Mulai Susun Program Latihan
TikTok/adityakharismara
Health

Beragamnya alat di tempat gym sering kali buat pemula jadi kebingungan. Karena itulah, kali ini Gde Aditya Kharismara bagikan tips sukses gym khusus buat para pemula. Ini dia selengkapnya.

WowKeren - Jika tak memungkinkan untuk mendapatkan bimbingan dari personal trainer, jangan khawatir! Para pemula bisa saja menyusun program latihan sendiri. Saat menyusun program, pastikan untuk memvariasikan jenis latihan sehingga tidak melatih otot yang sama setiap hari. Dengan menyusun program latihan sendiri, para pemula bisa lebih mengenali kebutuhan tubuh masing-masing.

"Bagi pemula, luangkan waktu latihan 30 menit sampai 1 jam itu sudah bagus. Misalnya bisa latihan seminggu dua kali. Hari pertama bisa latihan upper body (tubuh bagian atas) seperti bahu, punggung, badan, dan tangan. Sedangkan di hari kedua untuk latihan kaki," jelas Adit. "Kalau bisa tiga kali, hari pertama bahu sama dada, hari kedua kaki, dan ketiga bisa latihan punggung. Saat pemula, saya punya momen ketika melatih otot yang sama setiap hari, itu kesalahan juga."

Beberapa alat simpel yang bisa dicoba oleh pemula untuk melatih otot bahu adalah adalah shoulder press machine. Selain itu, lat pull down juga merupakan pilihan alat terbaik untuk melatih kekuatan punggung.

"Ketika ke gym, beberapa alat yang simpel untuk latihan bahu adalah dua buah dumbbell. Untuk mesin ada namanya shoulder press machine. Untuk dada nama alatnya chest press machine atau bench press machine," terang Adit. "Selanjutnya, lat pull down untuk latihan punggung. Untuk kaki, beberapa gym yang punya alat leg press. Itu untuk basic pemula yang bisa dilakukan."

(wk/yoan)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel