Kim Woo Bin Hingga SNSD, 9 Comeback Epic Artis Korea 2022 Setelah Lama Tak Aktif
Selebriti

Sepanjang 2022, sederet artis Korea mulai dari bintang K-Pop hingga K-Drama telah kembali menggebrak dunia hiburan. Simak rangkuman 9 comeback epic yang terdiri dari SNSD, Kim Woo Bin dan sejumlah nama-nama terkenal lainnya.

WowKeren - Awal baru bukan hanya bagi wajah-wajah anyar, melainkan untuk mereka yang sudah lama hilang. 2022 menjadi tahun di mana sejumlah artis memilih mengakhiri masa hiatus mereka.

Mulai dari para idol generasi terdahulu yang kembali beraktivitas, sejumlah aktor dan aktris ternama juga kembali merilis karya baru mereka. Sehingga para penggemar bisa mengobati rindu akan wajah-wajah lawas yang sudah lama tidak muncul batang hidungnya.


Beberapa artis Korea ini kembali setelah hiatus untuk berbagai alasan. Adapun alasan mereka sempat menarik diri dari industri hiburan antara lain sedang dalam proses penyembuhan, usai terlibat skandal, hingga grup yang balik bersama lagi usai sempat berpisah jalan.

Tim WowKeren telah merangkum sederet artis yang kembali meramaikan dunia hiburan Korea sepanjang 2022 ini. Penasaran? Yuk, simak selengkapnya.

(wk/inta)

1. SNSD


SNSD

"Forever One!" demikianlah yang diserukan Yoona dalam baris pertama lagu SNSD (Girls' Generation) terbaru. Benar, salah satu comeback ter-epic tahun 2022 ini adalah girl grup legendaris yang dipimpin Tae Yeon.

SNSD kembali merilis full album bertajuk "FOREVER1" pada 5 Agustus 2022 secara digital dan fisik dirilis pada 8 Agustus, pertama kalinya mereka berpromosi sejak pisah agensi lima tahun lalu. Seperti diketahui, hanya Tae Yeon, Sunny, Kwon Yuri, Hyoyeon dan Yoona yang masih berada di SM Entertainment. Sedangkan Tiffany, Sooyoung dan Seohyun telah berkarier di luar agensi tersebut, sehingga comeback kali ini tergolong unik dan spesial.

Comeback SNSD kali ini juga dilakukan untuk memperingati ulang tahun ke-15 grup. Menjelang perilisan album, mereka menyuguhkan reality show "Soshi TamTam" sepanjang 8 episode untuk menyambut kembalinya grup.

Meski sempat ditunda 2 pekan, SNSD tampil di beberapa acara musik dengan "FOREVER1". Comeback stage pertama mereka di "Music Bank" setidaknya telah ditonton lebih dari 7 juta kali dan 2 juta kali di "Show! MusicCore". Kembalinya SNSD semakin epic dengan penampilan mereka di "SM TOWN LIVE 2022" padahal tidak semua member masih menjadi bagian SM Entertainment.

2. Kim Woo Bin


Kim Woo Bin

Setelah enam tahun vakum, Kim Woo Bin kembali berakting. Seperti diketahui, aktor berpostur tinggi itu telah didiagnosis menderita kanker nasofaring pada 2017 lalu.

Tak main-main, Kim Woo Bin kembali berakting dalam film "Alienoid" dan drama "Our Blues". Bahkan ia muncul dalam "Unexpected Business", menandakan dirinya benar-benar kembali aktif di industri hiburan.

Comeback akting Kim Woo Bin menjadi epic karena ia terlibat dalam satu drama dengan kekasihnya, Shin Min A. Meski tidak berperan sebagai sepasang kekasih di "Our Blues", kerja sama aktor yang menjalin hubungan asmara secara publik dalam satu proyek bukanlah hal biasa. Bahkan sepasang kekasih ini juga berbagi frame yang sama beberapa kali.

Apalagi, "Our Blues" tergolong berhasil dengan memperoleh rating kisaran 7,1 persen hingga 14,5 persen secara nasional. Sedangkan untuk kawasan metropolitan drama ini meraup rating terendah 7,2 persen dan tertinggi 15,7 persen.

Meski "Alienoid" mulai syuting pada 2020, film ini baru dirilis dua tahun kemudian. Pada hari pertama, film ini menarik 158.162 penonton dan menduduki puncak box office Korea Selatan. Meski melampaui 1 juta penonton dan menjadi yang terlaris ke-9 2022 dengan penghasilan 11,2 juta USD (sekitar Rp174 miliar) film ini belum bisa disebut untung karena biaya produksi gila-gilaa.

3. BIGBANG


BIGBANG

Pada April 2022, BIG BANG resmi mengakhiri masa hiatus mereka. G-Dragon, T.O.P, Daesung dan Taeyang merilis lagu berjudul "Still Life" yang kemudian debut di peringkat 1 Gaon Digital Chart Korea Selatan.

Setelah tiga hari dirilis, "Still Life" berada di 10 besar chart Billboard's Global 200 dan Global Excluding US. Menjadikan BIGBANG sebagai artis ke-3 dengan pencapaian tersebut. Selain itu, lagu ini juga memenangkan 9 trofi acara musik meski tidak ada promosi dan mendapat Best Vocal Performance - Group di MAMA Awards 2022.

BIGBANG meluncurkan lagu baru setelah terakhir kali merilis "Flower Road" sebelum pergi wajib militer pada 2018. Sehingga kembalinya boy grup dengan julukan "King of K-Pop" itu sudah banyak dinantikan penggemar. Meski T.O.P telah mengakhiri kontrak dengan YG Entertainment, ia tetap berpartisipasi dalam aktivitas BIGBANG.

4. Seo Ye Ji


Seo Ye Ji

Setelah menghilang dari publik buntut skandal kehidupan pribadinya, Seo Ye Ji kembali berakting. Setahun menarik diri, aktris cantik itu menandai comeback dengan membintangi drama tvN "Eve".

Seperti diketahui, Seo Ye Ji dituduh sebagai biang dari sikap Kim Jung Hyun dalam konferensi pers "The Time". Selain tuduhan sebagai pacar posesif dan gaslighting, Seo Ye Ji semakin menjadi sasaran hujatan publik. Bahkan ia harus mundur dari drama "Island" yang dibintangi Kim Nam Gil hingga Cha Eunwoo ASTRO.

Kembalinya Seo Ye Ji dalam drama "Eve" menuai reaksi beragam. Sebagian memberikan pujian atas keberanian Seo Ye Ji dalam mengambil karakter "bunga berbahaya" Lee Ra El. Selain itu, jalan cerita kontroversial dan intens juga menjadikan Seo Ye Ji pusat perhatian kala drama ini tayang.

5. BLACKPINK


BLACKPINK

Setelah dua tahun absen merilis musik, BLACKPINK kembali dengan album baru pada September 2022. Sebelum merilis "BORN PINK", Jennie, Jisoo, Rose dan Lisa meluncurkan single "Pink Venom" yang memecahkan rekor di mana-mana.

"Pink Venom" sendiri menduduki puncak Billboard Global 200 selama dua pekan. Lagu ini juga menduduki peringkat ke-2 Circle Digital Chart Korea Selatan, berada di nomor 22 Billboard Hot 100, dan menjadi satu-satunya dari girl grup K-Pop yang menduduki puncak ARIA Singles Chart.

Setelahnya, "BORN PINK" tidak kalah mengesankan. Dengan title track "Shut Down" telah berada di puncak Circle Digital Chart, nomor 24 di Hot 100, memperoleh penjualan lebih dari 2 juta copy hanya dua hari pasca dirilis. Di Amerika Serikat Sendiri, album ini debut di peringkat 1 Billboard 200 menjadikan BLACKPINK artis wanita Korea pertama yang melakukannya.

6. Chen


Chen

Chen EXO menyelesaikan wajib militernya pada 25 April 2022. Sebelum promosi karya baru, Chen kembali muncul di hadapan publik pada konser SMTOWN LIVE 2022.

Beberapa bulan setelah keluar dari militer, ayah dua anak itu merilis EP ketiganya yang bertajuk "Last Scene". Namun sayangnya perilisan album Chen harus ditunda karena rencananya bertepatan dengan masa berkabung karena tragedi kerumunan Itaewon. Rencananya dirilis pada 31 Oktober, "Last Scene" akhirnya diluncurkan pada 14 November.

Sebelum akhirnya merilis album, Chen mendapatkan pesan-pesan hangat dari member EXO lainnya seperti Suho, Chanyeol, Xiumin, Kai dan Sehun. Pada intinya mereka meminta Chen menikmati masa promosinya lagi setelah lama hiatus yang tentunya dinantikan para fans.

7. G.O.D


G.O.D
Instagram/godjp

g.o.d telah menggelar konser selama tiga hari pada 9-11 Desember di Olympic Park Gymnastic Stadium. Penampilan itu adalah yang pertama kalinya dalam 4 tahun. Aktivitas resmi mereka sebagai boy grup beranggota 5 member juga merupakan yang pertama kalinya dalam 12 tahun.

Selain di Seoul, g.o.d akan kembali menghibur penggemar dalam sebuah konser di Busan. Park Joon Hyung, Yoon Kye Sang, Danny Ahn, Son Ho Young dan Kim Tae Woo akan kembali manggung pada 24 dan 25 Desember mendatang.

Konser g.o.d rupanya didatangi oleh IU yang merupakan fangirl garis keras. Sebelumnya, IU pernah menyatukan kelima member dalam konser beberapa tahun lalu.

8. Hyun Bin


Hyun Bin

Sejak "Crash Landing On You" tayang pada 2019 hingga 2020, Hyun Bin belum kembali berakting hingga tahun ini. Karya suami Son Ye Jin itu baru bisa dinikmati dalam bentuk film sejak 2022.

Hyun Bin sempat menjadi topik panas karena mengakhiri masa lajangnya dengan menikahi Son Ye Jin pada Maret 2022. Pasangan ini sudah go public sejak terlibat cinlok pada drama "Crash Landing On You". Sehingga kembalinya Hyun Bin menunjukkan kemampuan aktingnya semakin diantisipasi.

Tayang pada tahun ini, "Confidential Assignment 2: International", film ini menjadi comeback akting Hyun Bin setelah lama tidak muncul. Kesuksesan film ini ditunjukkan dengan meraih 1 juta penonton pada hari ketiga dan mengumpulkan pendapatan kotor tertinggi ke-3 di tahun 2022. Menarik 6.982.840 penonton, film ini meraup 54 juta USD (sekitar Rp845 miliar).

Setelah "Confidential Assignment 2: International", Hyun Bin tengah bersiap-siap membintangi film terbaru. Nantinya ia akan muncul dalam film "The Point Men" dan "Harbin".

9. KARA


KARA

Memasuki tahun ke-15, KARA mengumumkan comeback mereka sebagai grup. Setelah Goo Hara meninggal dunia, girl grup ini menyisakan tiga member yakni Park Gyuri, Han Seung Yeon dan Youngji. Namun pada tahun ini, Nicole dan Kang Ji Young kembali sebagai member.

Meski sudah berjalan masing-masing sejak 2016, KARA berhasil merilis album "Move Again" di bawah naungan RBW. Menariknya, KARA melakukan comeback stage mereka dengan "When I Move" dalam helatan MAMA Awards 2022 pada 29 November.

Selain manggung di MAMA Awards 2022, KARA juga mempromosikan "When I Move" di acara-acara musik. Seiring dengan comeback mereka, lagu-lagu lawas girl grup legendaris ini juga kembali naik ke chart. Menandakan bahwa atensi publik kembali tertuju pada mereka usai rilisan album baru.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru