Farel Prayoga Profile
Farel Prayoga Profile Photo

Farel Prayoga

Profesi
Penyanyi
Tgl Lahir
Aug 8, 2010
Lahir di
Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia
Profesi
Penyanyi
Populer
Membawakan lagu "Ojo Dibandengke" dalam Perayaan HUT RI ke-77 di Istana Negara (2022)
Tempat Lahir
Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia
Kewarganegaraan
Indonesia
Populer Sejak
Membawakan lagu "Ojo Dibandengke" dalam Perayaan HUT RI ke-77 di Istana Negara (2022)

Farel Prayoga lahir di Banyuwangi pada 8 Agustus 2010 sebagai anak ketiga dari empat bersaudara. Farel terlahir di keluarga sederhana yang tinggal di Dusun Sumberjo, Desa Kepundungan, Banyuwangi, Jawa Timur. Sejak kecil, ia telah menunjukkan bakatnya dan kerap menyanyi di depan televisi.

Pada 2019 lalu, Farel akhirnya didaftarkan sang ayah yang bernama Joko Suyoto ke sekolah musik ONE NADA di Banyuwangi. Pemimpin sekolah musik tersebut, Wandra Restusiyan, juga menyadari bahwa Farel memiliki karakter vokal yang khas.

"Pak Joko datang ke sini. Waktu itu bilang pokoknya Farel biar belajar olah vokal menyanyi di sini," terang Wandra kepada Kompas.com pada Agustus 2022 lalu. "Sejak saat itu Farel belajar olah vokal, cengkok, belajar tangga nada, dan lain sebagainya."

Wandra menilai bahwa Farel adalah anak yang gampang menerima pelajaran dan mampu melaksanakan apa yang telah diajarkan gurunya. Meski begitu, Farel hanya sempat belajar di sekolah musik tersebut selama tiga bulan karena pandemi COVID-19. Setelah itu, Farel dan Wandra sempat hilang kontak selama beberapa waktu.

Suatu ketika, Wandra melihat unggahan di media sosial tentang seorang bocah laki-laki yang mengamen bersama ayahnya di pasar. Wandra lantas menyadari bahwa bocah tersebut adalah mantan anak didiknya, Farel Prayoga. Diketahui, Farel sudah sering ikut ayahnya mengamen di jalanan Banyuwangi sejak masih berusia 7 tahun. Bukan karena disuruh orangtuanya, namun karena keinginan Farel sendiri yang memang suka menyanyi.

"Dia sering ikut berkeliling ke pasar-pasar, bahkan dia sendiri yang menyanyi," terang Joko beberapa waktu lalu.

Akhirnya, Wandra mengajak Farel kembali ke studionya untuk merekam sejumlah cover lagu. Cover lagu pertama yang dinyanyikan Farel adalah "Satru 2" milik Denny Caknan. "Ternyata setelah lama enggak ketemu, vokal Farel sudah mulai matang. Dia begitu piawai menyanyikan lagu itu," beber Wandra.

Setelah itu, Farel mulai menyanyikan berbagai cover lagu termasuk "Ojo Dibandingke" yang dipopulerkan oleh Denny Caknan. Video Farel menyanyikan "Ojo Dibandingke" yang diunggah ke kanal YouTube ONE NADA Record Official pada 7 Juli 2022 lantas viral dan hingga kini telah diputar lebih dari 52 juta kali.

Bakatnya yang luar biasa membuat bocah SD tersebut diundang untuk tampil dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-77 di Istana Merdeka, Jakarta, pada 17 Agustus 2022 lalu. Farel membawakan lagu "Ojo Dibandingke" hingga sukses membius para penonton di Istana. Ia bahkan membuat Presiden Joko Widodo beberapa kali berdiri dari tempat duduknya, dan Ibu Negara Iriana Jokowi menggoyangkan tangan sesuai irama.

Karena keseruannya, Farel sampai menyanyikan lagu ciptaan Abah Lala tersebut sebanyak dua kali. Sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju pun tampak turun mendekati Farel dan berjoget bersama. Di antaranya Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi hingga Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah.

Menurut Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, pihaknya baru bisa menghubungi Farel 24 jam sebelum acara. Adapun pihak Istana mengundang Farel untuk tampil di hadapan Jokowi atas masukan dari berbagai pihak.

"Atas masukan berbagai pihak, baru kemarin kami berusaha mencari beliau ada di mana. Kami cari, kurang dari 24 jam berkomunikasi. Alhamdulillah dapat tiket," ungkap Heru kepada Kompas TV. "Kami deg-degan juga. Tapi Mas Farel bisa ke Istana dan bisa bawakan lagu yang diminta oleh Presiden Jokowi dan Ibu Negara."

Sementara itu, orangtua Farel tidak mendampingi putranya ke Jakarta. Ayah dan ibu Farel terpaksa menyaksikan penampilan putranya di Istana Merdeka lewat YouTube karena televisi di rumah mereka sedang rusak. "Kita lihat lewat YouTube. TV kami tersambar petir, jadi ndak (tidak) punya TV," terang Joko.

Setelah penampilan Farel viral, barulah mereka menonton penampilan sang buah hati di televisi milik tetangganya. Joko sendiri mengaku tidak menyangka anaknya bisa memberikan penampilan luar biasa di hadapan orang nomor satu di Indonesia. "Benar-benar tidak menyangka anak saya bisa sampai seperti ini. Saya kira pas diundang di Jakarta biasa saja, ternyata jadi ramai," jelas Joko.

Setelah penampilannya di Istana Merdeka viral, nama Farel mulai dikenal luas oleh publik. Farel diundang sejumlah stasiun televisi Tanah Air untuk manggung. Penyanyi cilik tersebut bahkan langsung mendapat undangan untuk tampil di acara "Amazing GTV Love Jember" pada 20 Agustus 2022, hanya tiga hari setelah ia tampil di Istana. Dalam acara tersebut, Farel sempat tampil membawakan lagu "Joko Tingkir" bersama pedangdut kondang Dewi Persik.

Tak hanya itu, Farel bahkan sempat menggelar konser bersama seniornya, Danang Pradana Dieva. Pertunjukan bertajuk "Kilau Konser Farel X Danang" tersebut disiarkan oleh MNCTV pada 14 Oktober 2022 lalu. Dalam konser tersebut, Farel dan Danang berduet menyanyikan sejumlah lagu hits seperti "Mobil Butut" hingga "Bunga Surgawi". Farel juga sempat berbagi cerita tentang kehidupannya yang sederhana.

Diungkapkan bahwa Farel dulu berinisiatif mengamen untuk membeli makanan untuk keluarganya. Menurut Danang, Farel pernah bercerita bahwa keluarganya sempat tidak bisa makan. Akhirnya Farel membeli tempe di warung namun berjanji baru bisa membayarnya di sore hari setelah ia mendapat hasil mengamen.

"Dia beli tempe sendiri, enggak pakai minta izin ke orangtuanya. Terus bilang ke warungnya, bilang apa?" tanya Danang kepada Farel dengan mata berkaca-kaca. "Bu, beli tempe dulu tapi nanti sore ya ku bayarnya, gitu," jawab Farel.

Selain ramai mendapat tawaran manggung, nama Farel juga masuk dalam nominasi sejumlah ajang penghargaan. Farel bahkan telah diganjar penghargaan Penyanyi Dangdut/Daerah Pendatang Baru Solo Terpopuler dari Indonesian Dangdut Awards (IDA) 2022. Ketika mendengar namanya disebut sebagai pemenang IDA 2022, Farel langsung berdiri dari kursi dan menyalami senior-senior yang duduk di dekatnya. Sikap sopan dan rendah hati Farel tersebut menuai pujian dari warganet.

Sebagai penyanyi cilik pendatang baru, Farel dikenal minim kontroversi. Meski begitu, Farel sempat ramai diperbincangkan usai membicarakan agama dengan Gus Miftah. Hal itu terjadi kala Farel dan Gus Miftah menghadiri acara pengajian di Banyuwangi.

Awalnya, Gus Miftah bertanya sejauh mana Farel telah belajar membaca Alquran. Namun Farel membisikkan ke Gus Miftah bahwa dirinya tidak mengaji. Mendengar pengakuan Farel, Gus Miftah lantas memberikan nasihat agar Farel mengaji.

"Kamu sekarang sudah terkenal, sudah mulai punya uang, Abah doakan kamu besok kamu jadi artis top internasional. Tapi yo ngaji bro, mosok enggak ngaji," tutur Gus Miftah.

Seorang panitia acara kemudian memberitahu Gus Miftah bahwa Farel bukanlah seorang Muslim lewat secarik kertas. Gus Miftah pun kaget dan sempat menanyakan agama Farel. Meski demikian, Farel tidak langsung mengungkapkan agamanya dan memberikan jawaban diplomatis.

"Entahlah (agamanya apa) soalnya privasi," kata Farel.

Jawaban Farel yang menegaskan bahwa agama adalah privasi lantas menuai apresiasi dari banyak warganet. Meski begitu, tak sedikit pula warganet yang kemudian bertanya-tanya soal agama Farel. Belakangan terungkap bahwa Farel sebenarnya adalah seorang Muslim meski kedua orangtuanya beragama Non-Muslim. Hal ini telah dikonfirmasi oleh Zidni Ilman Nafia selaku selaku pendamping Farel.

"Farel memeluk agama Islam tanpa ada paksaan dari siapa pun. Jadi dia memilih sendiri agamanya," jelas Zidni. "Toleransi di keluarga Farel sangat besar. Kedua orangtuanya Non-Muslim, namun kakak perempuan Farel beragama Islam. Sementara kakak laki-lakinya Nasrani."

Tak hanya menjadi buah bibir karena agama, Farel juga sempat diterpa oleh hoaks alias kabar bohong. Beberapa waktu lalu, penyanyi cilik itu digosipkan meninggal dunia. Kata kunci "Farel Meninggal" bahkan sempat trending di Google. Meski demikian, Zidni telah membantah kabar hoaks tersebut. "Hoaks. Ini saya sampai di-WA (WhatsApp) orang-orang tanya kabar Farel. Alhamdulillah Farel sehat," katanya kepada detikJatim, 13 November 2022.

Menurut Zidni, hoaks tersebut muncul karena adanya sejumlah konten negatif yang yang beredar dalam beberapa pekan terakhir. "Sudah seminggu lalu kabar itu kita dengar. Asal-usulnya ya dari konten yang produksi konten negatif," jelasnya.

Meski sempat diterpa hoaks, Farel kini tetap semangat manggung dan berkarya di dunia musik. Farel juga menggunakan pendapatannya untuk berbuat kebaikan. Farel dan manajemennya sempat berjanji akan membantu renovasi ruang guru dan ruang kepsek di sekolahnya, SDN 2 Kepundungan. Diketahui, plafon ruangan tersebut bolong hingga harus disangga tiang bambu sejak dua tahun lalu.

"Kami sangat senang dan berterima kasih jika memang diperbaiki," tutur Dewan Guru SDN 2 Kepundungan Dwi Irawati dan Ika Nisyaul.

Selain itu, Farel membantu keluarganya sendiri dengan melakukan renovasi rumah. Sebelumnya, rumah keluarga Farel memiliki dinding yang terbuat dari anyaman bambu. Kini, rumah yang masih dalam tahap renovasi itu telah memiliki tembok bata dan juga lantai keramik.

Hingga kini, Farel masih sibuk mengembangkan karier musiknya sembari tetap bersekolah. Farel baru saja menggelar konser bertajuk "Konser Viral Farel Prayoga" yang disiarkan Indosiar pada 14 November 2022 lalu. Selain itu, Farel juga baru mendapat dua piala di ajang penghargaan Anugerah Dangdut Indonesia 2022 yang digelar 17 November lalu.

Diskografi

Studio Album

  1. "Farel Prayoga, Vol. 1" (2022)
  2. "Tugiman" (2022)

Digital Single

  1. "Kelangan" (2022)
  2. "Percumo" (2022)
  3. "Tiara" (2022)
  4. "Ngomong Apik Apik" (2022)
  5. "Kelangan 123" (2022)
  6. "Ojo Dibandingke" (2022)
  7. "Maafkan Aku" (2022)
  8. "Kelangan 2" (2022)
  9. "Gemantung Roso" (2022)
  10. "Tau Tatu" (2022)
  11. "Mengapa Dia" (2022)
  12. "Cidro 3" (2022)
  13. "Janjine" (2022)
  14. "Nyandang Roso" (2022)
  15. "Joko Tingkir" (bersama Yeni Inka) (2022)
  16. "Ojo Nguber Welase" (2022)
  17. "Ngamen 5" (2022)
  18. "Tompo Loro" (2022)
  19. "Menunggu Kepastian" (2022)
  20. "Full Senyum" (2022)
  21. "Bagai Orang Terbuang" (2022)
  22. "Aku Ingin Bahagia" (2022)
  23. "Gerhana Dalam Cinta" (2022)
  24. "Tutupe Wirang" (2022)
  25. "Welas Hang Ring Kene" (2022)
  26. "Hujan" (bersama Mufly Key) (2022)
  27. "Aku Ngamen" (2022)
  28. "Ngamen 1" (2022)
  29. "Orang Ketiga" (2022)
  30. "Kesucian Ati" (2022)
  31. "Kanggo Riko" (2022)
  32. "Tresnomu Lungo" (2022)
  33. "Lewung" (2022)
  34. "Mandek Nangis" (2022)
  35. "Penipu Alus" (2022)
  36. "Tepung Kanji" (2022)
  37. "Kari Sukete" (2022)
  38. "Sun Yakin" (2022)
  39. "Sawangen" (2022)
  40. "Sakit Gigi" (2022)
  41. "Buih Jadi Permadani" (2022)
  42. "Tiket Suargo" (2022)
  43. "Oplosan" (2022)
  44. "Gulu Pedhot" (2022)
  45. "Tanjung Mas Ninggal Janji" (2022)
  46. "Tugiman" (2022)
  47. "Runtah" (2022)
  48. "Lungset" (2022)
  49. "Kuil Cinta" (2022)
  50. "Kereta Malam" (2022)
  51. "Suci Dalam Debu" (2022)
  52. "Klebus" (2022)
  53. "Sekuntum Mawar Merah" (2022)

