Instagram-WhatsApp Ikut Down Semalaman, Facebook Tuding Konfigurasi yang Salah Jadi Penyebab
Piqsels
Tekno

Facebook menyalahkan adanya kesalahan konfigurasi di sistem sehingga Instagram dan WhatsApp ikut down pada Senin (4/10) waktu Indonesia, meski tak dijelaskan detailnya seperti apa.

WowKeren - Raksasa media sosial Fcebook, yang juga menaungi Instagram dan WhatsApp, menjadi sorotan dunia. Pasalnya ketiga layanan media sosial tersebut down alias tidak bisa diakses sejak Senin (4/10) malam waktu Indonesia, dan berlangsung hingga beberapa jam setelahnya.

Hingga akhirnya pada Selasa (5/10) pagi waktu Indonesia, ketiga aplikasi tersebut sudah bisa diakses dengan normal. Namun Facebook melanjutkan proses investigasi untuk menemukan penyebab di balik down-nya aplikasi tersebut.

Dan dalam pernyataan terbarunya, Facebook pun menyalahkan perubahan konfigurasi yang gagal di balik tidak bisa diaksesnya aplikasi tersebut. Namun Facebook tidak menjelaskan detail siapa yang menyebabkan perubahan konfigurasi atau apakah semua sudah direncanakan atau sebatas ketidaksengajaan.

"Kami ingin memperjelas," tegas Facebook dalam blog resmi mereka, dikutip pada Selasa (5/10). "Bahwa kami yakin akar penyebab pemadaman ini adalah perubahan konfigurasi yang salah."


Sedangkan beberapa karyawan Facebook yang menolak disebutkan namanya sempat menduga penyebab lumpuhnya media sosial tersebut. Kepada Reuters, mereka sempat percaya bahwa down-nya ketiga aplikasi tersebut disebabkan oleh kesalahan internal dan bagaimana lalu lintas internet dialihkan ke sistemnya.

"Terjadi kegagalan alat komunikasi internal," tutur karyawan Facebook. "Dan sumber daya lain bergantung pada jaringan yang sama untuk bekerja sehingga malah menambah kesalahan."

Walau demikian, pakar keamanan juga mengungkap dugaan penyebab lain seperti sabotase atau kesalahan tak disengaja dari internal perusahaan. Sementara di sisi lain, down-nya ketiga aplikasi media sosial ini dianggap sebagai salah satu yang terburuk menurut Downdetector.

Sementara Chief Technology Officer Facebook, Mike Schroepfer, juga sudah menyampaikan permohonan maaf atas down-nya media sosial tersebut. "Untuk bisnis besar dan kecil, keluarga, dan individu yang sangat bergantung pada kami, saya minta maaf," ujar Schroepfer, sembari menambahkan bahwa ketiga aplikasi memerlukan beberapa waktu untuk pulih 100 persen.

Sebelumnya Schroepfer juga sempat mengungkap dugaan penyebab kelumpuhan sistem. "Kami mengalami masalah jaringan dan tim bekerja secepat mungkin untuk men-debug dan memulihkan secepat mungkin," cuit Schroepfer di Twitter-nya.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts