Ratu Elizabeth II Kesal dengan Para Pemimpin Dunia yang Hanya Bicara Soal Perubahan Iklim
Dunia

Ratu Elizabeth II akan hadir dalam konferensi perubahan iklim PBB ke-26, COP26, di Glasgow. Namun, kepada menantunya, ia mengatakan masih belum tahu siapa yang akan datang.

WowKeren - Akhir-akhir ini topik mengenai dampak perubahan iklim kian kencang disuarakan oleh para pemimpin dunia. Namun, Ratu Elizabeth II dari Britania Raya justru mengungkapkan kekesalannya.

Pasalnya, para pemimpin dunia tersebut pada umumnya hanya melakukan tindakan yang sangat sedikit untuk bisa benar-benar menghadirkan perubahan pada masalah yang diakibatkan oleh perubahan iklim. Atau bahkan tidak sama sekali.

Elizabeth II akan hadir dalam konferensi perubahan iklim PBB ke-26, COP26, di Glasgow. Namun, kepada menantunya, Camilla, Duchess of Cornwall, ia mengatakan masih belum tahu siapa yang akan datang.

"Luar biasa bukan. Saya telah mendengar semua tentang Cop. Tapi masih belum tahu siapa yang datang," ujarnya. "Kami hanya tahu tentang orang-orang yang tidak datang. Ini benar-benar menjengkelkan ketika mereka berbicara, tetapi mereka tidak bertindak."


Pernyataan itu juga ia sampaikan pada Elin Jones, petugas ketua parlemen, ketika streaming langsung, pada pembukaan parlemen Welsh di Cardiff pada hari Kamis (14/10). Jones pun menimpalinya dengan mengatakan bahwa cucu Elizabeth II, Pangeran William, juga turut mengkritik orang-orang yang sibuk mencari cara terbang ke luar angkasa, alih-alih berpikir untuk menyelamatkan bumi.

"Tepat Sekali," ujarnya. "Ini adalah waktu untuk bertindak dan menonton cucu Anda (Pangeran William) di televisi pagi ini mengatakan tidak ada gunanya pergi ke luar angkasa, kita perlu menyelamatkan Bumi."

Selain mengkritik miliarder seperti Jeff Bezos dan Elon Musk, William juga menyatakan kemarahannya atas kelambanan dalam menangani krisis iklim awal pekan ini dan menyuarakan keprihatinannya tentang konferensi iklim Cop26. Kepada BBC, ia mengatakan bahwa saat ini yang dibutuhkan adalah aksi nyata, bukan sekadar kata-kata.

"Saya pikir penting bagi Cop untuk berkomunikasi dengan sangat jelas terkait apa masalahnya dan apa solusinya," tegas William. "Kita tidak bisa hanya melakukan diskusi pintar namun tidak cukup mengambil tindakan."

Melansir The Guardian, para pemimpin dunia yang masih belum dikonfirmasi untuk menghadiri konferensi Cop26 PBB adalah Perdana Menteri Australia Scott Morrison, Presiden Tiongkok Xi Jinping, Pemimpin Rusia Vladimir Putin, Perdana Menteri India Narendra Modi, dan Presiden Brasil Jair Bolsonaro.

(wk/zodi)

You can share this post!

Related Posts