Ada EXO-CBX, 7 Artis Korea Ini Bermasalah Dengan Agensi Karena Gaji
Selebriti

Chen, Baekhyun, Xiumin EXO mengakhiri kontrak eksklusif mereka dengan SM Entertainment melalui hukum karena agensi menolak melakukan transparansi pendapatan meski telah 7 kali diminta. Sementara itu konflik gaji, juga sempat menimpa nama artis ini.

WowKeren - Pada Kamis (1/6), Chen, Baekhyun, dan Xiumin EXO atau EXO-CBX menggemparkan karena pengumuman dari kuasa hukum mereka. Member sub unit EXO ini mengakhiri kontrak eksklusif mereka dengan SM Entertainment melalui hukum karena agensi menolak melakukan transparansi pendapatan meski telah 7 kali diminta.

Selain itu, pengacara Baekhyun cs juga mengatakan bahwa SM Entertainment berusaha membuat kontrak dengan masa tidak masuk akal yakni sampai 17 atau 18 tahun. Ini dianggap tidak adil dan merupakan kontrak perbudakan.


Di sisi lain, SM juga telah buka suara dan membantah semua tudingan. Agensi yang pernah dipimpin Lee Soo Man ini membantah tuduhan telah memaksa EXO-CBX untuk memperpanjang kontrak dan mengklaim jika artisnya memiliki hak untuk meninjau pendapatan serta saldo kapan saja. Kini kasus ini terus bergulir dan menjadi perbincangan hangat publik.

Sementara itu, ini bukan kali pertama idola di Korea Selatan mengalami ketidakadilan soal pendapatan. Padahal hal tersebut adalah hak mereka. Simak siapa saja:

(wk/rosi)

1. Lee Seung Gi


Lee Seung Gi
MBC

Awalnya Lee Seung Gi meminta Hook Entertainment terkait kejelasan bayarannya sebagai selebriti karena sang aktor diduga merasa ada masalah dengan gajinya. Terlebih saat itu, agensi yang dipimpin oleh Kwon Jin Young ini sempat digrebek pihak berwajib.

Seiring berjalannya Dispatch membongkar bahwa gaji suami Lee Da In ini, sebagai penyanyi sejak debut alias 18 tahun lamanya tak dibayar oleh Hook Entertainment. Gajinya sebesar 5,4 miliar won atau sekitar RP64 miliar tak pernah sampai ke tangan Lee Seung Gi.

Konflik antara Lee Seung Gi dan agensi berjalan cukup panjang hingga akhirnya uang sang aktor dikembalikan. Hook Entertainment meminta maaf dan mencapai penyelesaian dengan aktor kelahiran tahun 1987 itu.

Bintang "Vagabond" ini menyebut jika agensi itu mencoba menutup kasus ini secara sepihak atas nama pembayaran yang sudah selesai. Di sisi lain, alih-alih menggunakannya untuk kepentingan sendiri, Lee Seung Gi memilih mendonasikan semua uang tersebut.

2. Yeojin dan Chuu LOONA


Yeojin dan Chuu LOONA
MBC

Pada September 2022 lalu, Yeojin LOONA mengobrol dengan fans melalui platform FAB. Penggemar mengira idol tersebut sudah memiliki lebih banyak uang kini. Namun Yeojin membantahnya dan mengakui bahwa ia belum menerima penghasilan dari pekerjaannya sejak debut.

Tak lama kemudian, pada Oktober 2022, Chuu juga membeberkan secara tidak langsung bahwa ia juga tidak mendapatkan gaji bahkan kesulitan membeli makanan yang ia mau, saat menjadi bintang tamu di acara "Dr. Oh's Golden Clinic". Ia mengatakan tidak tidak memiliki pendapatan pada tahun lalu.

Kemudian muncul tudingan bahwa Blockberry Creative tidak memperlakukan LOONA dengan baik. Chuu juga menuntut agensi atas dasar pembagian biaya yang tidak adil pada akhir 2021. Lebih jauh, usai Chuu didepak dan 9 dari 11 member yang tersisa menggugat agensi, akhirnya Hyun Jin dan ViVi menuntut pembatalan kontrak eksklusif.

3. EXO-CBX


EXO-CBX
SPOTV News

Pada Kamis (1/6), Chen, Baekhyun, dan Xiumin EXO menunjuk firma hukum LIN untuk mewakili mereka untuk mengatakan kepada SM Entertainment perihal mengakhiri kontrak mereka. EXO-CBX sudah 7 kali meminta untuk transparansi pendapatan dan pembayaran sejak Maret hingga Mei namun tidak mendapat kejelasan.

