Ternyata Inilah Film Marvel Studios Yang Paling Gagal
Marvel Studios
Film

Hingga kini, ada sekitar 23 film superhero yang sudah dirilis Marvel Studios dalam kurun waktu 10 tahun belakangan, menyusul 'Iron Man' yang menjadi pembuka franchise MCU.

WowKeren - Di sepanjang tahun 2021, tentunya para pecinta film akan dimanjakan oleh sederet karya-karya fantastis dari berbagai studio kenamaan Hollywood yang tentunya sayang sekali untuk dilewatkan. Salah satunya adalah Marvel Studios yang siap memulai fase 4 Marvel Cinematic Universe (MCU).

Meski sempat menunda jadwal tayang tahun 2020 lalu karena adanya pandemi, namun film-film fase 4 MCU mulai dari "Black Widow" hingga "Spider-Man 3" sudah tentu masih sangat diantisipasi kehadirannya, menilik dari kesuksesan seluruh proyek di tiga fase sebelumnya.

Bicara soal kesuksesan proyek-proyek MCU, rasanya tak berlebihan apabila Marvel Studios dibilang sebagai salah satu studio raksasa yang selalu berhasil meluncurkan film-film blockbuster dengan keuntungan fantastis. Franchise ini dimulai lewat film "Iron Man" yang dirilis pada tahun 2008, sekaligus menandai era emas bagi franchise MCU.

Setelah kesuksesan "Iron Man" yang dibintangi oleh Robert Downey Jr., Marvel pun kemudian melakukan promosi besar-besaran dan terbukti menghasilkan film-film unggulan di box office. Hingga kini, ada sekitar 23 film superhero yang sudah dirilis Marvel Studios dalam kurun waktu 10 tahun belakangan.

Mulai dari seri "Iron Man" sendiri yang berkembang menjadi trilogi, kemudian seri "Thor", seri "Captain America: The First Avenger", seri "The Avengers", seri "Guardians of the Galaxy", seri "Ant-Man", seri "Spider-Man: Homecoming", hingga "The Incredible Hulk", "Doctor Strange", "Black Panther", maupun "Captain Marvel".

Namun di antara film-film tersebut, rupanya Marvel tak selalu mendapatkan keuntungan. Pasalnya, sejumlah film mereka bisa dibilang cukup flop di box office. Tercatat, hingga kini "The Incredible Hulk" yang merupakan film kedua MCU tak mampu menyusul kesuksesan gemilang "Iron Man" dan menjadi film tergagal Marvel Studios.


"The Incredible Hulk" sendiri sebenarnya menggaet para aktor dan aktris papan atas seperti Edward Norton, Liv Tyler, hingga Tim Roth. Namun nyatanya, film ini hanya mampu mengumpulkan keuntungan global sebanyak USD 263 juta. Hasil ini bahkan tak menyentuh dua kali lipat biaya produksi yang digelontorkan oleh Marvel, yang mencapai USD 150 juta.

Kuat dugaan atas dasar inilah Marvel enggan kembali memproduksi sekuel "The Incredible Hulk". Belum lagi adanya konflik dengan sang pemeran utama, Edward Norton, yang enggan kembali memerankan karakter Hulk hingga akhirnya digantikan oleh Mark Ruffalo yang muncul di film "The Avengers".

Kendati demikian, Marvel tentunya masih mendulang untung berlebih dari proyek-proyek mereka selanjutnya. Bahkan seri terakhir "The Avengers", yakni "Avengers: Endgame", tercatat memecahkan rekor sebagai film terlaris sepanjang masa. Sepanjang pemutarannya pada 2019 lalu, film ini sudah mengumpulkan keuntungan global hingga USD 2,796 miliar di box office.

Tak hanya itu, hingga kini tercatat ada sekitar sembilan film MCU yang sudah menembus angka lebih dari USD 1 miliar dolar. Sebut saja "Avengers: Endgame", "Avengers: Infinity War", "Avengers: Age of Ultron", "The Avengers", "Black Panther", "Iron Man 3", "Captain America: Civil War", "Captain Marvel", serta yang terakhir adalah "Spider-Man: Far From Home".

Hasil gemilang tersebut tentunya belum ditambahkan dengan sederet proyek fase empat MCU yang pastinya bakal kembali disambut antusias oleh pecinta film.

(wk/luth)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait