Angkat Kisah Kepercayaan dan Mistis di Indonesia, Begini Film 'Jagat Arwah' Tercipta
Instagram/jagatarwah
Film

Film horor yang diproduksi oleh Visinema Pictures itu akan segera menghantui layar bioskop Indonesia. Menjelang perilisan, tim 'Jagat Arwah' memberikan bocoran awal mula terciptanya film tersebut.

WowKeren - Film dengan genre horor akan kembali menghiasi layar bioskop Indonesia pada 29 September 2022. Adapun film horor terbaru yang dimaksud adalah "Jagat Arwah".

Melalui kanal YouTube Visinema Pictures, "Jagat Arwah" membagikan behind the story. Dalam hal ini, pihaknya juga menceritakan awal mula film "Jagat Arwah" tercipta.

Sebagaimana diketahui, Indonesia memiliki segudang cerita legenda yang meluas di kalangan masyarakat. Bahkan banyak cerita folklore yang akhirnya berkembang di masyarakat Indonesia dan menjadi suatu kepercayaan.

Kepercayaan yang berkembang di masyarakat Indonesia ini lah yang akhirnya diangkat ke dalam film "Jagat Arwah", dibalut dengan sedikit penyesuaian kreatif. Meski terkesan terlalu banyak, namun itu memang dibutuhkan untuk memberikan warna baru hingga mendobrak apa yang sudah diketahui tentang film Indonesia.

Tidak dipungkiri, Indonesia memiliki banyak sekali dongeng-dongeng berbau mistis, atau dalam hal ini istilah "klenik" jauh lebih popular. Dan tidak bisa dipungkiri sejak kecil, masyarakat Indonesia sudah akrab dengan sosok kuntilanak, gendruwo, dan pocong.

Selain itu, istilah "Orang Pintar" juga bukan menjadi hal asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Dalam film "Jagat Arwah" ini diketahui juga mengangkat mengenai kepercayaan konsep "Sedulur Papat Limo Pancer", yang mana merupakan konsep pada setiap kelahiran, ada empat saudara lain yang menemani.


Dalam konsep tersebut, mereka dipercaya sebagai roh-roh yang merupakan bagian dari manusia yang terlahir ke dunia, yang menyempurnakan. "Mungkin kalian juga mengenal mereka dalam bentuk dan nama yang lain, konsep-konsep ini hidup bersama kita, menjadi bagian penting dari hidup kita," bunyi narasi pada unggahan kanal YouTube tersebut, dilihat Jumat (23/9).

Dalam video berjudul "Jagat Arwah-Behind The Story" itu juga disebutkan bahwa berawal dari dekatnya budaya dengan masyarakat, tim "Jagat Arwah" memiliki sebuah pertanyaan, "Bagaimana dunia arwah dan manusia yang hidup berdampingan itu".

Berangkat dari pertanyaan tersebut, tim "Jagat Arwah" pun menggambarkannya dalam media film. Film ini sendiri bercerita mengenai Raga yang diperankan Ari Irham, seorang remaja yang ingin meninggalkan desanya untuk mengejar mimpinya sebagai musisi.

Akan tetapi, Raga harus mengubur mimpinya itu lantaran harus meneruskan apa yang sudah dikerjakan oleh keluarganya selama bertahun-tahun. Berangkat dari kisah ini, tim "Jagat Arwah" pun menambahkan unsur-unsur klenik yang sudah tidak asing bagi masyarakat.

Sukmo, ayah Raga yang merupakan "orang pintar" memiliki tugas untuk menjaga keseimbangan antara dunia manusia dan dunia arwah yang kemudian diwariskan kepada putranya. Tim "Jagat Arwah" pun memasukkan sosok-sosok hantu yang akan membantu Raga.

Adapun arwah-arwah yang dimasukkan adalah sosok-sosok hantu yang sudah dikenal masyarakat luas sebagai sebuah adaptasi. Tim "Jagat Arwah" pun memberikan unsur pendekatan fantasi dalam film horor tersebut.

Meski belum banyak film horor yang juga memberikan unsur fantasi, namun hal ini diyakini akan memberikan tontonan yang unik dan berbeda. Penasaran dengan hasil film-nya? Saksikan di bioskop pada 29 September 2022.

(wk/tiar)

You can share this post!

Related Posts