8 Waktu yang Tepat untuk Minum Air Putih, Sebelum Tidur Justru Jadi Larangan
shutterstock
Lifestyle

Tepat sebelum tidur menjadi satu-satunya waktu terlarang untuk minum air putih dan ternyata alasannya berikut ini cukup logis.

WowKeren - Air menjadi salah satu elemen penting bagi tubuh manusia. Jika kamu tak memenuhi kebutuhan air yang cukup dalam sehari, tubuhmu akan mengalami dehidrasi. Tentu saja, serentetan penyakit dan gangguan lain sedang mengintaimu.

Orang dewasa disarankan untuk mengonsumsi air putih hingga 8 gelas sehari. Jika kebutuhan air putih tersebut terpenuhi, bukan tidak mungkin keinginanmu untuk segera menurunkan badan akan terwujud. Selain itu, metabolisme tubuhmu juga akan menjadi semakin lancar.


Meskipun demikian, ternyata ada waktu-waktu tertentu saat kita seharunya minum air putih. Tentu saja juga ada waktu terlarang di saat kita sebaiknya tak mengonsumsi air putih.

Dilansir dari Eat This, minum air putih sebelum tidur rupanya justru dilarang. Hal itu disebabkan karena jika kita minum terlalu banyak air putih sebelum tidur, kita akan menjadi lebih sering terbangun di tengah malam. Kabar buruknya, itu bukan hal yang bagus jika kamu ingin menurunkan berat badan.

Layaknya jumlah air yang cukup, tidur yang cukup dan berkualitas juga banyak disebut sebagai salah satu faktor yang dapat menurunkan berat badan. Jumlah tidur yang ideal adalah 6 hingga 8 jam. Jika lebih atau kurang daripada itu, kamu akan mendapatkan risiko kenaikan berat badan.

Jika kamu tetap ingin minum sebelum tidur, sebaiknya dilakukan 3 jam sebelumnya. Dengan waktu tersebut, tubuh telah cukup memroses air sehingga tidak mengganggu waktu tidurmu.

Kalau sebelum tidur menjadi waktu terlarang untuk minum air putih, lantas kapan saat yang tepat? Ketahui segera di sini, ya.

1. Minum Segelas Air Putih Setelah Bangun Tidur


Minum Segelas Air Putih Setelah Bangun Tidur

Meneguk minimal segelas air putih setelah bangun tidur menjadi salah satu waktu yang paling tepat. Setelah semalaman tidur, tubuh perlu mendapatkan energi dari segelas air yang kamu teguk tepat setelah bangun tidur.

Segelas air putih yang kamu konsumsi di pagi hari juga ampuh meluruhkan radikal bebas. Air putih juga berfungsi menghilangkan residu dari kalori yang terbakar dan digunakan untuk metabolisme di malam hari.

Hal yang paling penting dari minum air putih setelah bangun tidur adalah mampu mengaktifkan dan mempersiapkan organ internal tubuhmu. Air akan membantu mengeluarkan racun sebelum makanan pertamamu di hari itu.

2. Minum 160 ml Air Putih Sebelum Menyikat Gigi


Minum 160 ml Air Putih Sebelum Menyikat Gigi

Sudah minum air putih setelah bangun tidur? Kamu kemudian bisa melanjutkan rutinitas minum air putihmu sebelum menyikat gigi.

Dilansir dari Lifehack, kamu disarankan meneguk 160 ml air putih dahulu sebelum tidur. Ini mungkin bisa kamu lakukan jika kamu terlewat untuk minum air tepat setelah bangun tidur.

Dengan cara itu, air yang kamu minum tidak akan terkontaminasi oleh florida yang dikandung oleh pasta gigi. Minum air putih di saat perut kosong dan sebelum menyikat gigi juga ampuh melancarkan metabolisme yang berfungsi untuk menurunkan berat badan.

3. Minum Air Putih 30 Menit Sebelum Makan


Minum Air Putih 30 Menit Sebelum Makan

Sebelum makan, sekitar 30 menit sebelumnya, juga menjadi waktu yang tepat untuk minum air putih. Cara ini dipercaya ampuh diterapkan bagi kamu yang juga ingin menurunkan berat badan. Dengan minum air putih sebelum makan, kamu akan merasa lebih kenyang sehingga tidak rakus makan.

Ketika tubuh telah terhidrasi, perut juga akan bersiap untuk menerima asupan makanan. Air yang kamu minum sebelum makan akan membangunkan indra perasa dan memberikan kelembapan pada lapisan lambung. Akibatnya, kamu tak lagi merasa tidak nyaman saat mengonsumsi makanan rapuh dan asam. Minum air sebelum makan juga membantumu membersihkan sisa makanan atau minuman yang sudah dikonsumsi sebelumya.

4. Minum Air Sebelum dan Sesudah Olahraga


Minum Air Sebelum dan Sesudah Olahraga

Meminum air putih sebelum berolahraga membantumu terhindar dari dehidrasi. Tubuh yang terhidrasi sebelum berolahraga juga sangat penting untk menjauhkanmu dari stroke panas.

Setelah berolahraga dengan keras, tubuhmu juga membutuhkan asupan air yang cukup. Hal itu berfungsi untuk mengganti cairan tubuh yang telah hilang saat kamu melakukan olahraga. Akan tetapi, pastikan juga kamu tidak terlalu banyak meminum air sesudah olahraga untuk menghindari kram perut.

5. Minum Air Putih Sehabis Berada di Sekitar Orang Sakit


Minum Air Putih Sehabis Berada di Sekitar Orang Sakit

Seperti kita tahu, sakit bisa disebabkan karena tubuh kita yang terkontaminasi dengan bakteri. Oleh karena itu, minum air putih saat kita baru saja berinteraksi atau berada di dekat orang yang sakit sangatlah penting.

Konsumsi air putih tersebut bertujuan untuk membersihkan bakteri dan virus yang mungkin ikut masuk ke dalam tubuhmu. Tubuh yang terhidrasi dengan baik mendorong bakteri dan virus untuk tidak menetap dalam tubuh.

6. Perbanyak Minum Air Putih Saat Sedang Lelah atau Sakit


Perbanyak Minum Air Putih Saat Sedang Lelah atau Sakit

Merasa sangat lelah? Saat itulah kamu harus memperbanyak minum air putih. Salah satu penyebab tubuh merasa sangat lelah adalah dehidrasi. Oleh karena itu, memperbanyak minum air putih saat tubuh merasa lelah adalah kuncinya.

Hal yang sama juga berlaku ketika kamu sudah merasa sakit. Saat itu tiba, yang wajib kamu lakukan adalah memperbanyak konsumsi air putihmu. Air putih mengandung banyak manfaat salah satunya adalah meluruhkan bakteri dan virus yang ada dalam tubuhmu. Dengan banyak minum air putih, kamu bisa segera pulih dari sakit karena bakteri dan virus dalam tubuhmu lebih cepat dikeluarkan.

7. Minum Segelas Air Putih Sebelum Mandi


Minum Segelas Air Putih Sebelum Mandi

Minum air putih sebelum mandi ternyata juga membawa banyak manfaat untuk tubuh kita. Minum segelas air putih sebelum mandi dipercaya mampu menurunkan tekanan darahmu. Hal itu disebabkan karena pembuluh darah yang melebar saat kita mengonsumsi air putih dan mandi air hangat.

Tak hanya itu, minum air putih sebelum mandi juga memiliki manfaat lain. Salah satunya adalah untuk mencairkan tingkat natrium dalam tubuh. Dengan begitu, tekanan darah dalam tubuh yang tinggi bisa menurun.

8. Minum Air Putih Saat Lapar


Minum Air Putih Saat Lapar

Sama halnya dengan mengonsumsi air putih sebelum makan, meneguk beberapa gelas saat kita lapar juga menjadi saat yang tepat untuk minum air putih. Beberapa orang menafsirkan dehidrasi mereka sebagai rasa lapar. Untuk itu, minum air putih ketika kamu merasa lapar bisa membantumu membedakan apakah kamu hanya dehidrasi atau benar-benar lapar.

Meminum air sebelum memakan camilan juga merupakan waktu yang penting. Hal itu akan membuatmu lebih kenyang sehingga mengurangi jumlah kalori yang akan kamu konsumsi dari jajanan-jajanan tersebut.

You can share this post!

Related Posts
Loading...