HITSfluencer : Sofyan Pratama, Videografer Brilian yang Wujudkan Pose-Pose Fotogenik
Dokumentasi Sofyan
Selebriti
HITSfluencer

Sofyan Pratama bagikan aneka tips dan trik berpose agar tampilan foto makin kece dan menarik. Ingin tahu seperti apa fotogeniknya pose ala Sofyan? Intip selengkapnya berikut ini!

WowKeren - Tampil dengan outfit yang keren dan kekinian nyatanya tak menjamin seseorang bisa dapatkan hasil foto yang menarik. Karena itulah, beberapa orang memilih untuk menjelajah tips berpose terlebih dahulu sebelum melakukan pemotretan. Beragam tips pose yang fotogenik ini pun bisa didapatkan dengan mudah di akun TikTok, @sofyansap. Akun yang digagas oleh Sofyan Pratama ini banyak mengunggah tips dan trik pose yang fotogenik.

Aktif di TikTok sejak tahun 2020, Sofyan sudah berhasil menjaring lebih dari 1,4 juta pengikut. Ditambah, ia juga sudah mengumpulkan lebih dari 18,6 juta likes. Lewat unggahannya, Sofyan sukses memberikan edukasi bergaya kekinian tentang aneka tips pose hingga fotografi.



Salah satu unggahan tips pose Sofyan yang cukup populer di TikTok adalah saat ia membagikan beberapa gaya yang sebaiknya dihindari saat foto. Video yang diunggah pada 30 November 2020 itu pun sudah mencuri perhatian lebih dari 11 juta penonton.

Tak hanya aktif di TikTok, Sofyan ternyata sudah lebih dulu aktif membagikan konten seputar fashion dan fotografi di Instagram. Hingga kini, akun Instagram, @sofyansap, sudah mengantongi lebih dari 368 ribu followers.

Kepada WowKeren untuk rubrik HITSfluencer, Sofyan secara khusus membeberkan kisah perjalanannya sebagai seorang konten kreator. Seperti apa keseruannya? Simak penuturan Sofyan berikut ini.

(wk/yoan)

1. Awali Karier Konten Kreator dari Instagram


Awali Karier Konten Kreator dari Instagram
TikTok/sofyansap

Sejak kecil, Sofyan mengaku sudah tertarik dengan dunia fotografi. Hal inilah yang membuatnya memutuskan untuk mengambil Jurusan Multimedia saat duduk di bangku Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Kiprahnya di dunia fotografi pun terus berlanjut sampai ia didapuk menjadi salah satu video editor kartun animasi "Adit & Sopo Jarwo".

"Dari awal, aku memang ada passion mendalami dunia digital, fotografi dan videografi ini. Aku dari kecil suka banget melihat orang pakai kamera jaman dulu. Akhirnya, karena itulah aku ambil jurusan Multimedia di SMK," jelas Sofyan. "Setelah itu, aku kerja di MD Animation, MD Entertainment yang bikin animasi Adit Sopo Jarwo itu as a video editor. Setelah hampir 2 tahun, aku resign dan aku masuk ke dunia perfilman."

Tak puas mengeksplorasi diri, Sofyan selanjutnya mencoba peruntungan untuk menjadi konten kreator di Instagram. Saat itu, ia sempat mencoba beragam model konten. Sampai akhirnya, ia memenangkan lomba fashion yang diselenggarakan oleh salah satu page di Instagram. Sejak saat itulah, Sofyan lantas menemukan muatan konten yang cocok untuk ditekuninya.

"Aku mulai jadi konten kreator itu since 2014-2015, sebelum ada TikTok, waktu awal-awal Instagram. Aku bikin random karena enggak tahu apa yang dibutuhkan pasar. Aku sempat coba jadi travel kreator tapi merasa, 'ini bukan aku'," kenang Sofyan. "Sampai akhirnya, salah satu page di Instagram mengadakan lomba fashion. Eh, ternyata aku juara 2. Dari situ, mulailah perjalanan karier di dunia konten kreator itu dimulai, mulai bikinlah konten-konten fashion."

2. Kreatif Gabungkan Kultur TikTok dan Instagram


Kreatif Gabungkan Kultur TikTok dan Instagram
TikTok/sofyansap

Sofyan mengaku tak mengalami pertumbuhan yang signifikan di Instagram karena makin menjamurnya konten kreator fashion. Di tahun 2018, ia pun berinisiatif menggabungkan fashion dengan konten kreatif seperti foto outfit dengan barang-barang melayang yang bertebaran di sekitar. Konten yang ia beri nama "SAPCreative" ini pun berhasil meningkatkan pertumbuhan akun Instagram-nya. Setelah itu di tahun 2020, Sofyan pun mulai tertarik menjajal platform TikTok.

