juga turut mendukung pernyataan ini.

Selain itu, olahraga juga dapat membantu menjaga berat badan tetap ideal, karena salah satu faktor yang mempengaruhi kesehatan otak adalah berat badan berlebih. WHO (Organisasi Kesehatan Dunia) menyarankan agar seseorang setidaknya berolahraga selama 150 menit setiap minggu atau lima kali dalam seminggu selama 30 menit.

2. Jangan Lewatkan Sarapan Jika Tak Ingin Kesehatan Otak Terganggu


Jangan Lewatkan Sarapan Jika Tak Ingin Kesehatan Otak Terganggu

Selalu makan pagi atau sarapan sangat penting untuk menjaga kesehatan otak. Karena jika kita melewatkan sarapan, otak bisa mengalami penurunan fungsi, karena otak tidak mendapat energi penting untuk aktivasi.

Dalam sarapan juga direkomendasikan beberapa jenis makanan untuk memaksimalkan fungsinya. Ada baiknya untuk mengonsumsi DHA omega-3 (misalnya salmon, telur, biji-bijian) karena dapat memperbaiki aliran darah otak dan membantu mengurangi peradangan. Selain itu, penelitian yang dilakukan di Selandia Baru pada tahun 2013 juga menemukan bahwa DHA dapat meningkatkan kinerja ingatan.

3. Minum Teh Rupanya Berkhasiat Untuk Menjaga Kesehatan Otak


Minum Teh Rupanya Berkhasiat Untuk Menjaga Kesehatan Otak

Salah satu kebiasaan mudah yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan otak adalah dengan sering-sering meminum teh. Khususnya teh peppermint atau chamomile yang memiliki segudang manfaat.

Sebab teh ini mengandung antioksidan luteolin dan air yang ditambahkan akan membantu menjaga otak terhidrasi dengan baik. Sebuah studi Inggris tahun 2011 yang dilakukan pada remaja yang sehat menemukan fakta bahwa otak yang sedikit dehidrasi harus bekerja lebih keras dari biasanya.

4. Selalu Konsumsi Makanan yang Sehat Untuk Menjaga Kesehatan Otak


Selalu Konsumsi Makanan yang Sehat Untuk Menjaga Kesehatan Otak

Kebiasaan mudah berikutnya untuk menjaga kesehatan otak adalah dengan selalu mengonsumsi makanan yang sehat. Pasalnya, makanan yang sehat dan bergizi seimbang dapat membantu menjaga sel otak tetap sehat.

Karena itu, mulai sekarang perbanyak makan buah dan sayur, dan menggunakan sumber lemak sehat seperti minyak jagung dan minyak zaitun. Selain itu, sering-seringlah mengonsumsi ikan, karena berbagai penelitian telah membuktikan bahwa rutin mengonsumsi ikan bisa mencegah penurunan ingatan atau memori manusia.

5. Jaga Kesehatan Otak Dengan Melakukan Berbagai Permainan Asah Otak


Jaga Kesehatan Otak Dengan Melakukan Berbagai Permainan Asah Otak

Jika ingin menjaga kesehatan otak, lakukan berbagai kegiatan yang melibatkan kemampuan berpikir. Sebab hal ini bisa meningkatkan kemampuan kognitif dan menurunkan risiko demensia.

Salah satunya adalah dengan melakukan berbagai permainan asah otak. Seperti bermain kartu, puzzle, teka-teki silang atau berbagai kegiatan yang dapat meningkatkan konsentrasi, keterampilan alih tugas atau beradaptasi dengan situasi baru. Selain itu, permainan asah otak rupanya juga dapat meningkatkan mood seseorang.

6. Melakukan Interaksi Sosial Atau Dengan Keluarga Sangat Ampuh Untuk Menjaga Kesehatan Otak


Melakukan Interaksi Sosial Atau Dengan Keluarga Sangat Ampuh Untuk Menjaga Kesehatan Otak

Faktanya, bersosialisasi dapat mencegah seseorang merasa depresi dan kesepian, yang mana kedua hal ini bisa memicu penurunan fungsi kognitif otak. Karena itu, merasa terisolasi dari lingkungan sosial juga akan menimbulkan efek buruk bagi kesehatan.

Jika sudah demikian, produksi hormon stres akan semakin meningkat dan akhirnya dapat mengganggu fungsi kognitif otak. Sehingga, usahakan untuk sering melakukan interaksi sosial dan banyak bergaul dengan orang lain atau keluarga, agar otak tetap sehat dan menghindari risiko menurunnya fungsi kognitif otak.

7. Jangan Begadang Dan Tidurlah Dengan Cukup Demi Kesehatan Otak


Jangan Begadang Dan Tidurlah Dengan Cukup Demi Kesehatan Otak

Otak memerlukan istirahat yang cukup untuk menyimpan serta memproses semua ingatan dan berbagai hal yang sudah dipelajari seharian. Karena itu, tidur adalah satu cara ampuh untuk mengistirahatkan otak.

Jika manusia kekurangan waktu tidur, berbagai masalah kesehatan akan mengintai. Salah satunya adalah menurunnya fungsi otak untuk berpikir dan memproses informasi. Karena itu, mulai sekarang usahakan untuk tidur yang cukup (sekitar 7 jam) untuk menyediakan energi yang lebih banyak bagi otak. Dengan demikian, otak bisa bekerja lebih baik dan berkonsentrasi dalam memproses informasi.

8. Jaga Otak Tetap Sehat Dengan Mengatur Stres Yang Kamu Miliki


Jaga Otak Tetap Sehat Dengan Mengatur Stres Yang Kamu Miliki

Pemicu stres dari lingkungan sekitar bisa dengan mudah meningkatkan hormon kortisol dalam tubuh. Hal ini disebabkan karena otak memproses pikiran yang terus menerus menimbulkan kecemasan. Dan jika kamu mengalami stres dalam waktu lama, kadar hormon kortisol akan cenderung konstan atau bahkan meningkat.

Jika sudah demikian, fungsi otak akan mengalami penurunan, yang membuatmu bisa mengalami gangguan mood atau bahkan kesulitan dalam melakukan berbagai aktivitas. Karena itu, usahakan untuk mengatur kadar stres dengan melakukan berbagai aktivitas, seperti olahraga yoga atau meditasi yang bisa membantumu menghilangkan stres untuk sementara waktu. Karena dengan begitu, hormon kortisol tidak akan mengalami peningkatan secara terus-menerus.

9. Matikan Gadget Sebelum Tidur Untuk Menghindari Penyakit Otak


Matikan Gadget Sebelum Tidur Untuk Menghindari Penyakit Otak

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa memiliki tidur yang berkualitas sangat penting untuk menjaga kesehatan otak. Karena itu, matikan gadget setidaknya satu jam sebelum tidur agar bisa tidur dengan nyaman tanpa gangguan. Dan selain itu, gadget rupanya juga memiliki berbagai dampak buruk untuk kesehatan seperti ini.

Saat tidur, sistem detoksifikasi otak akan membersihkan racun-racun yang ada. Sehingga, memiliki kualitas tidur yang baik sangat penting untuk menjaga kesehatan otak. Selain itu, para peneliti juga menemukan bahwa orangtua yang tidak tidur lama atau memiliki kualitas tidur yang buruk berisiko mempunyai lebih banyak protein yang berkembang menjadi penyakit alzheimer.

10. Perhatikan Posisi Tidur Untuk Menjaga Kesehatan Otak


Perhatikan Posisi Tidur Untuk Menjaga Kesehatan Otak

Salah satu faktor penting lainnya dalam menjaga kesehatan otak adalah posisi tidur harian. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa beberapa posisi tidur dapat lebih efektif untuk mencegah risiko terjadinya demensia dan alzheimer.

Ketika tidur menyamping ke kanan, tubuh akan lebih mampu menghilangkan penumpukan bahan kimia yang disebut dengan limbah otak. Hal ini juga dapat menghindarkan seseorang dari bahaya yang timbul, seperti pengendapan pembekuan darah, lemak, asam sisa oksidasi dan penyempitan pembuluh darah.

You can share this post!

Related Posts