Picu Gangguan Pola Makan
pexels/Zacharias Korsalka
Health

Menjaga pola makan diet sering disalahpahami dengan melakukan hal ekstrem seperti makan terlalu sedikit. Berawal dari pengalaman, Yusuf Saragih mengungkap bahaya-bahaya diet ekstrem yang wajib diketahui!

WowKeren - Pada dasarnya, diet ekstrem masih bisa dilakukan jika seseorang memiliki kondisi obesitas yang cukup parah. Beberapa kondisi kesehatan khusus juga sering kali disarankan untuk menjalankan diet ekstrem namun dengan pengawasan dari dokter. Jadi, apabila kalian tidak mengalami kondisi khusus seperti yang sudah disebutkan, sangat tidak dianjurkan untuk melakukan diet ekstrem.

"Diet ekstrem buat menurunkan berat badan sebenarnya bisa dilakukan dalam keadaan tertentu. Misalnya, kondisi obesitas yang parah atau atlet-atlet yang mau ikutan kontes. Itupun biasanya hanya dilakukan satu minggu saja, enggak dianjurkan dilakukan untuk jangka panjang," papar Yusuf.

Saat seseorang yang tak memiliki kondisi khusus namun memaksa dirinya untuk melakukan diet ekstrem, tak bisa dipungkiri bahwa akan muncul rasa "takut" saat makan. Rasa takut inilah yang makin lama akan memperburuk hubungan seseorang dengan makanan. Akibatnya, gangguan pola makan atau yang lebih dikenal dengan eating disorder pun tak bisa terhindarkan.

(wk/yoan)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terbaru