"Saat itu awal 2020 kan lagi hype-nya TikTok. Aku yang awalnya skeptis, sampai akhirnya, 'wah, ternyata TikTok bisa sebagus ini'. Dulu awal mula masuk TikTok itu aku mengikuti tren," tutur Sofyan. "Cuma yang viral itu aku bikin konten fashion transisi dan tips pose, itu yang bikin aku naik. Karena di Indonesia saat itu belum ada konten yang membahas tips dan trik fashion dan pose, dan itu keahlian aku."

Sejak unggahannya viral, Sofyan lantas membagi treatment konten untuk Instagram dan TikTok. Saat itu, Instagram identik dengan konten yang estetis, sedangkan TikTok lebih spontan. Makin lama, ia akhirnya menggabungkan kedua kultur tersebut. Hasilnya, video Sofyan mampu diterima audiens Instagram dan TikTok sekaligus. Bahkan, ia sampai berhasil memenangkan campaign TikTok berkat konten tips pose serta fotografinya.

"Selain aku memberi tips and trik di fashion, aku juga ada tips fotografi," lanjut Sofyan. "Sampai akhirnya, TikTok lagi ada campaign 'sama-sama belajar', eh menang. Kedua kalinya aku menang lagi, juara dua. Dan saat itu aku langsung naik banget di TikTok. Aku juga enggak menyangka sih."

3. Sering Dapat Request Tak Terduga Dari Followers


Sering Dapat <i>Request</i> Tak Terduga Dari <i>Followers</i>
TikTok/sofyansap

Ketika membuat konten ide foto, Sofyan memilih untuk memenuhi request-request dari para pengikutnya. Bahkan, beberapa kali ia pernah mendapatkan permintaan yang cukup kocak, seperti saat ia mendapatkan request gaya foto untuk orang yang berhijab.

"Aku dulu bikin basic-basic (ide foto) dulu. Sampai akhirnya, banyak yang request di komentar. Yang aneh, lebih ke kocak sebenarnya, ide foto buat yang berhijab sedangkan aku sendiri kan cowok," papar Sofyan. "Ada beberapa (request) yang aku enggak bisa bikin seperti pose ibu-ibu beranak satu dan orang hamil, itu terlalu spesifik. Kalau pakai model, aku takut nanti audiens enggak mengenali. Soalnya di sini yang jadi point of view-nya itu aku."

Tak hanya di TikTok dan Instagram, Sofyan pun berencana merambah ke YouTube untuk menjangkau lebih banyak pemirsa. Hanya saja, ia masih butuh beberapa penyesuaian karena format video di YouTube berbeda dengan TikTok dan Instagram. Meski demikian, ternyata konten-konten ide pose Sofyan sudah banyak di-repost oleh kreator lain di YouTube.

"Wah, orang-orang banyak nih yang repost di YouTube, yang jadi beban aku salah satunya itu. Cuma ya sudah enggak apa-apa. Karena kalau dibilang merugikan, ya merugikan," ujar Sofyan. "Cuma positifnya, mungkin aku bakal dikenal di YouTube dengan orang-orang repost, karena di situ juga ada username aku juga."

4. Tak Berhenti Ciptakan Ide-Ide Kreatif


Tak Berhenti Ciptakan Ide-Ide Kreatif
TikTok/sofyansap

Tak hanya ide pose saat foto, Sofyan juga membuat konten-konten lain yang bertema fashion seperti "outfit inspired by" hingga "photoshoot kreatif". Dalam konten photoshoot kreatif, Sofyan menyisipkan klip keseruan di balik layar sesi foto dengan konsep-konsep yang bertemakan unik. Ia juga mengaku dapat totalitas tampilkan sisi seni saat membuat konten photoshoot kreatif.

"Sejujurnya sampai detik ini, konten favorit aku adalah photoshoot kreatif. Konten yang sejauh ini paling membekas, konten photoshoot bulan Agustus, aku bikin mini campaign buat diriku sendiri," terang Sofyan. "Dari awal sampai 17 Agustus, aku bikin video photoshoot kreatif seputar kebudayaan Indonesia dan itu viral banget. Banyak yang apresiasi tentang hal itu juga. Itu project yang menurut aku paling membekas sampai detik ini."

Hingga kini, unggahan photoshoot kreatif Sofyan yang bertemakan kebudayaan Indonesia ini sudah berhasil menyita perhatian lebih dari 3 juta penonton. Ke depannya, ia juga mengaku tengah mempersiapkan proyek besar lainnya dengan konsep yang lebih kreatif.