Daftar Aksi Panggung

Ajang Penghargaan

  1. "Indonesian Television Awards (ITA) 2022" (22 September 2022)
  2. "Infotainment Awards 2022" (29 September 2022)
  3. "Indonesian Dangdut Awards 2022" (3 November 2022)
  4. "SCTV Awards" (14 November 2022)
  5. "Anugerah Dangdut Indonesia" (17 November 2022)

Konser

  1. "Kilau Konser Farel X Danang" (23 Agustus 2022)
  2. "Konser Viral Farel" (13 November 2022)

Penampilan Khusus

  1. "HUT ke-77 RI di Istana Merdeka" (17 Agustus 2022)
  2. "Amazing GTV Love Jember" (20 Agustus 2022)
  3. "GTV Love Suroboyo" (17 September 2022)
  4. "Gala Dinner State-Owned Enterprises (SOE) International Conference" (17 Oktober 2022)
  5. "Anniversary Celebration HUT MNC Group" (2 November 2022)
  6. "Shopee 11.11 Big Sale TV Show" (11 November 2022)
  7. "Festival Gubernur Suryo 2022" (19 November 2022)

Penghargaan

Anugerah Dangdut Indonesia

  1. 2022: Kolaborasi Dangdut Paling di Hati (bersama Inul Daratista dan Dara FU), Lagu Popdut Paling di Hati (bersama Mufly Key), Kolaborasi Dangdut Paling di Hati (bersama Vina Panduwinata) (nominasi), Lagu Dangdut Paling di Hati (bersama Mufly Key) (nominasi)

Indonesia Dangdut Awards

  1. 2022: Penyanyi Dangdut/Daerah Pendatang Baru Solo Terpopuler

Infotainment Awards

  1. 2022: Best Viral Celebrity (nominasi)

Kementerian Hukum dan HAM RI

  1. 2022: Piagam Penghargaan sebagai Duta Kekayaan Intelektual Kemenkumham RI

Silet Awards

  1. 2022: Artis Cilik Tersilet (nominasi), Pendatang Baru Tersilet (nominasi), Viral Tersilet (nominasi)

Trivia

  1. Sejak balita sudah sering menunjukkan bakatnya dan sering menyanyi di depan TV
  2. Pernah dimasukkan ke sekolah musik di Banyuwangi karena orangtuanya melihat bakat menyanyi Farel
  3. Sebelum terkenal, Farel dan ayahnya biasa mengamen di jalanan Banyuwangi
  4. Penampilannya dalam acara 17 Agustus di Istana Merdeka viral hingga membuat nama Farel semakin dikenal luas publik Indonesia
  5. Orangtuanya menonton penampilan Farel di Istana Merdeka lewat YouTube karena TV di rumah mereka rusak tersambar petir
  6. Sempat berniat membantu renovasi ruang guru dan ruang kepsek di sekolahnya
  7. Pentingkan pendidikan, Farel sempat berangkat sekolah naik jet pribadi dari Kalimantan Selatan karena tak mau bolos
  8. Bercita-cita tampil bareng Iwan Fals dan menyanyikan lagu "Ibu"
  9. Ponselnya sempat hilang kala konser di Malang-Pasuruan pada awal November 2022
  10. Meski menganut agama yang berbeda, orangtua Farel tetap mengingatkan putranya untuk tak lupa salat
  11. Sempat hibur korban banjir bandang di Desa Kalibaru, Banyuwangi, dengan membawakan lima buah lagu
  12. Menurut penuturan neneknya, Farel langsung masuk SD tanpa lewat TK
  13. Kakeknya adalah seorang seniman Janger dan Jaranan
  14. Dapat pesan khusus dari Presiden Jokowi untuk tidak lupa belajar dan sekolah setinggi-tingginya
  15. Ditunjuk sebagai Duta Kekayaan Intelektual Pelajar Bidang Seni dan Budaya Tahun 2022 oleh Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly