Jangan Terkecoh, 7 Mitos Diet Ini Hanya Akan Membuatmu Gemuk
pexels.com
SerbaSerbi

Jika selama ini kamu mempercayai hal-hal ini mampu mencegah berat badanmu naik, maka kamu harus cek kenyataannya di artikel ini.

WowKeren -

Memiliki berat badan ideal memang menjadi dambaan semua orang. Selain karena alasan kesehatan, alasan penampilan pun diyakini jadi penyebab banyak orang berbondong-bondong melakukan program diet.

Banyak program diet yang diyakini bisa menurunkan berat badan. Selain beberapa yang diatur oleh kesehatan, orang-orang sepertinya juga masih memercayai mitos-mitos tentang diet. Mitos tersebut misalnya, jika tidak ingin gemuk maka harus menghindari makan larut malam. Selain itu, ada pula yang percaya bahwa kita boleh makan apa saja asal rutin olahraga.

Hal-hal tersebut memang sepertinya terdengar benar. Akan tetapi, tampaknya masih ada banyak kesalahan informasi yang beredar sehingga bukannya membuat badanmu kurus, bahkan semakin gemuk.

Apa saja sih mitos-mitos yang tidak mensukseskan dietmu itu? Jangan terkecoh, ini dia 7 mitos diet yang hanya akan membuatmu gemuk.

1. Bisa Makan Apa Saja Asal Olahraga


Bisa Makan Apa Saja Asal Olahraga
unsplash.com

Selama ini kamu mungkin percaya kalau kamu bisa makan apa saja asalkan tetap berolahraga rutin. Hmm... tunggu dulu deh. Ternyata, kenyataan berkata lain.

Sayangnya, setengah jam berlari di atas treadmill tidak akan membantumu menurunkan berat badan jika disusul dengan makan beberapa potong kue dan juga kentang. Mesin treadmill mungkin akan menunjukkan bahwa kamu telah membakar ratusan kalori. Akan tetapi, semua hanya akan percuma dan dapat kembali dalam hitungan menit.

Intinya, hampir tidak mungkin melakukan olahraga tapi tetap makan sesukanya. Untuk bisa menurunkan berat badan, kamu harus rutin berolahraga dan tentunya diimbangi dengan makanan-makanan yang sesuai. Setelah itu, baru kamu bisa melihat hasilnya.

2. Kamu Akan Membakar Banyak Lemak Jika Tak Makan Sebelum Olahraga


Kamu Akan Membakar Banyak Lemak Jika Tak Makan Sebelum Olahraga
pexels.com

Kamu mungkin termasuk dari beberapa orang yang memilih tidak makan sebelum olahraga. Alasannya karena kamu ingin membakar jumlah kalori yang lebih banyak ketika berolahrga. Kalau kamu berpikiran demikian, maka sepertinya kamu harus diluruskan.

Kenyataannya, kamu tidak akan bisa berolahraga selama atau sekeras mungkin tanpa memberikan "bahan bakar" yang sesuai untuk tubuh. Lebih buruknya lagi, tidak makan sebelum olahraga hanya akan menurunkan kadar gula darah dan membuatmu merasa pusing. Kedua hal tersebut sangat bahaya jika terjadi di saat kamu berkeringat.

Memberikan "bahan bakar" yang memadai untuk tubuh sebelum berolahraga malah sangat berguna. Keputusan untuk memberikan beberapa asupan seperti protein shkae sebelum berolahraga bisa meningkatkan sintesis ototmu.

3. Makan Apa Saja Asal Jumlah Kalori Sama


Makan Apa Saja Asal Jumlah Kalori Sama
pexels.com

Beberapa orang percaya bahwa jika mereka memakan apa saja dengan jumlah kalori yang sama setiap hari, maka hal tersebut akan mensukseskan diet mereka. Ups, tampaknya itu hanyalah mitos belaka.

Perlu diingat bahwa makan ayam yang memiliki 300 kalori, tidak akan sama dengan makan kue yang memiliki 300 kalori. Tubuh menyimpan dan menggunakan kalori secara berbeda tergantung pada nutrisi setiap makanan.

Sebuah penelitian menemukan bahwa protein dari tanaman dapat memberikan efek kenyang yang lebih daripada protein dari daging. Selain itu, mengonsumsinya secara rutin juga menunjukkan adanya penurunan berat badan.

4. Tidak Boleh Makan Larut Malam Jika Tak Ingin Gemuk


Tidak Boleh Makan Larut Malam Jika Tak Ingin Gemuk
picjumbo.com

Tidak hanya pada malam hari saja, jika dilakukan sepanjang hari, makan banyak jenis makanan juga hanya akan berakhir membuatmu semakin gemuk. Faktanya, makan camilan yang tepat sebelum tidur justru akan meningkatkan metabolisme dan membantumu menurunkan berat badan.

Lalu, camilan tepat seperti apa yang bisa membuat gula darahmu tidak turun dan bisa tidur nyenyak? Cassie Bjork dari Healthy Simple Life menyarankan untuk mengkolaborasikan karbohidrat alami dengan lemak sehat. Makanan-makanan tersebut bisa berupa potongan apel dan selai almond. Bisa juga beruoa buah berry dengan krim kental atau wortel dengan guacamole tentunya dengan porsi yang sesuai.

5. Boleh Makan Apa Saja Asalkan Sehat


Boleh Makan Apa Saja Asalkan Sehat
unsplash.com

Alpukat, oatmeal, kacang dan mentega yang lembut memang sehat dan enak. Akan tetapi, mereka semua tidak rendah kalori. Tentu kamu lebih baik mengonsumsi oatmeal sebanyak 200 kalori daripada kue dengan jumlah kalori yang sama. Namun, itu semua tidak memberikan kebebasan padamu untuk makan sebanyak yang kamu mau.

Intinya, bergizi atau tidak, jumlah kalori tetap harus ditentukan saat kita makan. Jika tidak, ya tentu saja dietmu tidak akan berarti. Jadi, mau makanan sehat ataupun tidak, kamu wajib mempertimbangkan takaran sekaligus jumlah kalorinya. Dengan itu, dietmu baru benar-benar bisa efektif menurunkan berat badan.

6. Makanan Protein Membantu Menurunkan Berat Badan


Makanan Protein Membantu Menurunkan Berat Badan
pexels.com

Meskipun produk-produk protein dikemas menjadi bagian dari produk diet sehat, mereka tampaknya tidak lebih baik dari makanan lain dengan nutrisi yang sama. Bagaimanapun juga, semua itu tergantung protein batang atau protein shake apa yang kamu pilih.

Kenyataannya, beberapa produk protein menggunakan sejumlah bahan aditif dan pewarna karamel yang menyebabkan kanker pada manusia. Selain itu, penambahan pemanis buatan sebagai pengganti gula juga hanya akan meningkatkan hasrat makan dan tentu saja akan membuat berat badanmu naik drastis. Malah percuma kan dietnya?

Sarannya, jika kamu ingin memasukkan protein batang atau protein shake dalam daftar makanan dietmu, kamu harus pandai memilih produk yang tepat. Jika ingin lebih aman, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah menggunakan buah-buahan segar, sayuran, susu atau air dan bubuk gula rendah protein.

7. Minum Air 8 Gelas Sehari Menjamin Berat Badanmu Turun


Minum Air 8 Gelas Sehari Menjamin Berat Badanmu Turun
pexels.com

Mitos minum 8 gelas sehari sepertinya banyak dipercaya mampu mengurangi berat badan. Akan tetapi, semua itu sepertinya hanya menjadi mitos belaka.

Minum air memang merupakan kebiasaan yang bagus, terutama untuk kesehatanmu. Meskipun demikian, berat badanmu tidak akan turun hanya dengan meminum air 8 gelas sehari. Apalagi kamu tidak mengontrol makanan yang masuk ke dalam tubuhmu. Walhasil, semua dietmu akan sia-sia dan kamu hanya akan bertambah gemuk.

"Minum air tidak menjaminmu berat badanmu bisa turun, terutama jika kamu masih mengonsumsi makanan yang tidak sehat dan berkalori tinggi," jelas Lisa Moskovitz dari The NY Nutrition Group. "Tetap terhidrasi sepanjang hari adalah kebiasaan yang baik untuk mempertahankan kesehatan. Akan tetapi, itu bukan satu-satunya cara yang harus kamu lakukan untuk menurunkan berat badan.

Loading...

You can share this post!

Related Posts