5. Tantangan Terberat Melawan Diri Sendiri


Tantangan Terberat Melawan Diri Sendiri
TikTok/sofyansap

Meski kerap dianggap mulus, Sofyan mengaku bahwa kariernya sebagai konten kreator tak selalu di atas. Beberapa kali, ia juga pernah mengalami penurunan jumlah viewers. Meski demikian, ia tak lantas menyerah. Sofyan pun memilih melakukan evaluasi untuk memperbaiki kekurangan kontennya.

"Pasti namanya konten kreator pada akhirnya ada up and down-nya. Sometimes kita di atas, sometimes kita di bawah. Aku sih balik ke diriku sendiri, introspeksi. Apa sih yang kurang dari konten aku?" ujar Sofyan. "Jadi, aku evaluasi diri, apa yang perlu aku improve? Mungkin, aku kurang ikut tren? Apa nih yang perlu di improve dari konten aku?"

Tantangan lain yang diakui Sofyan cukup berat dihadapi adalah saat ia harus melawan diri sendiri. Suatu hari, ia mengaku sempat merasa lelah dan ingin berhenti. Bahkan, ia juga pernah merasa down hingga malas dan mogok membuat konten. Namun, ia akhirnya bisa bangkit ketika mengingat tujuan awalnya untuk membuat konten.

6. Belajar Dapatkan Potret Fotogenik Ala Sofyan Pratama


Belajar Dapatkan Potret Fotogenik Ala Sofyan Pratama
TikTok/sofyansap

Bagi kalian yang saat ini ingin mencoba berkarier sebagai konten kreator, Sofyan berpesan untuk tetap menjadi diri sendiri. Sebab, terlalu mengikuti tren atau mengikuti gaya orang lain hanya akan membuat seseorang tidak enjoy saat menjalaninya.

"Tipsnya adalah 'be your authentic self'. Jadi, saran aku jangan terlalu mengikuti tren. Mengikuti tren enggak apa-apa, tapi jangan berpura-pura jadi orang lain. Karena aku berpengalaman bikin konten yang 'enggak aku banget' dan aku enggak enjoy menjalaninya," pesan Sofyan. "Jadi, cari tahu kelebihannya di mana, itu yang harus ditonjolkan. Jangan ikut-ikutan orang."

Selain itu, Sofyan juga berbagi tips untuk mendapatkan potret yang fotogenik saat berfoto. Menurutnya, angle dan pose adalah hal yang paling penting. Ditambah, pemilihan lokasi juga menjadi kunci agar foto terlihat lebih menarik. Jika ketiga hal ini sudah dikuasai, foto akan jadi lebih menarik meski dipotret dengan menggunakan ponsel biasa.

"Dua-duanya penting (angle dan pose). Kalau pose fotonya bagus, sudah mengikuti pose foto dari aku, tapi yang motret angle fotonya enggak bagus, itu berpengaruh. Terus, angle-nya sudah bagus pun kalau posenya awkward juga enggak bakal bagus di foto," jelas Sofyan. "Jadi, dua-duanya harus sejalan. Lokasi juga penting. Makanya, aku bikin tips fotonya, gimana cara foto teman yang benar. Tonton video aku aja. Karena aku sudah banyak bikin tips and trik di konten-konten aku."

7. Bersyukur Bisa Berguna Bagi Banyak Orang


Bersyukur Bisa Berguna Bagi Banyak Orang
TikTok/sofyansap

Sejauh ini, Sofyan mengaku tujuan utama ia membagikan konten adalah untuk menjalankan hobinya di bidang fotografi dan fashion. Ia pun tak pernah menaruh ekspektasi lebih terhadap konten-konten unggahannya. Karena itulah, ia mengaku sangat bersyukur apabila banyak orang mengaku terinspirasi karena video-videonya. Ke depannya, Sofyan pun berharap agar bisa tetap kreatif saat membuat konten.

"Dari awal aku share konten, tujuan aku bukan mencari followers. Mindset aku ingin share apa hobi aku dan aku enjoy menjalani. Itu value yang aku pegang sampai detik ini," ungkap Sofyan. "Aku enggak ada ekspektasi yang bagaimana. Kalau pun nanti aku berguna dan menjadi inspirasi untuk orang lain, itu aku sudah bersyukur banget. Goals aku, aku tetap menjadi diri aku yang kreatif dan positif serta tetap stay bikin konten buat orang lain."



You can share this post!