Minimalisir Penyebaran Virus Corona, Lakukan 10 Tips Ini Saat Belanja Kebutuhan Pokok di Masa PSBB
Reuters
SerbaSerbi
PSBB Corona

Berbelanja barang kebutuhan pokok menjadi salah satu rutinitas yang tak bisa dilewatkan. Nah agar bisa terhindar dari penyebaran virus Corona saat belanja di masa PSBB, sebaiknya lakukan 10 tips berikut ini.

WowKeren - Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) telah diberlakukan di beberapa wilayah demi meminimalisir penyebaran virus Corona. Peraturan ini membuat aktivitas masyarakat di luar rumah dibatasi. Masyarakat diminta untuk tidak keluar rumah jika tidak diperlukan.

Meski demikian, aktivitas berbelanja di supermarket atau pasar masih diperbolehkan. Tapi tentu saja ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan saat berbelanja di luar agar terhindar dari virus Corona. Penasaran apa saja itu? Langsung saja yuk simak informasi lengkapnya berikut ini.

(wk/eval)

1. Selalu Jaga Jarak


Selalu Jaga Jarak
Reuters

Berbelanja di luar selama wabah Corona tentu memunculkan banyak risiko. Karena virus asal Wuhan ini bisa menempel di permukaan benda mati yang rentan kita jumpai saat berbelanja. Meski demikian, kita tak boleh mengabaikan fakta bahwa manusia adalah fokus risiko. Kebanyakan pasien Covid-19 terpapar virus Corona karena berinteraksi dengan orang lain.

Karena itulah, pastikan untuk selalu menjaga jarak dengan orang lain saat sedang berbelanja. Beri jarak minimal 1 meter di dengan orang lain di supermarket atau pasar, baik itu penjual maupun pembeli. Jika Anda rasa supermarket atau pasar sedang sangat penuh, sebaiknya tunggu dulu dan pergi ke bagian lain yang lebih sepi.

2. Pergi Sendiri


Pergi Sendiri

Selama PSBB, masyarakat tidak diperbolehkan untuk berkumpul lebih dari lima orang. Karena itulah sebaiknya tak usah membawa anggota keluarga atau asisten rumah tangga saat berbelanja di pasar atau supermarket. Lebih baik pergi belanja sendiri demi menghindarkan mereka dari paparan virus ini.

3. Pergi di Jam-Jam Sepi


Pergi di Jam-Jam Sepi

Tips berikutnya yang harus Anda perhatikan adalah soal pemilihan waktu belanja. Sebaiknya Anda pergi berbelanja di jam-jam sepi seperti pagi hari. Selain udaranya yang masih bersih, bahan-bahan yang dijual masih lengkap dan segar, pasar di pagi hari biasanya lebih sepi pembeli.

Selain itu, Anda juga bisa pergi saat siang. Di bulan Ramadan seperti saat ini, kebanyakan orang tidak keluar di siang hari karena cukup menguras tenaga sehingga pasar atau supermarket pun akan sedikit lengang. Oleh karena itu, kemungkinan berdesakan dengan pedagang atau pembeli yang lain juga lebih kecil.

4. Selalu Gunakan Masker


Selalu Gunakan Masker

Salah satu aturan pemerintah untuk meminimalisir penyebaran Corona adalah dengan menggunakan masker. Bagi mereka yang tidak sakit, menggunakan masker kain wajib dilakukan saat keluar rumah untuk menutup mulut dan hidung. Kalau perlu, bawa juga hand sanitizer atau tisu basah untuk mengelap tangan Anda kapan pun saat dibutuhkan.

Selain itu, usahakan juga untuk mengenakan pakaian yang nyaman. Gunakan pakaian polos berlengan panjang untuk menghindari kontak kulit dengan pedagang maupun pembeli yang lain. Kenakan juga sandal yang nyaman dan tertutup agar kaki terlindung dari berbagai kotoran.

5. Tak Perlu Menggunakan Sarung Tangan


Tak Perlu Menggunakan Sarung Tangan

Ada banyak orang yang menginginkan perlindungan ekstra dengan menggunakan sarung tangan saat berbelanja. Entah itu sarung tangan karet, sarung tangan pencuci piring maupun sarung tangan kain biasa. Padahal menurut ahli mikrobiologi Kelly Reynolds, Ph.D., direktur lingkungan, ilmu paparan dan pusat penilaian risiko di Universitas Arizona, penggunaan sarung tangan justru menyebabkan lebih banyak kerusakan daripada mendatangkan manfaat.

Pertama, sarung tangan bisa menyebarkan lebih banyak virus. Misal jika Anda menyentuh permukaan benda yang terkontaminasi virus dengan sarung tangan lalu menyentuh barang milik Anda yang lain, tentu risiko terpapar virus jadi lebih besar. Kedua, beberapa orang memiliki anggapan salah yakni jika menggunakan sarung tangan maka dia tak perlu mencuci tangan. Terakhir, sangat sedikit orang yang paham cara melepas sarung tangan dengan benar, sehingga kemungkinan terpapar virus Corona semakin tinggi.

6. Belanja Seperlunya Saja


Belanja Seperlunya Saja

Tidak sedikit orang yang langsung berbelanja banyak barang dan melakukan penimbunan. Tidak salah memang, namun sebaiknya kita berbelanja seperlunya saja karena segala yang berlebihan tidak baik. Sebelum pergi berbelanja, sebaiknya Anda mengatur rencana atau alur belanja agar tak berlama-lama berada di pasar atau supermarket.

Buat daftar belanjaan sesuai dengan alur lokasi penjualnya. Cara ini penting dilakukan agar Anda tak perlu mondar-mandir di dalam pasar karena ada belanjaan yang terlewat atau terlupa. Dengan demikian, Anda juga tak perlu untuk bertemu dengan terlalu banyak orang saat berada di dalam pasar.

7. Gunakan Metode Pembayaran Non-Tunai


Gunakan Metode Pembayaran Non-Tunai

Ada beberapa benda yang rentan ditempeli virus Corona, salah satunya adalah uang tunai. Kita tidak tahu siapa saja yang telah memegangnya dan partikel apa saja yang telah menempel di permukaannya. Bisa saja virus Corona telah menempel di permukaan uang tunai yang kita pegang.

Karena itulah saat pandemi ini merebak, para pejabat dunia menyarankan agar masyarakat mengurangi penggunaan uang tunai dan menggantinya dengan uang digital. Dengan melakukan transaksi non tunai, kita bisa memperkecil penyebaran virus ini. Tapi jika Anda terpaksa menggunakan uang tunai karena berbelanja di pasar tradisional, selalu pastikan untuk membersihkan tangan sebaik mungkin.

8. Jangan Menggunakan Ponsel Selama Berbelanja


Jangan Menggunakan Ponsel Selama Berbelanja

Selain uang tunai, ponsel juga menjadi salah satu benda yang rawan terpapar virus Corona. Disebutkan pula jika virus Corona dapat bertahan hidup di permukaan ponsel setidaknya selama 4 jam.

Karena itu, sebaiknya jangan gunakan ponsel saat sedang berbelanja untuk meminimalisir risiko terpapar virus ini. Usahakan juga untuk membersihkan ponsel secara berkala dengan tujuh cara mudah ini.

9. Bersihkan Bahan Makanan Segar


Bersihkan Bahan Makanan Segar

Sebagian orang merasa khawatir barang belanjaannya terpapar virus Corona sehingga memutuskan untuk menyemprotkan cairan disinfektan. Padahal cara ini tidak disarankan, karena hanya membuang-buang waktu dan disinfektan. Selain itu, kandungan bahan kimia di dalamnya juga bisa berpengaruh terhadap barang belanjaan yang kita beli.

Sebagai gantinya, sebaiknya cuci dan bersihkan bahan makanan segar sebelum dimasak atau dimakan. Jika Anda memiliki pembersih khusus bahan makanan, sebaiknya rendam sayur atau buah di dalamnya. Tapi jika tidak ada, air bersih yang mengalir sudah cukup untuk membersihkannya.

10. Langsung Mandi dan Bersihkan Pakaian


Langsung Mandi dan Bersihkan Pakaian

Setelah kembali dari berbelanja, pastikan tubuh Anda benar-benar bersih untuk menghilangkan semua kuman, virus dan bakteri yang menempel. Sebaiknya langsung mandi dan pastikan sabun menempel hingga ke sela-sela tubuh yang sulit dijangkau sebelum dibilas dengan air. Setelah memastikan bahwa diri Anda sudah benar-benar bersih, barulah Anda bisa berkumpul dan beraktivitas biasa dengan anggota keluarga yang lain.

Selain itu, sebaiknya langsung cuci pakaian yang Anda gunakan berbelanja. Rendam dan cuci pakaian tersebut dengan sabun hingga bersih. Jangan sekali-kali menumpuknya di tempat-tempat yang biasa ditempati oleh anggota keluarga. Untuk mencuci pakaian agar terhindar dari virus Corona, sebaiknya lakukan sesuai dengan delapan tips ini.

Demikian 10 tips belanja di masa PSBB yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui tips mengambil uang di ATM selama wabah Corona berlangsung. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui cara merawat mobil yang jarang digunakan selama PSBB.

You can share this post!

Related Posts