Kuasa hukum juga mengatakan bahwa SM Entertainment berusaha membuat kontrak dengan masa tidak masuk akal yakni sampai 17 atau 18 tahun. Ini dianggap tidak adil dan merupakan kontrak perbudakan.

SM Entertainment langsung buka suara dan membantah semua tudingan. Agensi mengklaim jika artisnya memiliki hak untuk meninjau pendapatan serta saldo kapan saja. Mereka juga menyebut jika Baekhyun cs memiliki kehendak bebas untuk memperbarui kontrak mereka.

Masalah ini cukup pelik bahkan menyeret nama MC Mong selaku CEO agensi VIVIZ yang dituding mempengaruhi permasalahan kontrak EXO-CBX. Namun baik MC Mong maupun Chen cs sama-sama membantah adanya pengaruh pihak eksternal.

4. Euijin Eks SONAMOO


Euijin Eks SONAMOO

Setelah keluar dari SONAMOO, Euijin kini telah mengganti nama panggungnya menjadi Hezz. Lantas pada September 2022 lalu, ia membuat pengakuan tak pernah pernah dibayar kira-kira selama empat tahun SONAMOO aktif berpromosi. Gaji pertamanya justru dari menjadi paruh waktu di kafe usai grup bubar.

Usai mengakhiri kontraknya dengan agensi TS Entertainment pun, ia mengaku tak menerima bayaran apapun. Terungkap bahwa, agensi ini juga pernah melakukan hal serupa kepada Ashley Ladies' Code dan rapper Sleepy. TS Entertainment berhadapan dengan hukum usai Sleepy menuntutnya karena tak membayar gaji.

5. Yeonwoo Eks MOMOLAND


Yeonwoo Eks MOMOLAND
Instagram/chloelxxlxx

Saat menjadi bintang tamu menggantikan Jeon So Min di acara "Beautiful Autumn Village Michuri 2" 2019, Yeonwoo mengungkapkan fakta bahwa dirinya masih belum menerima penghasilan sama sekali sejak debut bersama MOMOLAND. Rupanya ia saat itu masih berhutang dengan agensinya.

Namun hal ini membuat penggemar bertanya-tanya, terlebih di tahun tersebut grup ini mendapatkan popularitas karena lagu "BBoom BBoom". Di tahun yang sama, ia memutuskan hengkang dan memulai karirnya sebagai aktris. Sayangnya pada Januari 2023, MOMOLAND resmi disband.

6. Song Ji Hyo


Song Ji Hyo
Creative Group I&G

Song Ji Hyo kini sedang dalam proses mengajukan gugatan hukum melawan mantan agensinya, Uzurocks. Pihaknya membeberkan bahwa agensi masih belum memberikan bayaran Song Ji Hyo hingga batas waktu yang ditentukan.

Menurut laporan eksklusif Dispatch, Uzurocks berutang mencapai 900 juta won (sekitar Rp10 miliar) kepada Song Ji Hyo. Upah pembayaran sang artis ditunda sebanyak delapan kali. Baiknya, Song Ji Hyo sempat mengatakan dirinya tidak masalah menunggu sampai Uzurocks bisa membayar gajinya.

Namun karyawan agensi yang menderita karena keserakahan CEO. Pemain "Running Man" itu bahkan membantu karyawan dengan uangnya hingga akhirnya mengambil tindakan hukum dan mengirimkan lima permintaan pembayaran ke agensi. Terlebih CEO Uzurocks, Park Joo Nam dikatakan membelanjakan uang perusahaan untuk sewa Porsche-nya.

7. Hyosung Eks Secret


Hyosung Eks Secret

Pada tahun 2018 lalu, Hyosung eks Secret mengaku tak menerima gaji yang ditaksir senilai 6 juta Won (sekitar Rp77 Juta) sejak tahun 2015. Awalnya ia mengajukan gugatan hukum kepada TS Entertainment untuk memutuskan kontraknya hingga akhirnya terbongkar permasalahan gaji.

Pada akhirnya Hyosung merelakan gaji tersebut sehingga ia bisa hengkang dari agensinya sekarang. Rupanya, bukan hanya Secret, B.A.P juga mengalami hal serupa. Kabarnya, grup itu diperlakukan layaknya robot oleh TS Entertainment. SONAMOO, Ashley Ladies' Code dan rapper Sleepy juga sebelumnya konflik masalah gaji dengan agensi tersebut.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait