6 Teori Konspirasi di 'Pengabdi Setan 2: Communion' Bikin Tercengang, Nomor 4 Paling Picu Penasaran
Rapi Films
Film
Serba-Serbi Pengabdi Setan 2

Warga Twitter sempat heboh membahas mengenai teori konspirasi Joko Anwar di film 'Pengabdi Setan 2: Communion'. Kiranya ada 6 teori yang masih belum terpecahkan seluruhnya sampai film berakhir.

WowKeren - Film "Pengabdi Setan 2: Communion" telah sukses menyita perhatian publik. Alur cerita yang menarik dan tak mudah ditebak membuat film ini berhasil tembus 3,5 juta penonton dalam empat hari penayangan. Keseraman dan ketegangan yang maksimal menjadi daya tarik film garapan Joko Anwar ini.

Tak hanya ramai ditonton di bioskop, "Pengabdi Setan 2: Communion" juga menjadi perbincangan hangat netizen di jagat maya. Salah satunya yang sedang heboh dibahas adalah mengenai berbagai teka-teki tak terpecahkan dalam film ini. Warganet pun berspekulasi tentang teori konspirasi Joko Anwar yang terbaca lewat berbagai kode unik penuh misteri dalam film.

Ada 6 teori konspirasi yang ditemukan oleh warganet. Merek menduga jika teori-teori ini menguhubungkan "Pengabdi Setan 2: Communion" dengan multiverse film garapan Joko Anwar yang lain.

1. Misteri Raminom

Sosok Raminom sampai akhir film "Pengabdi Setan 2: Communion" pun belum diketahui pasti identitasnya. Sosok wanita berpakaian putih dengan tudung layaknya pengantin ini sudah terlihat dari awal film. Di mana fotonya dipajang di dinding Boscha, tempat para pocong atau mayat yang dibiarkan bersujud menghadap kepadanya.

Adapun Raminom bukanlah sosok ibu dari Rini (Tara Basro) yang sesungguhnya. Ia hanyalah kamuflase untuk menarik para target ke rumah susun angker tersebut.

Ada pula yang mengatakan bahwa Raminom bukanlah setan sesungguhnya. Ada dua teori yang dipaparkan mengenai identitas Raminom ini. Yang pertama ia disembah sebagai false god (Tuhan palsu), namun justru dianggap sebagai the real god oleh pengabdinya. Atau ia hanya sebagai prophet alias Nabi yang membawa wahyu Tuhan dan kemudian diagungkan oleh para pengabdinya.

2. Herorase

Herorase ini muncul dalam salah satu scene di "Pengabdi Setan 2: Communion". Saat Gambir (Fachri Albar) mendatangi sebuah tempat yang disebut HERORASE. Di pintu tempat itu terdapat sederet angka, yakni 42651378 yang jumlahnya sama seperti jumlah huruf HEROSASE. Jika angka dan huruf itu disejajarkan lalu angkanya diurutkan, maka akan ditemukan kata SEAHORSE yang berarti kuda laut.

Teori yang beredar mengatakan bahwa pintu tersebut berkaitan dengan film "Pintu Terlarang" garapan Joko Anwar tahun 2009 silam, di mana Fachri Albar juga sebagai pemerannya. Di dalam film "Pengabdi Setan 2: Communion", Herorase juga merupakan nama sekte yang dianut oleh para pemuja setan tersebut. Sekte ini digambarkan telah ada sejak 1950-an. Termasuk dugaan bahwa banyak para pemimpin negara yang hadir pada Konferensi sia Afrika (KAA) telah bergabung dengan sekte.

3. Tanggal 17 April


Dalam film, 17 April disebutkan sebagai tanggal dibangunnya rusun yang ditempati oleh keluarga Tara Basro. Penulisan 17 April sendiri menjadi 4-17 yang berdasarkan tata cara penulisan bahasa Inggris, yakni keterangan bulan terlebih dahulu yang diikuti dengan tanggal. Rupanya, angka tersebut ada kaitannya dengan unsur keagamaan.

4. Siapa Batara dan Darminah?

Sosok Batara dan Darminah yang diperankan oleh Fachri Albar dan Asmara Abigail menjadi yang paling membuat penonton bertanya-tanya. Mereka penasaran dengan dua tokoh ini yang diketahui sebagai pasangan.

Ada yang berteori bahwa Batara dan Darminah adalah sosok perwujudan antara kebaikan dan kejahatan. Batara sebagai perwujudan kebaikan Dewa atau Tuhan lantaran sempat bertemu dengan Budiman di halte dan tidak memperlakukannya dengan menolong, malah ia berniat menolong mengantarkan ke rusun. Sedang Darminah adalah perwujudan setan atau kejahatan. Terkuak saat ia sempat berbicara "kita itu di pihak siapa?" di akhir film.

Di ending sempat terlihat foto mereka diantara para pemimpin negara dalam Konferensi Asia Afrika (KAA). Di situ tampak wajah mereka tidak bertambah tua walaupun jarak antara KAA dan setting Pengabdi Setan 2 berjarak 29 tahun. Ini menunjukkan bahwa Batara dan Darminah adalah the real dead yang tidak ingin muncul dan menikmati jadi penonton dari semua kekacauan dan kematian yang ada.

5. Turunnya Antichrist

Jika dilihat keseluruhan dari film "Pengabdi Setan" yang pertama, cerita "Pengabdi Setan 2: Communion" ini menunjukkan bangkitnya antichrist. Siapa lagi kalau bukan Ian (Muhammad Adhiyat), yang merupakan antiklimaks mengendalikan semuanya. Diketahui, Ian kahir dari rahim Ibu Mawarni Suwono di "Pengabdi Setan" namun dari benih yang berbeda.

6. Sosok Wisnu

Munculnya beberapa tokoh baru di "Pengabdi Setan 2: Communion" ini juga menjadi perhatian tersendiri. Salah satunya adalah Wisnu, sosok bocah kecil yang juga bisa berbicara menggunakan bahasa isyarat rahasia sama seperti Ian.

Muncul teori yang mengatakan bahwa orangtua Wisnu adalah salah satu pengikut sekte pengabdi setan. Pasalnya ada salah satu scene yang memperlihatkan Wisnu diganggu setan yang tak lain adalah ayahnya. Namun, ada juga yang mengatakan bahwa kemunculan Wisnu ini sebagai musuh Ian yang sepadan.

Pun pada akhirnya membagi kubu manusia menjadi dua. Yakni kubu pengabdi setan yang diwakili oleh Ian dan kubu manusia yang melakukan kebaikan yang diwakili oleh Wisnu.

(wk/lara)

You can share this post!

Artikel Terkait