Penuh Gizi dan Enggak Bikin Gemuk, Ini 8 Menu Sehat yang Cocok Dijadikan Sarapan Saat Sedang Diet
Rawpixel/Karolina/Kaboompics
Kuliner

Ada beberapa makanan sehat yang cocok dijadikan sarapan saat sedang diet. Penasaran makanan apa saja itu? Simak informasi lengkapnya dalam artikel berikut ini.

WowKeren - Hampir setiap orang menginginkan proporsi tubuh yang ideal agar bisa tampil menarik dan percaya diri di hadapan orang lain. Untuk mewujudkan hal itu, salah satu langkah yang mereka tempuh adalah diet. Saat melakukan program diet, kita diharuskan untuk mengatur pola makan serta melakukan berbagai latihan fisik atau olahraga.

Sayangnya, ada beberapa orang yang memilih untuk meninggalkan sarapan saat sedang diet. Hal ini kurang tepat dilakukan, karena sarapan merupakan makanan pertama yang kita konsumsi di waktu pagi dan juga sumber kekuatan untuk beraktivitas sepanjang hari. Mengingat peran pentingnya tersebut, kita tidak boleh meninggalkan sarapan meski sedang diet.

Jangan takut sarapan akan menggagalkan diet, sebab ada banyak menu sarapan sehat yang bisa membantumu menurunkan berat badan. Berkaitan dengan hal ini, tim WowKeren telah merangkum delapan di antaranya untukmu. Penasaran apa saja menu sehat tersebut? Simak informasi selengkapnya dalam artikel berikut ini.

(wk/eval)

1. Telur Rebus


Telur Rebus
Rawpixel/Jakub Kapusnak

Makanan pertama yang bisa kalian jadikan sarapan saat sedang diet adalah telur rebus. Telur merupakan sumber lemak dan protein yang baik untuk tubuh, sehingga bisa membuat perut kalian kenyang meski tidak makan nasi. Karena itulah, sarapan dengan telur bisa mencegah kalian makan berlebihan di siang hari.

Yang tak kalah menarik, telur juga bisa mempertahankan massa otot selama kalian menjalankan diet. Bahkan menurut sebuah penelitian dari University of Eastern Finland, telur dapat mencegah kita menderita penyakit alzheimer. Maka dari itu, telur menjadi asupan sehat dan mengenyangkan yang cocok dijadikan sarapan saat sedang diet.

2. Oatmeal


Oatmeal
Unsplash/Edward Howell

Oatmeal merupakan makanan kedua yang WowKeren rekomendasikan untuk kalian. Oatmeal memiliki kandungan serat yang cukup tinggi, sehingga kamu bisa merasa kenyang lebih lama dan mencegah ngemil berlebihan. Selain itu, oatmeal juga bermanfaat untuk membersihkan racun yang ada di dalam usus serta menghilangkan lemak dalam arteri.

Agar manfaatnya lebih maksimal, sebaiknya padukan oatmeal dengan granola. Dua makanan ini memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan, seperti menurunkan kadar kolesterol, mengontrol gula darah serta memberikan vitamin B, mineral dan lemak tak jenuh untuk tubuh. Dengan mengkonsumsi dua makanan ini, berat badan akan terkontrol dan kesehatan senantiasa terjaga.

3. Yoghurt


Yoghurt

Yoghurt merupakan menu lain yang bisa kalian jadikan sarapan selama menjalani program diet. Sayaratnya, kalian harus memilih yoghurt dengan susu rendah lemak, bebas gula dan kalori. Yoghurt jenis ini tak hanya bisa mengenyangkan dan membantu mengontrol berat badan, namun juga dapat menyehatkan saluran pencernaan.

Tak ada cara khusus untuk mengkonsumsinya, sebab kalian bisa memakan yoghurt secara langsung untuk sarapan di pagi hari. Namun jika ingin menambah rasa, kalian bisa menambahkan toping berupa buah-buahan segar ke atasnya. Selain itu, kalian juga bisa menambahkan potongan apel yang telah dilumuri dengan selai kacang.

4. Buah-Buahan


Buah-Buahan
Rawpixel/Jira

Menu sarapan sehat berikutnya yang WowKeren rekomendasikan adalah buah-buahan. Mengkonsumsi buah-buahan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan mengeluarkan racun dalam tubuh. Selain itu, buah-buahan juga mengandung berbagai nutrisi baik yang menyehatkan seperti mineral, protein, serat dan juga lemak sehat.

Agar buah bisa memberikan efek kenyang dalam waktu lama, sebaiknya konsumsi secara langsung, bukan dijadikan jus. Selain itu, kalian juga bisa mengatur jadwal makan buah untuk mencegah lapar kembali muncul. Misalnya kalian bisa mengkonsumsi buah pada pukul 7 pagi, lalu makan lagi satu jam setelahnya dan kalian bisa mengakhirinya di pukul 10 pagi.

5. Salmon


Salmon
Unsplash/Marine Dumay

Ikan salmon merupakan makanan sehat berikutnya yang cocok dikonsumsi untuk sarapan saat sedang diet. Minyak dari ikan salmon bermanfaat untuk membantu insulin dalam transpirasi glukosa dari aliran darah ke dalam sel. Dengan begitu, tubuh tidak akan kecanduan gula dan berat badan jadi lebih terkontrol.

Agar manfaatnya semakin maksimal dan tidak membuat tubuh gemuk, sebaiknya olah ikan salmon dengan cara direbus. Hindari pengolahan ikan salmon dengan cara digoreng, karena minyaknya dapat menyebabkan penumpukan lemak di dalam tubuh.

6. Roti Gandum dan Selai Kacang


Roti Gandum dan Selai Kacang
Rawpixel/Karolina/Kaboompics

Bila ingin menu yang lebih mengenyangkan, kalian bisa menjadikan roti dan selai kacang sebagai menu sarapan saat diet. Roti gandum mengandung lebih dari dua kali serat dari roti biasa. Serat tersebut akan menambah volume pada makanan tanpa menambah kalori sehingga kalian tidak mudah lapar setelah mengkonsumsinya.

Agar manfaatnya lebih terasa, sebaiknya beri olesan selai kacang pada roti tersebut. Pasalnya, kacang mengandung lemak tak jenuh yang sangat menyehatkan. Dengan memadukan dua bahan tersebut, kalian akan mendapatkan sarapan sehat dan mengenyangkan saat diet!

7. Sup Tahu dan Tempe


Sup Tahu dan Tempe

Menu lain yang dapat kalian jadikan sarapan sehat saat sedang diet adalah sup tahu dan tempe. Olahan satu ini mengandung protein yang dapat menyeimbangkan cairan dalam tubuh dengan asam basa, sehingga cairan di dalam tubuh bisa tetap stabil. Selain itu, tahu dan tempe juga kaya akan omega 3 yang dapat mengontrol lemak tubuh dengan cara meningkatkan kadar kolesterol.

Agar lebih kaya rasa dan menyehatkan, sebaiknya masukkan bayam ke dalam sup tersebut. Bayam sendiri mengandung zat besi dan potasium yang sangat baik untuk kebugaran tubuh. Selain itu, bayam merupakan sayuran rendah kalori namun tinggi serat yang cocok dikonsumsi saat sedang diet.

8. Ubi


Ubi
Unsplash/Louis Hansel

Makanan terakhir yang WowKeren rekomendasikan adalah ubi. Kandungan karbohidrat yang tinggi di dalam ubi dapat memberikan energi untuk tubuh. Selain itu, ubi juga kaya akan serat yang dapat melancarkan sistem pencernaan kalian. Karena itulah, bahan makanan satu ini juga sangat cocok dikonsumsi saat diet karena dapat mengontrol berat badan.

Demikian delapan rekomendasi menu sarapan sehat yang cocok dikonsumsi saat sedang diet. Simak juga artikel ini untuk mengetahui tips diet sehat dengan air putih. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui beberapa tips diet tanpa sayur.

You can share this post!

Related Posts